Mengidentifikasi Masalah Pada Travel Umroh dan Solusinya - Hal yang sulit dikerjakan adalah menyadari bahwa kita memiliki masalah. Dalam sebuah bisnis, kita baru menyadari bahwa bisnis bermasalah apabila telah menghadapi masalah tersebut secara nyata.
Contohnya, pebisnis travel umroh baru merasa bermasalah saat akan mengisi SPT pajak, karena keuangan yang tidak dicatat dengan rapi. Atau masalah lain saat mencari data jama'ah yang telah pernah berangkat melalui travel umroh Anda, karena sistem pengarsipan atau pengelolaan database yang tidak rapi/berantakan, bahkan masih ditulis manual di kertas.
Padahal, apabila ingin difikir sejenak, seluruh masalah tersebut bisa dihindari dengan melakukan tindakan preventif. Anda dapat mencegah sebuah masalah bila Anda mau mengidentifikasi dan memikirikan masalah itu jauh-jauh hari, dan mencari solusinya.
Apalagi bila Anda berniat untuk memperbesar bisnis travel umrah Anda ke level yang lebih tinggi. Semakin maju usaha Anda, semakin banyak jama'ah yang diberangkatkan ke tanah suci, Anda akan merasakan bahwa Anda sudah membutuhkan solusi atas itu semua.
Nah, berikut ini Erahajj akan berbagi tips untuk mengidentifikasi masalah pada travel umroh serta solusi dari sistem Erahajj untuk mengatasinya.
Introspeksi Kinerja Manajemen Travel Umroh Anda
Pertama, luruskan niat bahwa Anda sedang mencari kelemahan dari bisnis Anda bukan untuk mengada-adakan masalah yang tidak ada. Akan tetapi, ini adalah langkah untuk Anda menyiapkan kemungkinan di masa mendatang yang bisa jadi terjadi pada bisnis Anda.
Seringkali yang terjadi adalah suatu perusahaan tidak menyadari kalau di dalam perusahaan itu ada masalah. Jadi kurang ada kesadaran, dimana hal ini bila tidak ditangani akan menjadi masalah besar.
Anda dapat melakukan introspeksi dengan mengevaluasi seluruh tim yang bekerja untuk travel umrah Anda. Anda juga bisa mulai dari track record Anda, masukan dari jama'ah, hingga pendapat dari orang yang lebih ahli mengenai bisnis Anda.
Contohnya, perusahaan Anda masih lemah dalam mengarsipkan data jamaah. Setiap kali transaksi, Anda kesulitan untuk menemukan data jama'ah yang terserak di berkas-berkas di map atau file folder. Atau Anda kesulitan mencari di folder komputer Anda yang datanya masih offline, tidak ada back up data di online sehingga hanya dapat diakses di komputer tertentu saja.
Satu hal ini saja sudah memerlukan energi yang besar sehingga pelayanan di travel umroh Anda dapat berjalan sangat lambat. Waktu yang diperlukan untuk menangani satu jama'ah saja bisa berjam-jam akibat Anda harus mencari data yang entah di mana letak data jamaah tersebut.
Padahal, apabila Anda memakai sistem yang terintegrasi seperti Erahajj, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menginput data manifest jama'ah, sekaligus Anda bisa menyimpannya di dalam sistem secara online. Sangat praktis! Anda bisa melihat dan menyunting data kapan saja Anda ketika memerlukannya.
Hal ini juga bisa diimplementasikan pada bidang lain misalnya keuangan & inventory. Anda tak perlu malu untuk mengintrospeksi kelemahan-kelemahan travel umroh Anda, sebab mencegah lebih baik daripada mengobati. Lebih baik Anda menyadari masalah tersebut dan mencegahnya, daripada harus menanggung masalah yang lebih besar di kemudian hari.
Kelompokkan Masalah Sesuai dengan Urgensinya
Mungkin Anda tidak terlalu memiliki masalah dalam mengelola sistem yang sudah ada saat ini. Namun, Anda pasti setidaknya punya satu hal yang mengganjal di hati Anda. Misalnya, Anda sering menjumpai kendala dalam sistem pembagian komisi untuk para agen. Atau masalah keuangan yang ruwet, yang membuat Anda menggeleng-gelengkan kepala saat melihat laporan keuangan bisnis Anda.
Berangkat dari masalah yang paling nampak, Anda bisa melihat dari sudut pandang yang lain bahwa terdapat masalah-masalah yang tidak terlalu penting tapi cukup penting untuk dipikirkan. Mulai dari peningkatan kualitas service/pelayanan, strategi promosi dan lainnya. Hal itu akan bisa Anda tangani apabila Anda sudah berhasil membereskan hal-hal yang urgent untuk dirapikan.
Alhamdulillah, sekarang sudah ada sistem Erahajj, dimana Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengelola sistem travel umroh Anda dengan cara yang lebih mudah, menyenangkan & hemat biaya. Anda dapat merasakan bedanya bila Anda sudah mengetahui bagaimana kami membuat manajemen travel umrah Anda lebih rapi dan terintegrasi.
Baca Juga : 3 Alasan Pentingnya Sistem Terintegrasi Untuk Travel Umrah Anda
Fokus Pada Solusi
Setelah berhasil mengidentifikasi masalah dalam tahap introspeksi dan membereskan masalah yang paling urgent, sekarang Anda coba fokus pada solusi yang Anda inginkan.
Tentunya, Anda ingin masalah-masalah teknis dalam travel umroh dapat teratasi dalam waktu singkat. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan sistem yang all in one, satu sistem untuk semua solusi travel umrah Anda. Anda tidak perlu lagi capek-capek membeli dan meng-install software terpisah, karena ada 1 sistem khusus travel umrah yang dapat Anda percaya untuk menyelesaikan problem travel umrah Anda.
Sistem Erahajj kami hadirkan untuk memudahkan seluruh proses penanganan transaksi di travel umroh Anda. Lebih dari itu ada puluhan modul transaksi yang bisa dilakukan menggunakan software Erahajj. Kami menjamin, bahwa sistem kami adalah yang paling lengkap dari sistem yang sudah ada dengan harga sangat terjangkau.
Jangan tunda lagi, segera hubungi marketing kami untuk mendapat informasi lebih lanjut mengenai sistem Travel Umroh Erahajj, solusi untuk masalah yang ada pada travel umrah Anda!