Setiap hari staf Anda nampak sibuk, laporan menumpuk, tapi kenapa ya rasanya tidak ada progress yang berarti di bisnis travel umrah haji Anda? Tim CS Anda memang terlihat sibuk melayani pelanggan, tapi Anda tidak benar-benar tahu apa yang mereka kerjakan, tujuan yang mau dicapai apa, seberapa baik pelayanannya, dll. Itu semua karena Anda tidak memiliki dan menggunakan KPI (Key Performance Indicator) di bisnis Anda, sehingga tidak terukur efektifitas kerja tim Anda.
Sekarang ini banyak bisnis travel umrah & haji yang berjalan begitu saja tanpa menggunakan ukuran yang jelas. Bukan hanya CS, Anda juga tak bisa mengukur seberapa efektif pekerjaan tim Sales & Marketing Anda. Divisi lainnya juga, seperti tim keuangan, tim gudang, dan tim lapangan (pelaksana pemberangkatan) membutuhkan KPI untuk mengukur kinerja tim Anda. Tanpa adanya KPI, Anda hanya akan mengira-ngira terhadap apa yang terjadi di bisnis travel Anda.
Pentingnya KPI untuk Bisnis Travel Umrah dan Haji
KPI (Key Performance Indicator) adalah indikator atau metrik yang dipakai untuk mengukur kinerja suatu aktivitas bisnis terhadap tujuan strategis yang telah ditetapkan. KPI membantu organisasi mengetahui apakah mereka sudah berada di jalur yang tepat untuk mencapai targetnya, atau perlu mengadakan evaluasi dan perbaikan.
Menurut Bernard Marr, seorang pakar strategi bisnis & penulis buku “Key Performance Indicators: The 75 Measures Every Manager Needs to Know”, KPI adalah:
"Tools to track progress against strategic goals and objectives."
Harvard Business Review (HBR) menyatakan bahwa:
“KPI tells you whether you’re on track to meet your goals.”
(Sumber: Harvard Business Review – hbr.org)
Jadi, KPI bukan sekedar angka, tapi merupakan kompas kinerja — alat bantu yang menunjukkan apakah suatu unit kerja, proyek, atau bisnis berjalan efektif atau tidak.
Contohnya di bisnis travel umrah haji, Anda dapat mengukur KPI di Sales & Marketing dengan menetapkan KPI yang relevan yaitu jumlah paket umrah yang terjual setiap bulannya. Anda harus bisa mengukur efektifitas promosi yang dikerjakan oleh tim marketing, sales internal, dan para agen di travel Anda.
Contoh lainnya ialah untuk staff CS/Admin operasional yang melayani jamaah, Anda bisa menetapkan KPI berupa berapa waktu rata-rata pelayanan hingga penginputan data pemesanan paket. Anda dapat mengukur efisiensi kerja staff administrasi dengan membuat tolok ukur seberapa lama pelayanan pemesanan, pembayaran, data manifest jamaah, penerimaan dokumen, pemberian perlengkapan, dll.
Nah, kebayang kan? Semuanya bisa Anda ukur sehingga bisnis Anda dapat dikelola dengan baik!
Dampak Negatif Jika Bisnis Travel Umrah Tidak Punya KPI
Apabila di travel umrah haji Anda tidak memiliki KPI, maka :
- Tidak tahu apakah tim perform atau tidak
Sulit menentukan apakah tim sudah bekerja sesuai dengan standar penilaian, bukan asal jalan saja
- Pemborosan waktu & tenaga tidak terdeteksi
Pekerjaan yang tak ada standarnya misal durasi, ketercapaian, dll maka tidak akan bisa dideteksi jika ada pemborosan waktu dan tenaga. Pekerjaan yang semestinya selesai 1 jam, malah dikerjakan 3 jam lebih!
- Semua kerja terasa “sibuk” tapi hasilnya tak jelas
Buka tab di laptop sangat banyak, tapi ternyata masih bingung mau ngerjain apa seharian! Nah, penting untuk menjaga supaya tim Anda tetap sesuai jalur menuju tujuan utama perusahaan
- Sulit evaluasi dan perbaikan kerja
Tim tidak mau menerima evaluasi dan saran perbaikan kerja dari atasan, karena merasa sudah bekerja keras dan maksimal. Padahal jika diukur KPI-nya, kualitas pekerjaannya masih jauh dari standar
- Motivasi tim jadi menurun karena tak ada tolok ukur keberhasilan
Tim yang sudah bekerja dengan kualitas baik tidak mendapat apresiasi yang pantas, sedangkan tim yang kerjanya asal-asalan juga tidak mendapat peringatan atau evaluasi. Ini bisa menimbulkan kecemburuan dan penurunan motivasi karena reward & punishment-nya tak terukur
Dampak Positif Ketika Travel Umrah dan Haji Punya KPI
- KPI sebagai kompas kerja: semua orang tahu arah, target, dan cara mencapainya
Jangan buang waktu & tenaga untuk hal-halhal yang tidak sesuai dengan arah & target bisnis travel Anda!
- Efisiensi meningkat karena hanya fokus pada hal yang berdampak
Rasakan perubahan setelah Anda memiliki dan menerapkan KPI di bisnis Anda, kinerja tim Anda semakin efisien!
- Penilaian kerja menjadi objektif & berbasis data
Tidak ada lagi penilaian berdasarkan kira-kira, semua terdata dan terukur secara rapi dan bisa dipertanggungjawabkan
- Travel lebih siap tumbuh dan berkembang dengan sistem profesional
Buat bisnis Anda siap melesat dengan penerapan KPI
Webinar Spesial: Belajar Menyusun & Mengukur KPI untuk Travel Umrah & Haji
Jadi, sudah siap menerapkan KPI di bisnis Anda?
Bagi Anda yang masih bingung bagaimana menyusun dan menggunakan KPI untuk membangun budaya kerja yang terukur supaya bisnis travel umrah Anda semakin maju, Erahajj Academy akan menyelenggarakan webinar eksklusif dengan tema :
Memahami Peran KPI Untuk Membangun Budaya Kerja Terukur
Bagi Travel Umrah & Haji
bersama
Ryan Martian (HR Expert, Business Consultant, & Leadership Coach)
& Baharudin Yusuf (Business Owner Erahajj Group)
Di sini, kita akan berdiskusi tentang :
- Strategi bisnis travel bertumbuh dengan kinerja yang terukur
- Memastikan performa tim sesuai tujuan dan target perusahaan
- Memahami peran KPI supaya penilaian terhadap tim tetap objektif
Catat tanggalnya!
Senin, 28 April 2025
13:30 - 15:30 WIB
Live via Zoom & Youtube
“KPI bukan hanya alat ukur, tapi fondasi bisnis yang sehat dan tumbuh.”
Segera daftarkan diri Anda melalui link berikut ini :
Hubungi CP di bawah ini untuk info webinar selengkapnya!
Contact Person :
0812 9695 2901 (Annisa)