Pengertian BEP dan Contoh Perhitungannya untuk Usaha Travel Umroh - Dalam dunia bisnis, Anda pasti pernah mendengar istilah BEP atau Break Event Point.

Apa sih, BEP itu?

pengertian BEP

Pengertian BEP

Secara singkat, BEP adalah titik impas dimana Anda tidak mendapatkan keuntungan, namun juga tidak rugi. BEP biasanya digambarkan dengan sebuah titik di mana jika ada keuntungan setelah BEP bisa diakui sebagai laba. Jadi, Anda bisa menikmati keuntungan yang sesungguhnya setelah menghitung BEP.

Banyak pengusaha yang menyangka usahanya sudah untung, hanya dengan melihat dana cash yang ada di rekening perusahaan. Padahal, banyak variabel yang harus dipertimbangkan untuk menganggap kita sudah BEP atau balik modal atau belum.

Supaya lebih jelas, Anda bisa menyimak contoh perhitungannya untuk bisnis travel umroh Anda. Biasanya, bisnis travel umroh cukup cepat mencapai titik BEP, karena margin yang dihasilkan cukup besar untuk setiap paket umroh yang Anda jual.

Apalagi jika Anda menerapkan struktur perusahaan yang ramping (minim SDM) dan menggantikan fungsi-fungsi prosedural perusahaan dengan sistem yang bisa diotomasi.

Baca Juga : Definisi Neraca Keuangan dan Aplikasinya pada Bisnis Travel Umroh

Memahami Komponen BEP

Untuk menghitung BEP usaha travel umroh, Anda bisa meulai dari memahami dahulu komponen dari BEP:

  • Biaya Tetap (Fixed Cost). Biaya tetap adalah biaya yang dikeluarkan dalam sebuah usaha yang bersifat tetap baik ada penjualan maupun tidak. Biaya ini mencakup gaji karyawan tetap+pemilik, biaya listrik, biaya internet dan telekomunikasi, sewa gedung/ruko, biaya asuransi, biaya sistem/software, dan biaya penyusutan kendaraan/peralatan kantor.
  • Biaya Variabel (Variable Cost). Biaya variabel adalah biaya yang dikeluarkan dalam sebuah usaha, namun sifatnya berubah-ubah. Biasanya adalah biaya produksi, namun di bisnis travel umroh biaya ini bisa berupa pembelian tiket pesawat, booking hotel, transportasi, land arrangement, biaya catering, komisi muthawwif, komisi agen, biaya iklan, dll.
  • Harga Jual per Unit Produk. Karena yang dijual adalah paket umroh, maka harga jual per unit produk ini adalah harga yang ditentukan untuk setiap paket umroh yang Anda tawarkan.

Baca Juga : Ini Dia Biaya-biaya Tak Terduga dalam Bisnis Travel Umroh

Contoh Perhitungan BEP Usaha Travel Umroh

Ada dua pendekatan untuk mengetahui titik impas atau BEP usaha travel umroh. Mengacu pada rumus dasarnya:

Penghitungan Break Event Point (BEP) Unit
BEP = FC/ (P – VC)

Rumus di atas untuk menghitung berapa seharusnya keuntungan per unit untuk mencapai BEP. Pendeaatan kedua adalah BEP berdasarkan rupiahnya.

Penghitungan Break Event Point (BEP) Rupiah
BEP = FC/ (1 – (VC/P

Daripada bingung membaca rumusnya saja, coba kita simulasikan dengan angka.

Biaya tetap : 500.000.000

Biaya variabel : 15.000.000

Harga jual per unit produk : 25.000.000

Maka, BEP unitnya adalah :

BEP = FC/ (P – VC)

BEP = 500.000.000/ (25.000.000 - 15.000.000)

BEP = 50

Artinya, Setelah menjual 50 paket umroh Anda sudah mencapai titik impas. Sedangkan perhitungan BEP rupiahnya:

BEP = FC/ (1 – (VC/P))

BEP = 500.000.000/ (1-(15.000.000/25.000.000)

BEP = 1.250.000.000

Jadi, Anda bisa dikatakan impas saat usaha travel umroh Anda mencapai omzet penjualan Rp1.250.000.000,- dengan keuntungan sebesar Rp500.000.000,-. Laba sebesar itu baru mencapai titik impasnya (menutup modal atau biaya tetap. Pada penjualan ke 51, Anda baru bisa menikmati labanya.

Baca Juga : Menentukan Target Omset untuk Bisnis Travel Umroh 

Hitung dengan Tepat Usaha Anda

Nah, dengan mengetahui tentang BEP ini, Anda bisa memproyeksikan, berapa penjualan yang Anda targetkan, berpa lama waktunya, dan bagaimana strategi terbaiknya untuk segera mencapai BEP dan menghasilkan keuntungan.

Jika Anda bisa menekan biaya tetap, menghemat biaya variable, dan menjual lebih "mahal" dengan strategi pemasaran Anda yang kreatif, maka untuk mencapai BEP bukanlah hal yang sulit dan tidak butuh waktu lama.

Syaratnya adalah Anda harus menghitungnya dengan tepat menggunakan sistem, sehingga dengan pengelolaan usaha yang baik secara keseluruhan, Anda akan lebih cepat mencapai kesuksesan bisnis.

Gunakan sistem yang bisa mendukung mendukung Anda untuk segera BEP dengan sistem Erahajj Indonesia. Segala fitur yang Anda butuhkan untuk usaha travel umroh ada di Erahajj. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Semoga sukses.

Kategori : Artikel
Tags :
usaha travel umroh pengertian bep break event point
Twit Terbaru
Facebook Erahajj

aplikasi manajemen travel, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi manajemen travel, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, sistem manajemen travel, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen travel, sistem travel umrah, sistem travel umroh, software manajemen travel, software travel terbaik, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software manajemen travel, software travel, software travel murah, software travel terbaik, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, umrah digital, umrah digital, umroh digital, umroh digital, usaha travel umroh, pengertian bep, break event point

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami