Kapan Waktu Terbaik Berangkat Umroh?

Ditulis pada 03 Desember 2019, 16:57:09
Anda pasti penasaran, kapan sih waktu terbaik berangkat umroh? Sebagian orang tidak terlalu mempedulikan jadwal umroh yang mereka ambil. Ketika berniat umroh mereka mendaftar, lalu berangkat.Ternyata, waktu yang dipilih kurang tepat, entah karena cuaca yang ekstrim (suhu terlalu panas atau dingin), maupun bertepatan dengan musim umroh yang ramai-ramainya orang pergi umroh.Alhasil, ada pengalaman kurang menyenangkan saat ibadah umroh karena pemilihan waktu yang kurang tepat.Waktu terbaik berangkat umrohLalu, bagaimana trik memilih waktu terbaik berangkat umroh? Erahajj akan memandu Anda agar umroh Anda semakin nyaman dengan pemilihan waktu yang tepat untuk umroh. Yuk, simak artikelnya hingga habis.Baca Juga : Umroh Backpacker vs Travel, Pilih Mana?

Kenali Musim di Timur Tengah

Makkah terletak di timur tengah, yang mana memiliki iklim gurun yang cukup ekstrim. Saat siang hari, cuaca begitu terik.Namun, di malam hari, suhu turun cukup dingin. Hal ini membuat Jamaah harus punya stamina dan daya tahan yang terjaga agar tidak jatuh sakit.Selain itu, ada 2 musim yang terjadi di Makkah yakni musim panas sekitar Maret hingga Agustus. Sedangkan musim dingin sekitar bulan September hingga Februari.Pada waktu musim panas, suhu di makkah bisa mencapai 45 derajat celcius. Sementara itu, pada musim dingin, suhunya bisa mencapai minus 3 derajat celcius.Anda bisa memilih bulan-bulan yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin, untuk menghindari suhu ekstrim. Biasanya, jamaah umroh memilih di musim dingin, karena cuaca tidak terlalu panas dan lembab, sehingga bisa lebih konsentrasi beribadah.Baca Juga : Siti Hajar: Ketaatannya Diabadikan Lewat Sa'i

Mengincar Waktu Terbaik : Ramadhan

Waktu yang paling utama untuk melaksanakan umroh adalah pada bulan Ramadhan. Hal ini tentunya sudah jamak kita ketahui, bahwa setiap perbuatan baik yang dilakukan di bulan ramadhan, akan dilipat gandakan pahalanya. Apalagi umroh, amalan sunnah yang juga memiliki banyak keutamaan.

“Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Nah, apalagi sesuai dengan hadits Nabi di atas, pahala umroh di bulan ramadhan setara dengan haji lho! Siapa yang tak ingin mendapatkan reward yang luar biasa ini dari Allah SWT?

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri untuk berumroh Ramadhan. Karena umroh di waktu yang banyak diincar ini biayanya bisa berkali-kali lipat dari umroh reguler. Tentu ini sepadan dengan apa yang kita dapatkan nantinya.

Sebaiknya, Anda memesan paket umroh Ramadhan di biro travel umroh Anda jauh-jauh hari. Sehingga Anda bisa berangkat umroh Ramadhan dengan lancar tanpa kendala.

Baca Juga : 5 Alasan Jamaah Umroh Membatalkan Perjalanan Umrohnya

Menjelang dan Sesaat Setelah Musim Haji, Suasana di Makkah Lengang

Waktu terbaik lainnya adalah menjelang dan seteleh musim haji. Logikanya, setelah usai musim umroh Ramadhan yakni bulan Syawal, jamaah yang melaksanakan umroh Ramadhan baru saja pulang ke tanah air, atau ke negaranya masing-masing. Maka, di bulan syawal, kondisi Makkah cukup lengang dan nyaman untuk beribadah umroh.Kemudian di bulan Dzulqo'dah, Anda juga masih bisa merasakan suasana sepi di Masjidil haram, karena yang akan berangkat haji belum sampai di Makkah.Sebaliknya, setelah musim haji yakni di bulan Muharram, musim pertama umroh baru dibuka. Jamaah haji sudah meninggalkan Makkah, sehingga kondisinya cukup santai untuk melaksanakan umroh.Anda tidak perlu berdesak-desakan untuk melaksanakan rukun haji seperti thawaf dan sa'i. Untuk berdoa di tempat-tempat mustajab seperti Hijr Ismail, Maqam Ibrahim, Multazam, lalu mencium Hajar Aswad dan mengusap rukun Yamani, dapat Anda lakukan dengan leluasa.Baca Juga : Sekilas Sejarah Hijr Ismail yang Perlu Anda Ketahui

Waktu Terbaik Berangkat Umroh Bulan Maret-Mei, Cuaca Bersahabat

Jika Anda ingin berumroh dengan kondisi cuaca yang bersahabat, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, maka Anda bisa memilih bulan Maret hingga Mei. Meskipun sudah masuk musim panas, namun cuaca masih belum terlalu panas (hangat).Kondisinya pun lengang, karena bukan termasuk musim umroh ramadhan yang jamaahnya membludak. Anda bisa melaksanakan umroh dengan nyaman karena udara sejuk, ditambah suasana yang cukup sepi.

Yuk, Umroh di Akhir dan Awal Tahun

Pilihan waktu lainnya adalah di akhir atau tahun masehi. Jika orang-orang sibuk dengan perayaan dan liburan ke tempat wisata favorit, maka Anda bisa berangkat umroh untuk merefleksi diri serta menambah semangat di awal tahun. Biasanya, akhir dan awal tahun adalah musim liburan juga. Anda bisa mengajak seluruh keluarga untuk umroh.

Mengajak Anak-anak? Umroh Saat Liburan Sekolah Saja

Sedari kecil, anak sudah bisa dikenalkan dengan ibadah umroh. Anda bisa mengajak anak-anak Anda mengenal ibadah sunnah, dua kota suci, dan sejarah islam yang akan membangun jiwa mereka.Pilih umroh saat liburan sekolah, dengan konsekuensi Anda yang bekerja di perusahaan bisa mengajukan cuti.Baca Juga : Mengenal Jabal Magnet, Tempat Wisata Aneh di MadinahNah, apakah Anda sudah menentukan kapan waktu yang paling tepat untuk Anda berangkat umroh? Kapanpun waktu terbaik berangkat umroh selalu sesuaikan dengan kondisi kesehatan, jadwal, serta keuangan Anda ya! Pilih travel umroh terpercaya untuk mengantar Anda beribadah ke tanah suci.Jika Anda mengelola travel umroh, pastikan Anda menggunakan sistem aplikasi yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis travel umroh. Anda bisa mencoba demonya, serta mengaktifkan paketnya hanya dengan 500 ribuan per bulan. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.
Kategori : Seputar Umrah
Tags :
umroh umroh ramadhan musim umroh
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap umroh umroh ramadhan musim umroh

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, umroh, umroh ramadhan, musim umroh

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami