Saat mempunyai usaha travel umrah, kepuasan pelanggan adalah salah satu tujuan yang akan dicapai. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita tawarkan akan memberikan feedback yang baik, contohnya mereka membuat testimoni, mengajak orang lain menggunakan travel kita, atau melakukan repeat order.Tentunya, ini menjadi pertimbangan serius bagi pebisnis travel umrah, sehingga Anda dapat memprioritaskan kepuasan pelanggan sebagai salah satu strategi marketing. Daripada Anda membuang waktu, uang dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran, lebih baik Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan jamaah Anda. Pasti strategi ini dampaknya tak bisa langsung dirasakan oleh perusahaan. Tapi, kepuasan jamaah bisa menjadi salah satu perhitungan kinerja perusahaan, sehingga bisnis biro travel umrah Anda menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari sisi pelayanan jamaah. Setiap pelanggan yang Anda berangkatkan umrah yaitu orang yang unik. Anda harus memberikan perhatian khusus pada tiap jamaah. Banyaknya pelanggan yang Anda handle dalam satu kloter, bukan menjadi alasan untuk memberikan pelayanan yang utama pada setiap jamaah.Justru dengan banyaknya individu yang Anda handle, Anda bisa mengetahui berbagai macam karakter manusia. Ada yang jamaahnya simpel, ada yang biasa-biasa saja, ada pula yang ribet, suka komplain, dan dari semua itu tentu ada satu dua yang membutuhkan perhatian khusus contohnya jamaah yang mempunyai riwayat penyakit tertentu. Hal ini bisa menjadi tantangan bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi tiap jamaah. Adil bukan berarti sama rata. Adil yaitu memberikan ukuran yang tepat bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Yang jelas, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Ketika ada yang memerlukan pelayanan lebih, silakan Anda gunakan kesempatan tersebut untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Baca Juga : Bangun Trust, Berikan Pelayanan Terbaik untuk Jamaah Anda
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk atau jasa yang Anda hadirkan untuk pelanggan sangat berpengaruh pada kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk dan jasa Anda, sehingga pelanggan tak kecewa saat menentukan untuk membelinya.Terkadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tak berpengaruh terlalu besar pada penurunan pembelian, kecuali kualitasnya cocok dengan harganya. Mereka mungkin bisa kesal sejenak, tetapi apabila sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.Dalam usaha travel umrah, Anda bisa melakukannya dari segi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap merespon pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel dan transportasi, dan hal-hal lain yang dapat Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang Anda berikan yang berbicara. Pelanggan yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada relasi mereka. Artinya, calon pelanggan Anda akan bertambah dan usaha Anda akan semakin maju.
Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Usaha Travel Umrah Anda
Pemberi kritik adalah orang yang peduli terhadap usaha Anda. Mereka yang mempunyai kritikan, menginginkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga kedepannya tidak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan Anda. Tentu, kritik yang membangun adalah sumbangan yang harus Anda sikapi dengan perubahan positif bagi travel umrah Anda. Ketika setelah dikritik Anda hanya bisa menanggapi dengan kata-kata yang buruk, maka Anda melewatkan kesempatan untuk membuat biro travel umrah Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya atau tidak, semua pelanggan menginginkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika akan membeli paket umrah untuk mengakomodasi keperluan ibadah umrah mereka. Tak ada jamaah yang mau mengalami kesulitan saat ingin mendaftar umrah, membayar biaya umrah, mengurus kelengkapan dokumen, dan kesulitan-kesulitan lainnya yang bisa mereka temukan saat beribadah umrah.Itulah mengapa, Anda harus menghadirkan semua kemudahan tersebut untuk jamaah Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari usaha biro travel umrah Anda dengan sejumlah uang, sehingga Anda dan jamaah membentuk simbiosis mutualisme. Saling menguntungkan.
Anda bisa membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dirancang khusus untuk travel umrah seperti Erahajj. Anda tidak perlu repot lagi, karena semua jenis transaksi yang berkaitan dengan umrah dan haji bisa Anda atur dengan mudah, cepat, dan efisien.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umrah Pastikan jamaah Anda mendapatkan kemudahan tersebut sehingga kepuasan jamaah terhadap usaha biro travel umrah Anda semakin meningkat. Selamat mencoba!