Ketika memiliki usaha travel umrah, kepuasan pelanggan adalah salah satu tujuan yang (ingin dicapai. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita tawarkan bisa mendapatkan feedback yang baik, contohnya mereka membuat testimoni, mengajak orang lain menggunakan travel kita, atau melakukan repeat order.Tentunya, ini menjadi pertimbangan serius bagi pengusaha biro travel umrah, sehingga Anda bisa mengutamakan kepuasan pelanggan sebagai salah satu strategi marketing. Daripada Anda membuang waktu, uang dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran, lebih baik Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Pasti strategi ini dampaknya tidak bisa langsung didapatkan oleh perusahaan. Tapi, kepuasan pelanggan bisa menjadi salah satu perhitungan kinerja perusahaan, sehingga bisnis travel umrah Anda menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari segi pelayanan pelanggan. Setiap jamaah yang Anda berangkatkan umrah yaitu orang yang unik. Anda harus memberikan perhatian khusus pada tiap jamaah. Banyaknya jamaah yang Anda handle dalam satu kloter, tak jadi alasan untuk memberikan pelayanan yang utama pada setiap jamaah. Bahkan dengan banyaknya individu yang Anda layani, Anda bisa mengetahui berbagai macam karakter manusia. Ada yang jamaahnya simpel, ada yang biasa saja, ada juga yang ribet, suka komplain, dan dari semua itu pasti ada satu dua yang memerlukan perhatian khusus contohnya jamaah yang mempunyai riwayat penyakit tertentu. Hal ini bisa jadi tantangan bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi tiap jamaah. Adil bukan berarti sama rata. Adil yaitu memberikan ukuran yang tepat bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pasti, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Ketika ada yang membutuhkan pelayanan lebih, silakan Anda gunakan kesempatan tersebut untuk mencapai kepuasan pelanggan.
Baca Juga : Bangun Trust, Berikan Pelayanan Terbaik untuk Jamaah Anda
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk atau jasa yang Anda hadirkan untuk pelanggan sangat berdampak pada kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk dan jasa Anda, sehingga pelanggan tidak kecewa saat menentukan untuk membelinya.Terkadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tidak berdampak terlalu besar pada penurunan pembelian, asalkan kualitasnya cocok dengan harganya. Mereka mungkin bisa merasa kesal, namun kalau sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.Dalam bisnis travel umrah, Anda bisa menerapkannya dari sisi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap merespon pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel dan transportasi, dan hal-hal lain yang bisa Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang Anda berikan yang berbicara. Pelanggan yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada relasi mereka. Artinya, calon pelanggan Anda akan bertambah dan usaha Anda bisa semakin maju.
Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Usaha Travel Umrah Anda
Pemberi kritik adalah orang yang peduli terhadap usaha Anda. Mereka yang mempunyai kritikan, menginginkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga kedepannya tak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan Anda. Pastinya, kritik yang membangun merupakan sumbangan yang harus Anda sikapi dengan perubahan positif bagi biro travel umrah Anda. Ketika setelah dikritik Anda hanya bisa menanggapi dengan kata-kata yang buruk, maka Anda melewatkan kesempatan untuk membuat travel umrah Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya atau tidak, semua pelanggan mengharapkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika akan membeli paket umrah untuk mengakomodasi kebutuhan ibadah umrah mereka. Tak ada jamaah yang mau mengalami kesulitan saat ingin mendaftar umrah, melakukan pembayaran umrah, mengurus kelengkapan dokumen, dan kesulitan-kesulitan lainnya yang bisa mereka dapatkan ketika beribadah umrah.Itulah mengapa, Anda harus menghadirkan semua kemudahan tersebut untuk jamaah Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari usaha travel umrah Anda dengan sejumlah uang, sehingga Anda dan jamaah membentuk simbiosis mutualisme. Sama-sama untung.
Anda dapat membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dirancang khusus untuk travel umrah seperti Erahajj. Anda tak perlu repot lagi, karena semua jenis transaksi yang berkaitan dengan umrah dan haji bisa Anda kelola dengan mudah, cepat, dan efisien.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umrah Pastikan jamaah Anda mendapatkan kemudahan tersebut sehingga kepuasan jamaah terhadap bisnis biro travel umrah Anda semakin meningkat. Selamat mencoba!