Siapa sangka, persaingan bisnis travel umrah dan haji tidak hanya dengan sesama travel umrah saja, melainkan dengan pelanggan atau jamaah sendiri. Ya, sekarang ini banyak jamaah yang memanfaatkan informasi dari social media untuk melaksanakan umrah secara mandiri atau sering disebut umrah backpacker.
Umrah mandiri disinyalir lebih fleksibel, lebih mudah & lebih terjangkau. Apalagi bila jamaah telah terbiasa melakukan perjalanan atau traveling ke berbagai negara, tentu info bagaimana mengurus tiket, visa, akomodasi atau hotel, makanan & handling bandara telah dikuasai. Ada pula yang join grup-grup umrah mandiri, sehingga mereka bisa bertukar informasi seputar umrah mandiri dengan lebih detail dan akurat.
Namun, ditengah-tengah gempuran trend umrah mandiri, travel umrah & haji tidak perlu risau untuk mengembangkan bisnisnya. Apalagi yang baru mulai bisnis, harus bisa beradaptasi & berinovasi agar dapat bersaing bukan hanya dengan bisnis travel yang telah lama berdiri namun juga dengan trend umrah backpacker.
Kuncinya adalah pada inovasi & mau beradaptasi dengan digitalisasi. Apabila para jamaah umrah mandiri dapat mengakses informasi dengan mudah sehingga dapat mengatur jadwal umrahnya secara fleksibel, maka Anda juga bisa menyediakan kemudahan yang sama. Selain itu, ada beberapa tips yang akan Erahajj berikan agar travel umrah dan haji dapat mengembangkan bisnisnya.
- Hadir Secara Online dan Mudah Dihubungi Jamaah
Sekarang semua lebih mudah dilakukan secara online. Begitu pula dengan bisnis Anda, harus senantiasa hadir bukan hanya di kantor offline atau fisik, namun juga kantor online.
Jangan sampai website Anda tak terurus, apalagi update-nya sudah bertahun-tahun lalu. Bahkan, ada pebisnis travel konvensional yang belum memiliki website! Padahal, sekarang ini eranya sudah serba pakai software. Bukan hanya website biasa, namun juga website yang didukung sistem travel umrah terkini supaya lebih mudah kelola operasional bisnis Anda.
Kami merekomendasikan sistem Erahajj untuk memudahkan manajemen bisnis travel Anda, sekaligus tampilan website profesional yang akan menumbuhkan kepercayaan bagi calon jamaah.
- Berikan Jadwal Pemberangkatan yang Pasti
Kemudahan umrah mandiri yang membuat jamaah ingin melaksanakan umrah secara mandiri adalah jadwal pemberangkatan yang fleksibel. Apabila travel Anda tak memberikan jadwal pemberangkatan yang pasti, tentu akan membingungkan calon jamaah yang ingin berumrah sesuai jadwal yang mereka miliki.
Sangat penting bagi travel umrah untuk membuat paket umrah dengan jadwal pemberangkatan pasti (tidak berubah–ubah), sehingga jamaah juga tak lagi bingung menentukan jadwal mereka. Hal ini bisa Anda terapkan dengan membuat display yang jelas di website Anda mengenai jadwal pemberangkatan umrah.
- Permudah Transaksi & Pembayaran
Di zaman digital ini, transaksi lebih mudah secara digital juga. Begitu juga pembayaran, jamaah sudah tidak mau ribet lagi membawa uang tunai maupun setor tunai ke bank.
Alhamdulillah, di Erahajj Anda dapat gunakan metode pembayaran Virtual Account (VA) sehingga memudahkan jamaah dalam bertransaksi & pembayaran. Tidak perlu lagi bawa uang tunai & bisa bayar kapan saja di mana saja tanpa harus konfirmasi pembayaran.
- Buat Penawaran Menarik Pada Paket Umrah
Anda juga isa berinovasi pada pembuatan paket umrah yang lebih menarik, dengan harga spesial atau fasilitas tambahan yang menarik bagi pelanggan. Pemberian bonus ini bisa mendongkrak minat jamaah berumrah dengan travel Anda.
- Kuasai Social Media untuk Menjangkau Jamaah
Umrah mandiri dipopulerkan oleh influencer di social media. Maka jangan anti terhadap social media, melainkan manfaatkan secara maksimal untuk pemasaran produk Anda. Kuasai market yang Anda bidik, sehingga Anda bisa lebih tepat dalam memperluas jangkauan jamaah yang menjadi target pasar Anda.
- Mengakomodir Kebutuhan Jamaah
Kelebihan dari umrah bersama travel adalah kemudahan mengurus segala sesuatunya dibantu oleh travel. Hal inilah yang membuat jamaah bersedia membayar lebih. Dengarkan suara pelanggan, maka Anda dapat mengakomodir kebutuhan pelanggan secara detail, sehingga mereka juga akan merasa puas berumrah bersama perusahaan travel Anda.
- Evaluasi Pelayanan Travel Secara Berkala
Cara untuk mengembangkan bisnis yang terakhir adalah dengan mengevaluasi pelayanan secara berkala. Anda dapat memberikan kuesioner kepada jamaah yang telah pulang ke tanah air untuk mengetahui pendapat mereka tentang pelayanan travel Anda.
Mungkin saja ada pelayanan dari tour leader, mutawwif, pihak handling, hotel, catering & sebagainya yang perlu ditingkatkan dan Anda dapat mengetahuinya langsung dari pelanggan. Anda juga dapat membuat dan menyebarkan kuesioner melalui aplikasi Erahajj lho!
Nah, itulah 7 tips mengembangkan bisnis travel umrah di tengah gempuran umrah mandiri. Selalu ingat, bahwa peningkatan pelayanan kepada jamaah merupakan hal yang tak bisa ditawar lagi supaya dapat memenangkan persaingan. Jaga kepercayaan serta hadirkan kemudahan dan harga bersaing (harga sesuai kualitas layanan) supaya jamaah tetap mempercayakan kepada bisnis Anda. Selamat mencoba!