Pengelolaan keuangan merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk Anda perhatikan jika Anda ingin bisnis Anda sukses. Kebanyakan bisnis tumbang karena salah dalam mengelola keuangannya, sehingga terjadi berbagai permasalahan keuangan bisnis seperti cashflow macet, biaya operasional membengkak, dan permasalahan lainnya hingga membuat perusahaan mengalami kebangkrutan.

Bisnis travel umrah memiliki karakteristik tertentu dalam operasional bisnisnya. Pengelolaan di travel umrah memerlukan ketelitian, karena di bisnis travel umrah, tidak semua pemasukan itu pendapatan, dan tidak semua pengeluaran adalah beban. Contohnya, ketika Anda menerima transfer pembayaran dari jamaah yang baru akan berangkat umrah 3 bulan lagi, uang tersebut belum bisa diakui sebagai pendapatan melainkan berstatus sebagai uang titipan jamaah atau masuk kategori utang.

 

pexels-tima-miroshnichenko-6694570 (1).jpg

 

Selain itu, masih banyak lagi studi kasus keuangan di travel umrah yang bisa membuat bisnis Anda terlibat masalah keuangan. Mulai dari budgeting, pengelolaan keuangan tiap pemberangkatan, pengadaan atau pembelian stok barang perlengkapan, dana operasional, dana darurat, dan lain-lain.

Oleh karena itu, pemahaman mengenai ilmu keuangan dalam pengelolaan bisnis travel umrah sangat diperlukan, terutama bagi owner dan tim finance yang ada di travel umrah & haji. Karena, jika ownernya saja tidak paham keuangan bisnis, bagaimana bisa mengarahkan bisnisnya agar bisa berkembang dan bertumbuh secara berkelanjutan?

Tim finance yang andal juga turut mengambil peran dalam kesuksesan travel umrah haji, karena pengelolaan finansial yang tepat bisa menjadi dasar dalam pengambilan keputusan bagi perusahaan untuk melakukan ekspansi dan inovasi dalam bisnisnya.

Mengapa Belajar Ilmu Keuangan Penting untuk Travel Umrah & Haji?

Pastinya, di setiap bisnis sudah ada cara pengelolaan keuangan yang “tepat menurut mereka masing-masing”. Namun, alangkah baiknya, jika pengelolaan keuangan bisa disesuaikan dengan kaidah akuntansi yang berlaku, serta alurnya tepat sehingga tidak ada masalah maupun kesalahan dalam pencatatan keuangan. Karena, kesalahan tersebut bisa berdampak pada laporan keuangan yang dihasilkan menjadi tidak akurat.

Padahal, laporan keuangan yang akurat diperlukan untuk membuat keputusan bisnis di masa mendatang. Kalau laporannya saja kacau (karena pencatatan keuangannya juga kacau), maka bisnis menjadi tidak stabil dan bisa menghambat langkah perusahaan travel umrah & haji Anda untuk berkembang.

Perusahaan yang terlihat untung, tapi ternyata buntung karena adanya kebocoran-kebocoran dari berbagai sisi. Laba yang seharusnya bisa diraih oleh perusahaan, habis untuk menambal kebocoran tersebut. Akhirnya, omzet terlihat besar, bisnis jalan, namun ternyata profitnya tipis sekali, bahkan tidak ada. Tentunya, ini membuat bisnis sulit berkembang, karena perusahaan tidak cukup dana untuk membesarkan usaha.

Penguasaan Ilmu Keuangan Bisnis Travel Umrah & Haji Kunci Sustainability

Jika dalam mengelola keuangan bisnis di travel umrah tidak berdasarkan ilmu yang tepat, maka bisa dipastikan perusahaan tidak bisa berkembang dan tidak terjaga sustainability-nya. Bisa jadi, perusahaan meraup keuntungan besar dalam waktu singkat, namun karena tidak mampu mengelola cash yang besar tersebut, bisnis malah jadi bangkrut.

Ibaratnya seperti memegang bola api yang panas, tidak ada perencanaan matang dan tidak bisa mengukur kemampuan dalam menangani project, sehingga dana perusahaan malah digunakan tidak semestinya. Uang jamaah yang terkumpul tidak digunakan untuk mendanai pemberangkatan, malah dipakai untuk beli aset ownernya. Sehingga banyak perusahaan travel umrah yang tidak mampu melaksanakan amanah dari pelanggannya.

Jadi, jangan sampai perusahaan travel umrah & haji Anda hanya berumur pendek, karena dengan pengelolaan keuangan yang baik bisa membuat bisnis Anda bertahan lama bahkan bisa diwariskan ke anak cucu Anda nantinya.

Siap Mengelola Keuangan Bisnis Travel Umrah & Haji dengan Bijak?

Kami memahami kebutuhan Anda untuk belajar keuangan bisnis travel umrah & haji yang baik, dengan ilmu keuangan yang tepat. Oleh karena itu, kami mengajak Anda untuk belajar bersama ahli keuangan bisnis Coach Yuszak M Yahya, seorang Business Finance Expert yang sudah berpengalaman belasan tahun di bidang keuangan bisnis dan Baharudin Yusuf, Business Owner Erahajj Group pada webinar yang akan diselenggarakan pada hari Kamis, 19 September 2024 Pukul 15.30 - 17.30 WIB.

 

6255718354975309492.jpg

 

Pada webinar bertajuk Manajemen Keuangan yang Tepat untuk Keberlangsungan Travel Umrah & Haji ini, Anda tidak hanya belajar pondasi keuangan bisnis saja, namun juga belajar bagaimana mengelola keuangan agar tidak salah dalam menempatkan uang yang ada di bisnis Anda. Mindset yang tepat tentang keuangan akan membawa bisnis Anda menjadi lebih terarah dan semakin berkembang.

Info pendaftaran, silakan klik link berikut ini : 

https://erahajj.co.id/academy

Jangan pernah berhenti belajar, terutama ilmu keuangan bisnis ini sehingga bisnis Anda bisa terus bertumbuh dan berkelanjutan dengan berbagai ilmu yang tepat bagi kelangsungan bisnis travel umrah & haji Anda. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Kategori : Erahajj Academy
Tags :
finance finansial keuangan keuangan bisnis keuangan bisnis travel keuangan bisnis travel umrah haji webinar keuangan webinar keuangan bisnis yuszak m yahya coach yuszak
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap finance finansial keuangan keuangan bisnis keuangan bisnis travel keuangan bisnis travel umrah haji webinar keuangan webinar keuangan bisnis yuszak m yahya coach yuszak

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, finance, finansial, keuangan, keuangan bisnis, keuangan bisnis travel, keuangan bisnis travel umrah haji, webinar keuangan, webinar keuangan bisnis, yuszak m yahya, coach yuszak

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami