Dari waktu ke waktu, semakin banyak orang yang ingin menunaikan ibadah umrah dan haji. Bukan hanya sekali, namun ada pula yang berkali-kali umrah. Hal ini menunjukkan bisnis haji dan umrah berpeluang mendapatkan pelanggan, baik pelanggan baru maupun pelanggan lama yang repeat order.

Saat melayani calon jamaah, tim Customer Support (CS) perlu gerak cepat agar calon jamaah tidak lama menunggu untuk mendapatkan informasi seputar layanan atau paket umrah & haji yang Anda jual. Semakin cepat semakin bagus. Namun, cepat saja tidak cukup. Anda harus memastikan bahwa jawaban tim CS juga tepat sehingga memperbesar peluang untuk closing penjualan.

Begitu pula dengan melayani existing client atau jamaah yang sudah pernah berumrah dengan travel Anda. Banyak penjualan paket berasal dari jamaah lama yang akan berumrah kembali maupun merekomendasikan travel Anda kepada sanak saudara dan juga rekan mereka. Sehingga, Anda perlu menyiapkan jawaban yang susah ditolak jamaah sehingga mereka cepat memutuskan untuk berumrah lagi dengan travel Anda.

Semua itu sangat bisa dilakukan jika Anda sudah memiliki SOP Komunikasi CS di bisnis travel umrah Anda. Mulai dari bagaimana menjawab calon jamaah yang baru pertama kali chat, hingga menjawab jamaah lama yang ingin bertransaksi kembali. Kuncinya pada kecepatan dan ketepatan. Bagaimana bisa cepat dan tepat jika masing-masing CS bikin jawabannya sendiri-sendiri? Apalagi masih mengetik manual!

Untuk itu, Anda harus belajar bagaimana sih cara membuat SOP Komunikasi CS travel umrah & haji Anda agar pekerjaan tim semakin mudah, ringan, dan hasilnya maksimal. Apa saja yang harus diperhatikan oleh CS saat menjawab calon jamaah, akan kita kupas sedikit dalam artikel ini. Pastikan Anda baca sampai akhir, ya!

 

Membuat SOP Komunikasi CS Travel Umrah & Haji

Kunci keberhasilan dari tim CS di travel Anda adalah mereka memiliki jawaban yang sudah diatur sesuai dengan yang ingin Anda sampaikan kepada jamaah. Dengan jawaban yang teratur, maka Anda bisa menggiring calon jamaah agar bisa closing, sehingga meningkatkan penjualan di travel umrah Anda.

Masalahnya, kalau tim CS tidak diberikan SOP cara menjawab jamaah yang chat, misalnya melalui Whatsapp, maka mereka akan kesulitan memberikan jawaban yang cepat dan tepat. Mereka masih harus mikir, apa jawabannya dan bagaimana menggiring calon jamaah untuk sampai ke tahap hot prospect.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat SOP Komunikasi CS untuk membantu pekerjaan mereka mencapai Service Level Agreement (SLA) yang telah ditentukan. Jadi, tidak ada ceritanya CS travel umrah lelet, di-chat jam berapa balasnya jam berapa. Karena semua sudah ada SOP-nya, sehingga bisa mencapai target yang diinginkan.

Untuk membuat SOP Komunikasi, tentunya Anda harus membuat alurnya terlebih dahulu dengan membuat beberapa skenario yang biasanya terjadi di travel umrah. Contohnya, SOP menjawab jamaah yang baru pertama kali chat, menjawab jamaah yang menanyakan detail product, menjawab jamaah yang bertanya harga, hingga bagaimana menangani jamaah yang hanya tanya tapi pesan kita hanya dibaca saja.

Membuat Standar Agar Kualitas Jawaban CS Mencapai Good Performance

Ada upaya yang bisa ditempuh oleh perusahaan travel umrah & haji untuk menyamakan kualitas jawaban CS sehingga mereka dapat mencapai level Good Performance yaitu dengan menggunakan SOP Komunikasi yang sama.

Dengan adanya SOP Komunikasi yang sudah terstandarisasi, tidak ada lagi gap kompetensi yang besar antar sales. Jika kualitas jawaban setiap CS bisa sama, tidak ada lagi istilah lower performance dan top performance.

Jadi, seluruh CS bisa menjawab dengan friendly dan cepat. Jamaah juga akan semakin nyaman saat menghubungi travel Anda, sehingga peluang terjadinya transaksi yang menghasilkan profit semakin terbuka lebar.

Strategi Cepat Closing Pakai SOP Komunikasi yang Terstruktur

Selain untuk menjawab berbagai pertanyaan jamaah dengan cepat dan tepat, SOP Komunikasi juga bisa meningkatkan closing rate jamaah yang sedang Anda prospek. Jika Anda hanya pasif dalam menangkap dan follow up leads, maka Anda akan kehilangan banyak kesempatan untuk menciptakan penjualan.

Solusinya adalah dengan membuat SOP Komunikasi dengan copywriting yang memikat, sehingga jamaah Anda bisa benar-benar menaruh perhatian terhadap apa yang Anda bicarakan tanpa merasa terganggu.

Membuat SOP Komunikasi juga harus melihat buyer persona terlebih dahulu, bahasa apa yang digunakan sehingga bisa nyambung dengan calon jamaah Anda. Jadi, SOP Komunikasi itu perlu untuk acuan, namun masih bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Yang jelas, ada alur yang tidak boleh dilewatkan, sehingga Anda bisa memprospek jamaah dengan lebih terstruktur.

Buat Tim CS Bekerja Secara Profesional

Profesional artinya bisa menghadirkan pelayanan yang prima dengan standar tertentu yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Jangan sampai tim Anda tidak melaksanakan tugasnya secara profesional hanya karena belum paham bagaimana seharusnya menghadapi jamaah di bisnis travel Anda.

Cara untuk membuat tim CS Anda bekerja lebih profesional adalah dengan menerapkan SOP Komunikasi yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Tim dapat bertindak tidak profesional jika tidak ada aturan dalam menjalankan tugasnya, sehingga mereka asal-asalan saja menjawab jamaah yang bertanya. Tidak ada inisiatif untuk menggali lebih jauh kebutuhan jamaah, sehingga tidak bisa menghadirkan solusi berupa produk atau layanan yang Anda miliki.

Tentunya, untuk mencapai tingkat profesional tersebut butuh banyak latihan, serta adanya aturan yang jelas bagaimana melayani jamaah. Terutama dalam berkomunikasi dengan jamaah, sehingga tercipta citra yang baik dari perusahaan Anda seperti CS-nya ramah, fast respond, dan siap membantu jamaah mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan mereka.

Mulai dari Mana?

Tak perlu bingung lagi! Anda bisa mulai dari belajar membuat SOP komunikasi yang baik dan mumpuni dengan belajar bersama ahlinya di Erahajj Academi dalam Webinar SOP Komunikasi CS.

Anda akan dipandu bagaimana memulai membuat dan menggunakan SOP komunikasi, lengkap dengan studi kasus yang bisa membuka pengetahuan Anda bahwa dengan SOP Komunikasi yang baik bisa melahirkan banyak closing penjualan.

Kali ini, kita akan menggali ilmu seputar membangun tim CS yang kompeten bersama Coach Dandy Kurniadi, seorang pakar digital marketing yang sudah melatih ribuan tim CS di berbagai perusahaan. 

Tim Anda bisa jadi jago jualan dan jago closing, dengan menerapkan SOP komunikasi yang tepat sehingga bisa menaikkan omzet Anda secara signifikan! 

 

6210889393305140428.jpg

Ayo, tunggu apalagi! Segera daftarkan diri Anda melalui link berikut ini : 

 

https://erahajj.co.id/academy

 

Atau hubungi Contact Person di bawah ini untuk informasi lebih lanjut tentang webinar di Erahajj Academy!

 

Contact Person : 
0812 - 9279 - 1806 (Inka)
0812 - 9695 - 2901 (Annisa)

Kategori : Artikel
Tags :
webinar gratis webinar bisnis travel umrah & haji webinar SOP komunikasi webinar erahajj academy
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap webinar gratis webinar bisnis travel umrah & haji webinar SOP komunikasi webinar erahajj academy

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, webinar gratis, webinar bisnis travel umrah & haji, webinar SOP komunikasi, webinar erahajj academy

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami