Pentingnya Peran Land Arrangement Umroh dalam Ibadah Umroh

Ditulis pada 06 November 2019, 22:41:17

Ketika menjadi calon jamaah umroh, kita mungkin tidak akrab dengan istilah Land Arrangement (LA) umroh. Kita hanya tahu tentang travel umroh atau biro umroh tempat kita membeli paket untuk melaksanakan ibadah umroh.

Padahal, peran Land Arrangement umroh ini sangat penting, bahkan menjadi inti perjalanan umroh kita. Setidaknya, Anda harus mencari tahu pentingnya peran Land Arrangement umroh dalam ibadah umroh.

Baca Juga : 3 Tugas Utama Tour Leader yang Perlu Jamaah Ketahui

Peran Land Arrangement Umroh yang Utama

Tugas utama Land Arrangement umroh hampir sama dengan Land Arrangement travel pada umumnya, yakni melayani kebutuhan jamaah selama berada di tanah suci agar proses ibadah umroh menjadi lancar. Tanpa adanya peran Land Arrangement, jamaah tidak akan bisa menjalankan ibadahnya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Pentingnya Peran Land Arrangement Umroh dalam Ibadah Umroh

Saat semuanya dihandle oleh pihak Land Arrangement, maka jamaah hanya perlu melaksanakan kegiatan umroh sesuai dengan yang telah dijadwalkan tanpa harus repot dan bingung soal dokumen, makanan, tempat tinggal, transportasi, dan sebagainya.

Baca Juga : Umroh Ngapain Aja? Yuk, Pelajari 7 Aktivitas Selama Umroh

Land Arrangement bertugas untuk mengupayakan agar jamaah bisa melaksanakan umroh dengan tenang dan lancar. Bahkan, LA juga harus mengurusi segala sesuatu saat jamaah mengalami kejadian tidak terduga seperti kecelakaan, tersesat, kehilangan barang, masalah dokumen, sakit, dan meninggal dunia.

Selanjutnya, mari kita bahas secara rinci peranan Land Arrangement (LA) umroh agar Anda semakin memahaminya.

Penjemputan di Bandara Kedatangan

Tugas pertama dari LA adalah penjemputan jamaah umroh di bandara kedatangan baik di Jeddah maupun Madinah. Selain penjemputan, ada proses handling di bandara untuk memastikan kepada aparat mengenai data-data jamaah serta jadwal selama di tanah suci.

Sepintas tugasnya cukup mudah, namun jika yang ditangani satu rombongan, tentunya akan memakan waktu dan tenaga. Semua harus fix, sehingga tidak ada miskomunikasi dan masalah di kemudian hari selama jamaah berada di tanah suci.

Mengurus Transportasi untuk Mobilitas di Tanah Suci

Setelah dari bandara, langkah selanjutnya adalah mobilisasi jamaah dari bandara ke penginapan, ke masjidil haram, city tour, dan sebagainya. Tentunya rombongan jamaah umroh harus naik transportasi darat seperti bus atau mobil.

Baca Juga : Pentingnya Sikap Tawadhu Saat Beribadah Umroh

Menyediakan Makanan dan Penginapan

Selama di tanah suci, jamaah tentunya membutuhkan makanan serta penginapan untuk beristirahat. Selain makanan utama tiga kali sehari, makanan yang lain seperti air mineral, kopi, dan camilan.

Biasanya, menu-menu yang disediakan disesuaikan dengan lidah jamaah, agar jamaah tetap bisa makan dengan nyaman dan tidak perlu lagi mencari-cari menu yang sesuai dengan selera mereka.

Menyediakan Air Zam-zam untuk Oleh-oleh Jamaah

Tugas LA umroh lainnya adalah menyediakan air zam-zam untuk dibawa pulang oleh jamaah. Biasanya, air zam-zam ini sangat diharapkan jamaah baik untuk oleh-oleh keluarga di rumah, juga untuk dikonsumsi sendiri.

Baca Juga : Ini Dia 5 Destinasi Wisata Umroh yang Disukai Jamaah

Jatah per jamaah adalah sebanyak 5 liter air zam-zam, sesuai dengan ketentuan bagasi yang berlaku saat ini. Terbayang kan, jika tugas ini tidak ada yang menghandle. Jamaah mungkin akan kecewa jika tidak membawa air zam-zam saat pulang.

Menyediakan Muthawwif/Pendamping Umroh

Muthawwif dalam paket LA umroh merupakan opsi, jika travel umroh dari Indonesia tidak menyediakan muthawwif/muthawwifah. Tugas dari muthawwif adalah membimbing jamaah dalam rukun umroh, juga berkoordinasi dengan LA tentang layanan jamaah.

Sedangkan muthawwifah, khususnya untuk mendampingi jamaah wanita saat beribadah di masjid nabawi khususnya saat beribadah di raudhah.

Itulah peran Land Arrangement umroh yang harus Anda ketahui. Saat ini, banyak penyedia jasa Land Arrangement yang menjalin kerjasama dengan biro travel umroh di tanah air. 

Sebagai jamaah, Anda harus teliti melihat bagaimana kerjasama biro umroh dengan LA umroh yang baik. Hal ini bisa ditinjau dari traack record pemberangkatan sebelumnya. Apabila dalam histori pemberangkatan sebelumnya tidak ada maslah/kendala saat jamaah di tanah suci, ini berarti LA umroh yang digunakan sudah baik.

Jika travel umroh Anda ingin lebih baik pengelolaannya termasuk untul Land Arrangement ini, Anda bisa menggunakan fitur yang disediakan software khusus travel umroh yang bisa memudahkan Anda memanajemen LA dan lainnya.

Kategori : Artikel
Tags :
umroh Land Arrangement
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap umroh Land Arrangement

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, umroh, Land Arrangement

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami