Umroh, Ngapain Aja? Yuk Pelajari 7 Aktivitas Selama Umroh!

Ditulis pada 01 November 2019, 22:17:36
7 Aktivitas Selama Umroh - Mungkin banyak orang yang menyangka bahwa umroh memerlukan waktu yang panjang. Karena, biasanya, sebuah perjalanan umroh berdurasi 9 hingga 12 hari. Ternyata, untuk melaksankan rukun umroh hanya perlu waktu sekitar 3-12 jam saja!Wah, kalau seperti itu, ngapain aja ya waktu umroh?7 Aktivitas Selama UmrohSebenarnya, banyak kok aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu umroh Anda. Selain melaksanakan rukun wajib umroh, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain yang tentunya harus didominasi dengan kegiatan ibadah.Sayang sekali, jika Anda melewatkan waktu-waktu di tanah haram, dengan melakukan hal-hal yang tidak bernilai pahala. Meskipun di jadwal itinenary dari travel umroh sudah jelas jawal kegiatan yang akan kita lakukan, namun tidak ada salahnya Anda membuat sendiri jadwal kegiatan supaya Anda bisa maksimal beribadah di tanah suci.Baca Juga : 3 Tugas Utama Tour Leader yang Perlu Jamaah KetahuiSetidaknya, ada 7 aktivitas yang bisa Anda lakukan selama umroh.

1) Melakukan Rukun Umroh

Pokok dari perjalanan umroh adalah melakukan rukun umroh : ihram, tawwaf, sa'i, tahallul dan tertib. Seperti yang sudah kami singgung di atas, durasi untuk melakukan ibadah umroh adalah 3-12 jam. Jadi, Anda bisa melakukan umroh berkali-kali saat berada di tanah suci.Waktu yang Anda habiskan dalam perjalanan pergi dan pulang umroh sudah cukup menyita keseluruhan waktu umroh Anda. Seperti waktu untuk naik pesawat saja minimal 9 jam, belum lagi perjalanan dari dan menuju hotel, perjalanan dari makkah ke madinah sekitar 14 jam PP, dll. Jadi, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menjalani rukun umroh.

2) Shalat Wajib Berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Kagiatan lain yang utama adalah sholat 5 waktu. Tentunya, shalat 5 waktu di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi pantang untuk dilewatkan. Sebab, pahala shalat di kedua masjid tersebut sangat berlimpah.Baca Juga : 5 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Cepat Berangkat UmrohShalat di Masjidil Haram nilainya 100.000 kali lipat pahalanya dibandingkan shalat di tempat lain. Sedangkan shalat di Masjid Nabawi nilainya 1000 kali lipat dibandingkan shalat dibandingkan shalat di masjid lain kecuali Masjidil Haram.Tentunya, menjaga shalat lima waktu di Masjidil Haram ini sangat utama, masa iya kita beribadah sunnah namun malah meninggalkan ibadah wajibnya?

3) Ibadah Sunnah di Masjidil Haram

Selain shalat wajib di Masjidil Haram, Anda juga bisa beribadah sunnah di Masjidil Haram seperti shalat rawatib, shalat dhuha, shalat tahajjud, dan shalat sunnah lainnya.Anda juga bisa melakukan ibadah lainnya seperti beri'tikaf, bersalawat, bersedekah, berpuasa sunnah, dan sebagainya. Tingkatkan ibadah sunnah Anda selama di tanah suci, agar Anda bisa meraup keuntungan pahala sunnah saat berumroh.

4) Ibadah Sunnah di Masjid Nabawi

Hampir sama dengan beribadah sunnah di Masjidil Haram, Anda tak boleh melewatkan kesempatan beribadah di Masjid Nabawi. apalagi di Raudatul Jannah atau Raudhah, Anda boleh beri'tikaf, shalat sunnah, bersalawat, berdzikir dan berdoa di Masjid Nabawi dan di Raudhah, agar kesempatan meraih pahala maksimal bisa Anda peroleh.

5) Shalat Sunnah di Masjid Quba

Ada satu amalan yang tak boleh dilewatkan begitu saja saat ibadah umroh, yaitu shalat sunnah di masjid Quba.Menurut dari Hadits Nabi Muhammad SAW yang mana diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: ” Barang siapa yang bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia salat di dalamnya, maka baginya akan memperoleh pahala seperti pahala Umrah” . (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah no. 1401).Baca Juga : Ini Dia 5 Destinasi Wisata yang Disukai Jamaah UmrohMasjid Quba ini letaknya di Madinah. Biasanya, ada agenda untuk mengunjungi masjid ini saat pagi hari, jadi Anda bisa shalat dhuha di Masjid Quba untuk meraih keutamaannya.

6) Membaca Al Quran dan Berdzikir

Usahakan Anda selalu menjaga wudhu dan membawa mushaf Al Qur'an agar Anda bisa membaca Al Quran kapan saja. Apalagi saat menunggu waktu-waktu shalat, sayang sekali jika Anda mengisinya dengan kegiatan yang kurang berfaedah.Selalu basahi lisan Anda untuk melantunkan ayat-ayat suci Al Qur'an dan berdzikir, sehingga Anda menjadi lebih tenang dan khusyu dalam beribadah. Melupakan sejenak urusan-urusan duniawi yang Anda pikirkan di luar waktu umrah.

7) Berdoa di Tempat-tempat Mustajab

Nah, inilah aktivitas favorit yang biasanya selalu diagendakan oleh jamaah umroh. Ya, berdoa di tanah suci merupakan kesempatan yang tak ternilai harganya, karena Anda sedang bertamu di Rumah Allah. Maka, berdoalah sebaik-baiknya, sebanyak-banyaknya sesuai dengan keinginan kita.Biasanya, kita juga mendapat titipan doa dari keluarga, teman, dan rekan kita. Maka, berdoalah, daripada sibuk berfoto selfie, belanja, makan-makan, sebaiknya Anda agendakan khusus untuk berdoa dan siapkan catatan doa dari rumah supaya tidak ada yang terlupa.Baca Juga : Ini Dia Jenis-jenis Kurma yang Bisa Anda Beli untuk Oleh-oleh Haji dan UmrohItulah aktivitas yang bisa menambah bobot pahala ibadah umroh kita. Umroh merupakan ibadah yang membutuhkan pengorbanan yang cukup besar baik dari segi materi maupun dari segi fisik.Oleh karena itu, kita tidak boleh lengah, dengan mengisi kegiatan di waktu umroh kita sebaik-baiknya. Jangan terlena dengan godaan berbelanja dan berburu kuliner timur tengah saja, ya!
Kategori : Seputar Umrah
Tags :
ibadah umroh aktivitas selama umroh
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap ibadah umroh aktivitas selama umroh

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, ibadah umroh, aktivitas selama umroh

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami