Tiap bisnis pasti memiliki cara untuk mendongkrak penjualan produknya. Bisa dengan menjalankan berbagai strategi marketing, atau dengan mendesain produk unggulan. Apabila Anda memilih yang kedua, maka Anda bisa menciptakan Halo Effect untuk mengangkat keseluruhan produk Anda.
Lalu, apa itu Halo Effect? Bagaimana Halo Effect bisa menjadi pendongkrak untuk penjualan produk Anda? Yuk, simak selengkapnya pada artikel berikut ini.
Mengenal Halo Effect
Halo Effect adalah bias kognitif yang terjadi ketika kesan positif awal mempengaruhi penilaian secara keseluruhan. Biasanya, Halo Effect ini terjadi kala wawancara kerja, penilaian atasan saat di tempat kerja, hingga kesan saat pertama kali bertemu dengan seseorang.
Teori yang dipopulerkan oleh Edward L. Thorndike ini memberikan dampak yang cukup signifikan terutama pada tingkat penerimaan kandidat yang telah menyelesaikan wawancara kerja. Namun, tak terbatas pada dunia kerja saja. Halo Effect juga bisa kita terapkan di dunia marketing bisnis.
Contoh Halo Effect pada Bisnis
Salah satu contoh yang paling terkenal dalam penerapan Halo Effect di dunia bisnis adalah perusahaan Apple saat mengeluarkan produk Ipod. Pada tahun 2005, sales Apple Computer naik 68%, profit naik 384% dan saham Apple naik 177%.
Hal tersebut disinyalir adalah Halo Effect yang ditimbulkan oleh Ipod, sehingga Ipod menjadi produk andalan Apple. Ketenaran Ipod mendongkrak penjualan produk-produk Apple lainnya, sampai keuntungan dan saham Apple juga ikut naik.
Sangat menarik, bukan?
Kuncinya adalah pada produk andalan yang bisa mendongkrak penjualan di perusahaan tersebut. Produk lain akan lebih mudah terjual setelah ada satu produk yang berhasil memberikan Halo Effect. Lalu, bagaimana sih penerapannya di bisnis Anda?
Penerapan Halo Effect Pada Bisnis Travel
Sebenarnya, bisnis travel memiliki produk yang dapat dikatakan akan selalu ramai peminat. Apalagi sekarang ini minat masyarakat sangat bagus terhadap ibadah umrah, sehingga lebih mudah untuk mengedukasi terkait nilai dari produk andalan Anda.
Anda bisa membuat paket-paket umrah yang memiliki keunikan serta kelebihan dari paket umrah pada umumnya yang dijual oleh kompetitor. Tidak harus paket yang berharga murah|murah, lho!). Paket umrah exclusive yang ditawarkan dengan harga tinggi pun bisa menarik pasar tertentu. Anda bisa melakukan percobaan, paket apa kira-kira yang paling menarik minat pelanggan.
Setelah menentukan produk andalan Anda, curahkan segala energi, waktu, tenaga & biaya untuk membuat produk Anda mempunyai kualitas yang sesuai dengan kebutuhan jamaah. Upayakan agar produk Anda bisa dikenal oleh calon pelanggan, sehingga mereka akan tertarik untuk membeli, sekaligus dapat membuat bisnis Anda lebih dikenal.
Dengan demikian, produk Anda lainnya juga bisa dipilih oleh konsumen. Mungkin, paket tersebut kurang sesuai dengan selera konsumen, maka konsumen dapat membeli paket lain yang Anda tawarkan. Tinggal Anda yang harus jeli dan bisa meyakinkan konsumen Anda dengan produk yang Anda tawarkan.
Itulah tips untuk memanfaatkan Halo Effect bagi penjualan bisnis Anda. Semoga bisa diterapkan dan penjualan Anda semakin tinggi! Jangan lupa untuk memakai sistem manajemen travel umrah yang profesional seperti Erahajj! Anda bisa mengoptimalkan bisnis Anda dengan dukungan teknologi terkini supaa tak ketinggalan dari pesaing Anda!