Pada artikel sebelumnya, Anda sudah mengetahui beberapa Enterprise Resource Planning (ERP) yang dapat membantu Anda dalam mengelola bisnis. Bisa dibilang, perusahaan yang masih mengelola bisnisnya dengan cara manual akan sangat tertinggal karena sekarang zamannya sudah serba digital.
Bukan hanya tentang manajemen operasional seperti administrasi & keuangan saja yang harus mendapatkan perhatian. Anda juga bisa memanfaatkan ERP untuk membantu Anda dalam mengelola karyawan atau SDM yang ada di perusahaan Anda.
Pengelolaan karyawan yang baik bisa menjadi kunci sukses usaha Anda. Apabila karyawan Anda bekerja sesuai dengan peraturan, maka Anda bisa memaksimalkan performa mereka untuk mencapai tujuan. Manajemen karyawan meliputi hal-hal berikut ini :
Rekrutmen
Mendapatkan talenta-talenta terbaik dimulai dari proses perekrutan yang tepat. Anda harus mengatur tentang persyaratan karyawan yang akan bekerja di perusahaan Anda. Termasuk melakukan serangkaian tes dan wawancara, serta mengolah hasil penilaian dari tes tersebut.
Seleksi karyawan akan semakin mudah bila Anda memakai sistem ERP. Jadi, Anda tak perlu pusing dengan manajemen data karyawan baru beserta proses rekrutmennya, karena semuanya bisa dicatatkan di sistem.
Data Karyawan
Manajemen karyawan berikutnya adalah mengumpulkan database karyawan perusahaan Anda. Data utama seperti informasi umum, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, informasi cuti, dan lainnya dapat Anda manage dengan lebih mudah menggunakan sistem. Jadi, tidak perlu mencari-cari lagi data karyawan di saat Anda memerlukannya.
Kinerja Karyawan
Berikutnya adalah performa karyawan. Idealnya, tim Anda dapat membuat rencana kerja, serta dapat memasukkan data laporan kerja harian (daily report) supaya Anda dapat memantau kinerja karyawan Anda secara realtime. Termasuk pula absensi harian, sehingga Anda bisa memantau kedisiplinan karyawan Anda.
Hal ini bisa diimplementasikan bila Anda memakai sistem ERP yang tepat, sehingga karyawan Anda bisa lebih termotivasi dalam bekerja karena adanya laporan kerja yang harus dipertanggungjawabkan oleh tiap.
Payroll
Tak kalah penting, payroll atau penggajian merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan yang ingin memberikan hak karyawan secara cermat. Anda dapat mengelola detail penggajian sesuai dengan kebijakan serta performa setiap karyawan. Jadi, tak ada lagi cerita salah transfer gaji, karena perhitungan gaji yang tidak sesuai.
Nah, bila ingin bisnis Anda lebih maju, kini saatnya Anda beralih ke sistem digital untuk mengelola SDM yang ada di perusahaan. Pilih ERP yang tepat sesuai dengan yang Anda butuhkan. Untuk bisnis travel, Anda tak perlu lagi membeli aplikasi Human Resources (HR) terpisah jika Anda sudah memakai sistem digital Erahajj.
Ya, Erahajj menyediakan fitur HRIS yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola SDM yang ada di perusahaan Anda. Anda bisa melengkapi database karyawan, monitoring performa, hingga manajemen data penggajian secara detail dengan satu sistem saja. Mudah, kan?
Jika Anda tertarik untuk mencobanya, segera hubungi tim CS Erahajj untuk mendapatkan informasi lebih lanjut & aktivasi sistemnya. Selamat mencoba!