Teknologi Bukan Hambatan, Tapi Jalan untuk Kesuksesan Travel

Ditulis pada 03 November 2023, 08:00:03

admin.xit.erahajj.co.id_ (6).png

Salah satu hambatan terbesar dari kemajuan bisnis adalah kemauan untuk bersahabat dengan teknologi. Di zaman serba digital seperti saat ini, penggunaan teknologi tak dapat dihindari lagi. Setiap bisnis mencoba cara termutakhir agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang kian pesat.

Begitu pula yang terjadi di bisnis travel. Travel yang telah lama berdiri biasanya dijalankan oleh “orang-orang tua”, yang mana mereka tidak terlalu mempedulikan perkembangan teknologi untuk menunjang kinerja travel mereka. Bila ada staff yang lebih muda, mereka akan menghadapi persoalan di travel, seperti kacaunya manajemen travel tanpa memakai teknologi terkini.

Padahal, saat ini sudah banyak sistem digital yang dibuat khusus untuk memudahkan manajemen travel supaya lebih mudah, cepat, dan efisien. Operasional di travel bisa lebih lancar apabila didukung dengan sistem digital mulai dari manajemen administrasi, pembayaran, persediaan, keuangan, HRD, hingga CRM. 

Apalagi jika mereka memakai sistem digital travel umrah dengan fitur yang lengkap serta sudah terintegrasi antar modulnya. Tentu hal ini akan sangat memudahkan dalam melaksanakan kegiatan yang ada di travel, sehingga pelayanan kepada jamaah bisa dimaksimalkan.

Digitalisasi Travel Umrah Melahirkan Efisiensi

Sistem digital travel umrah bisa memangkas sumber daya manusia yang tidak diperlukan di travel karena sistem digital bisa mengotomatisasi banyak pekerjaan yang berulang. Ini juga menjadi tantangan bagi staff yang bekerja di travel umrah, untuk bisa menjalankan sistem digital. Jika tak mau mengembangkan diri, maka karyawan bisa tergerus oleh kecanggihan teknologi.

Selain itu, sistem digital juga membantu travel menghemat waktu saat melayani jamaah. Yang tadinya registrasi masih manual pakai kertas, pembayaran tunai, pendataan kelengkapan yang manual, hingga teknis pemberangkatan yang menggunakan sistem konvensional dapat diubah ke sistem yang serba digital.

Dengan adanya efisiensi tersebut, biaya operasional yang dikeluarkan oleh travel setiap bulan menjadi lebih kecil. Perusahaan dapat meningkatkan keuntungan, berkat adaptasi digital di bisnis mereka. 

Cara Memulai Adaptasi Digital untuk Travel Umrah

Sampai di sini masih ada owner bisnis yang tidak tahu bagaimana cara untuk memulai adaptasi digital. Biasanya, mereka akan mulai mencari sistem untuk mempermudah manajemen travel umrah mereka.

Bila owner masih awam tentang teknologi, mereka ada yang berupaya mengembangkan sistem sendiri dengan biaya yang cukup besar dan waktu yang lama. Tentu hal ini kurang efisien, karena hasilnya pun belum tentu sesuai dengan yang mereka harapkan.

Padahal, saat ini sudah banyak aplikasi yang didesain khusus untuk travel umrah. Ada yang menerapkan sistem pembelian, ada pula sistem berlangganan. Travel harus jeli memilih sistem digital yang akan diimplementasikan di travel mereka. Usahakan untuk mencari tahu sebanyak-banyaknya, apa yang akan didapatkan & apakah sudah sesuai dengan harga yang dibayarkan.

Jadi, cara termudah & termurah untuk memulai digitalisasi adalah dengan memanfaatkan sistem digital siap pakai, yang telah menyediakan modul-modul yang dibutuhkan oleh travel. Sistem berlangganan cukup membantu, karena dengan biaya yang relatif terjangkau, Anda sudah bisa menggunakan fitur yang lengkap. 

Travel juga tak perlu memikirkan pengembangan sistem, karena biasanya biaya pengembangan sudah include dengan harga yang ditawarkan provider tanpa perlu tambahan biaya lagi. Lebih menguntungkan, bukan?

Teliti Sebelum Membeli Sistem Digital Travel

Bila Anda masih bingung ingin menggunakan sistem travel yang mana, kami berikan tips agar Anda dapat menentukan sistem yang tepat untuk bisnis travel Anda.

  • Ketersediaan demo/trial. Carilah software digital travel umrah yang menyediakan sistem demo untuk memeriksa isi software tersebut, atau penawaran akun trial, sehingga Anda dapat mencoba sistem tersebut apakah sesuai dengan yang Anda harapkan.
  • Kelengkapan fitur. Anda bisa membandingkan beberapa sistem digital sejenis, sehingga Anda bisa menentukan mana sistem yang menawarkan fitur yang paling lengkap.
  • Integrasi sistem. Selain lengkap, sebaiknya pilih sistem digital travel yang sudah terintegrasi antar sistemnya. Contohnya, sistem administrasi sudah terintegrasi dengan pembayaran, sehingga memudahkan penelusuran data pembayaran transaksi. Sistem inventory yang terhubung dengan sistem administrasi dan keuangan, sehingga dapat mengupdate kelengkapan di data transaksi, serta pembelian & pengurangan stock kelengkapan yang diserahkan ke jamaah tercatat di laporan keuangan.
  • Harga yang sesuai. Pertimbangan soal harga memang penting, karena berkaitan dengan dana yang akan dikeluarkan untuk menikmati fitur yang ada di sistem digital yang telah dipilih. Bijaklah untuk memilih, jangan hanya tergiur harga murah namun mengabaikan kualitas.

 

Itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin membeli atau berlangganan sistem digital travel. Dengan menggandeng teknologi, Anda sudah selangkah lebih maju dalam pengelolaan travel umrah sehingga bisa memenangkan persaingan di era digital sekarang ini.

Teknologi bukan halangan bagi Anda yang menjalankan bisnis travel. Jika digunakan dengan baik, teknologi adalah jalan pintas untuk meraih kesuksesan yang lebih besar bagi bisnis Anda. Adaptasi atau mati. Jangan sampai terlambat untuk transformasi digital travel umrah dengan memilih sistem digital travel terlengkap untuk travel Anda!

Kategori : Teknologi
Tags :
teknologi adaptasi digitalisasi software digital travel
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap teknologi adaptasi digitalisasi software digital travel

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, teknologi, adaptasi, digitalisasi, software digital travel

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami