6 Langkah Mengelola SDM untuk Meningkatkan Jumlah Jamaah - Jika Anda mau meningkatkan jumlah jamaah umrah, Anda harus tahu faktor-faktor yang dapat membuat jamaah Anda tertarik untuk mendaftar umrah di tempat Anda. Salah satunya adalah sumber daya manusia atau karyawan yang bekerja di perusahaan Anda.Seperti yang kita tahu, di bisnis jasa, karyawan adalah salah satu asset berharga yang bisa mempengaruhi secara langsung kinerja bisnis Anda. Service yang baik dari karyawan Anda kepada konsumen ialah kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari pelayanan jasa Anda.Tidak mungkin pelanggan akan menjadi pelanggan setia jika ia tidak diberikan pelayanan dengan baik. Mereka akan berpikir dua kali jika ingin kembali melakukan repeat order atau merekomendasikan perusahaan Anda kepada rekannya, bila pelayanan dari customer service biro travel umrah Anda mengecewakan.Baca Juga : 7 Tips Merekrut dan Membina Karyawan Biro Travel Umrah Lalu, bagaimana agar jamaah Anda semakin meningkat dengan memaksimalkan potensi sumber daya manusia yang Anda miliki? Temukan solusinya dalam artikel 6 Langkah mengelola SDM untuk meningkatkan jumlah jamaah umrah Anda berikut ini.
Perbaiki Hubungan Anda dengan Karyawan
Cara paling awal untuk membuat tim Anda lebih maksimal kinerjanya adalah dari diri Anda sendiri harus berusaha untuk memperbaiki hubungan dengan tim Anda. Perlakukan karyawan Anda dengan baik, jangan cuma menekanmenuntut karyawan untuk bekerja keras saja, namun berikanlah peluang mereka untuk menunjukkan karya mereka yang terbaik.Anda bisa mulai dengan cara menyapa karyawan Anda dengan ramah setiap kali berpapasan. Menanyakan kabar mereka, keluarganya. Bila Anda memiliki waktu, sempatkan untuk menjadwalkan rapat atau pertemuan di luar jam kerja untuk membangun chemistry dengan tim Anda.Baca Juga: Keuntungan Menjalankan Bisnis Travel Umrah dengan Misi Sosial Hubungan yang baik atau silaturahim yang terjalin dengan karyawan Anda bisa membuka pintu rezeki Anda. Itu berarti, usaha Anda juga akan mengalami kemajuan, atas izin Allah.
Berikan Training Kepada Karyawan Secara Berkala
Memberikan pelatihan kepada karyawan baru memang sudah menjadi kewajiban bagi Anda. Namun, memberikan pelatihan lanjutan juga penting untuk dilakukan. Hal ini terkait dengan perkembangan zaman dan teknologi, sehingga mau tidak mau Anda harus kembali memberikan training kepada karyawan Anda supaya tidak ketinggalan zaman.Baca Juga : 5 Pertimbangan untuk Memilih Software Travel UmrahApalagi bila Anda menggunakan teknologi terbaru, misalnya software khusus travel umrah, Anda bisa mendelegasikan tim Anda untuk mendalami penggunaannya, sehingga Anda bisa melayani lebih banyak pelanggan dengan lebih baik.
Upgrade Kemampuan Karyawan Anda
Selain memberikan pelatihan, Anda dapat juga mengupgrade kemampuan karyawanAnda dengan cara menyuruh mereka mengikuti seminar, pelatihan, workshop, mengikuti kelas-kelas tertentu yang berkaitan dengan bidang yang mereka kerjakan.Anda dapat membiayai mereka untuk mengikuti pelatihan tersebut agar kompetensi mereka semakin bagus. Mengelola asset yang sudah ada merupakan investasi jangka panjang, agar Anda dapat menghemat banyak anggaran daripada harus merekrut karyawan baru yang minim pengalaman.
Agendakan Outbond dan Refreshing Bersama
Selain training yang bersifat formal, Anda juga dapat mengadakan outbond atau acara refreshing yang sifatnya lebih santai. Akan tetapi, dalam outbond tersebut juga diselipkan dengan peningkatan skill karyawan, terutama dalam hal intrapersonal.Hal ini cukup efektif agar tim Anda tidak mengalami kejenuhan ketika bekerja, sehingga mereka tetap dapat melayani pelanggan secara prima, selalu ramah kepada jamaah dan juga bisa mengeluarkan ide-ide kreatfitas mereka yang baru.
Pantau Pekerjaan Karyawan Anda dengan Aplikasi Khusus
Anda dapat memaksimalkan potensi karyawan Anda dengan selalu memantau pekerjaan mereka lewat aplikasi khusus. Saat ini banyak yang bisa digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang berbasis cloud, sehingga pekerjaan karyawan Anda dapat Anda kontrol di mana saja asal ada jaringan internet.Yang paling mudah ialah dengan membuat workseet untuk laporan progres rencana pekerjaan, pekerjaan yang sedang berlangsung dan pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan. Hal ini akan meminimalisir karyawan yang suka magabu alias makan gaji buta.Baca Juga : Kapan Bisnis Travel Umrah Anda Membutuhkan Software KhususSelain menghemat waktu, cara kerja dengan workspace online ini juga dapat meningkatkan hubungan karyawan dengan calon jamaah, sehingga kesempatan untuk mendapatkan pelanggan pun semakin terbuka luas. Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi khusus travel umrah agar perusahaan Anda semakin efisien.
Berikan Insentif atau Challenge dengan Reward Menarik
Adakalanya, memberikan insentif kepada karyawan bisa meningkatkan pula kinerja karyawan. Mereka akan merasa beruntung berada di perusahaan Anda, hasil karya mereka dihargai dan merasa dibutuhkan. Hal ini bisa meningkatkan pelayanan mereka kepada jamaah, yang artinya, kepuasan jamaah juga akan meningkat berkat pelayanan karyawan Anda.Anda bisa pula memberikan kejutan reward yang tidak disangka-sangka, contohnya ketika karyawan Anda memiliki momongan baru, atau pindah ke rumah baru, Anda bisa memberikan perhatian berupa kejutan hadiah yang layak untuk mereka.Baca Juga : Terlengkap di Dunia, Mengenal Lebih Dekat Fitur ErahajjSelain insentif, Anda bisa mencoba cara lainnya yaitu memberikan challenge atau tantangan kepada karyawan. Misal di bidang marketing, Anda bisa membuat perlombaan penjualan terbanyak selama periode tertentu. Pemenangnya berhak atas reward menarik yang dapat Anda tentukan sendiri.Nah, itulah cara-cara mengelola SDM agar jumlah pelanggan Anda semakin meningkat. Jangan lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar usaha Anda bisa menemukan karyawan yang berkompeten, bertanggung jawab, dan bisa dipercaya.