Setiap bisnis tentunya ingin berkembang seiring waktu. Begitu pula dengan bisnis travel umrah. Perlu adanya usaha untuk memperbaiki kualitas produknya bagi jamaah, agar dapat memberikan pelayanan ibadah umrah yang optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi untuk meraih kepuasan jamaah, salah satunya ialah menggunakan manajemen kualitas.
Manajemen kualitas merupakan strategi untuk memperbaiki kualitas produk atau layanan, agar produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan lebih terjaga kualitasnya. Selain itu, manajemen kualitas ditujukan untuk menghindari kesalahan pada produk & layanan yang diberikan kepada pelanggan.
Travel umrah memiliki layanan seputar pemberangkatan umrah & haji. Selain itu, ada pula lini penyediaan produk kelengkapan, jasa pengurusan dokumen, penjualan oleh-oleh umrah & haji, penjualan tiket, serta layanan lain contohnya halal trip. Dengan demikian, banyak hal yang harus betul-betul dijaga kualitasnya, supaya image yang terbentuk dapat membuat jamaah percaya kepada travel.
Raih Kepercayaan Pelanggan, Bisa Meningkatkan Penjualan
Seperti yang diketahui, bisnis jasa travel umrah mengedepankan kepercayaan jamaah yang menggunakan jasa perusahaannya. Tidak jarang, travel memperoleh rekomendasi jamaah baru lewat getok tular para jamaahnya yang merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan travel saat mereka berumrah melalui travel tersebut.
Kekuatan rekomendasi atas dasar kepercayaan jamaah tersebut menjadi modal dasar bagi travel untuk memperbaiki kualitas layanannya. Hal ini dapat dilakukan apabila perusahaan memiliki sistem khusus untuk follow up pelanggan lama, serta sistem untuk manaemen pelanggan baru. Dalam dunia bisnis, hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan fitur Customer Relationship Management (CRM).
Kuncinya ialah pada data yang dikumpulkan oleh perusahaan. Travel umrah dapat mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan oleh perusahaan kepada jamaah yang telah berangkat umrah. Melalui hasil kuesioner tersebut, travel dapat menentukan bagaimana cara meningkatkan kualitas layanannya.
Contohnya saja, pelanggan diberi pertanyaan mengenai bagaimana kinerja pembimbing umrah selama di tanah suci. Bisa juga pertanyaan seputar konsumsi yang diberikan, serta pelayanan secara keseluruhan dari pertama berangkat hingga kepulangan.
Suara konsumen tersebut merupakan saran berharga bagi perusahaan agar manajemen kualitas travel bisa dijalankan secara optimal. Kemudian, bagaimana supaya manajemen kualitas ini dapat diimplementasikan pada bisnis travel umrah?
Penggunaan Sistem Digital Travel Umrah untuk Mendukung Manajemen Kualitas Perusahaan
Sistem digital travel umrah adalah solusi bagi travel yang ingin manajemen kualitas perusahaannya bisa diterapkan dengan optimal. Penggunaan sistem digital travel dapat membantu proses manajemen travel, sehingga kualitas pelayanannya bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu.
Travel umrah yang masih mempertahankan sistem manual dalam operasional travelnya, pasti akan jauh tertinggal dari kompetitornya yang telah beralih ke sistem digital. Bagaimana tidak, perumpamaannya travel konvensional masih berjalan kaki atau naik sepeda, sedangkan travel lainnya sudah melesat menggunakan jet, memanfaatkan teknologi terbaru dengan menggunakan software travel umrah yang lengkap & terintegrasi.
Pastinya, kualitasnya jauh berbeda. Karena, travel yang telah menggunakan software digital bisa menyederhanakan rutinitas bisnisnya, sehingga sebuah pekerjaan yang biasanya bisa ditangani oleh 2-3 orang, kini dapat dikerjakan oleh 1 orang saja. Pekerjaan yang biasanya butuh diselesaikan berhari-hari, kini bisa diselesaikan 1-2 jam saja. Hal ini disebabkan sistem digital travel yang mumpuni dapat mengotomatisasi beragam aktivitas berulang yang ada di travel.
Inilah inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis travel umrah supaya dapat meningkatkan kualitas travelnya. Apalagi bila sistem digital travel umrah yang mereka gunakan mempunyai fitur yang lengkap & terintegrasi, sehingga satu sistem saja sudah mencakup seluruh kebutuhan travel dari hulu ke hilir.
Kaitannya dengan manajemen kualitas, sistem digital travel yang memiliki fitur CRM bisa digunakan untuk mempraktekkan strategi manajemen kualitas supaya pelanggan makin puas dengan layanan dari travel umrah tersebut.
Kualitas Terjaga, Pelanggan Makin Loyal
Nah, ketika travel umrah sudah melakukan manajemen kualitas layanannya dengan maksimal, maka tinggal tunggu waktu untuk meraih hasilnya. Sebagai pemilik bisnis travel, pastinya akan terus mencari cara agar bisnisnya tetap eksis. Salah satunya adalah dengan mempunyai pelanggan yang loyal.
Masyarakat kini tak hanya berumrah sekali, namun bisa berkali-kali. Bahkan sudah menjadi agenda tahunan bagi yang mampu melaksanakan. Belum lagi jika mereka dapat membawa jamaah lain, contohnya pemilik perusahaan yang rutin memberangkatkan umrah karyawannya. Pelanggan seperti inilah yang perlu mendapatkan perhatian agar bisa dimaksimalkan follow up-nya.
Jadi, sudahkah bisnis travel Anda menggunakan sistem digital travel untuk meningkatkan manajemen kualitas bisnis Anda? Jangan sampai salah pilih ya, pilihlah software travel umrah terlengkap dan terintegrasi untuk memaksimalkan bisnis travel umrah Anda!