xit.png

Belakangan ini, platform digital untuk ibadah umrah dari Saudi, Nusuk, gencar memberikan informasi tentang mudahnya umrah mandiri dengan bermodalkan mendaftar di aplikasi mereka. Hal ini menimbulkan polemik, karena Indonesia memiliki regulasi tersendiri terkait pemberangkatan jemaah umrah.

Gempuran digitalisasi ibadah umrah dan haji adalah tantangan tersendiri bagi pebisnis umrah & haji di Indonesia. Masalahnya, masih banyak bisnis travel dan umrah yang dijalankan dengan sistem konvensional dan serba manual. Padahal, sekarang ini pesaing mereka telah beralih ke sistem digital.

Penggunaan sistem digital dapat mengotomatisasi banyak hal pada pengelolaan travel umrah. Hal ini membuat ketar-ketir pebisnis yang masih enggan menggunakan sistem digital. Beragam alasannya, ada yang masih nyaman dengan sistem konvensional. Toh, dengan cara lama saja perusahaan masih berjalan dengan baik.

Ada pula yang tidak siap karena belum ada orang yang bisa mengoperasikan sistem digital, sehingga owner hanya bisa pasrah dengan keinginan tim-nya. Studi kasus yang penulis ketahui, di bisnis travel ada owner yang masih menuruti kehendak timnya yang enggan beradaptasi dengan era digital. Sehingga, owner yang sebenarnya mau & mampu membayar sistem digital untuk mendukung manajemen travelnya tidak jadi memakai software karena SDM-nya tak mampu mengoperasikan.

Padahal, saat ini ada banyak software khusus manajemen travel umrah yang yang cukup bagus, dengan dukungan pasca penjualan yang baik pula. Jadi, setelah membeli atau berlangganan sistem, travel tidak akan dibiarkan begitu saja, akan tetapi ada proses implementasi dan juga proses belajar software secara berkelanjutan baik secara online atau offline.

Keuntungan dari Penggunaan Sistem Digital Travel Umrah

Sistem digital travel terintegrasi dapat memudahkan para pebisnis travel, sehingga aktivitas operasional travel yang berulang dapat diotomatisasi supaya lebih efisien dalam menjalankan bisnisnya. Semakin efisien, maka biaya operasional travel makin berkurang. Dari segi biaya, tentunya dapat menekan pengeluaran operasional kantor.

Keuntungan lainnya adalah semakin lengkap sistem digital travel yang digunakan, maka travel tidak perlu membeli banyak software terpisah yang dapat membuat proses bisnis memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, pastikan travel memakai sistem digital travel yang lengkap & terintegrasi supaya lebih maksimal dalam pengelolaan bisnisnya.

Selain itu, pastikan pula sistem digital yang dipilih adalah yang berkelanjutan pengembangannya. Jangan sampai memilih sistem yang murah, ternyata banyak masalah yang ditimbulkan. Data jemaah & seluruh catatan transaksi bisnis hingga laporan keuangan, merupakan aset berharga perusahaan. Jangan sampai mengorbankan hal penting dengan memilih software abal-abal yang tidak terpercaya.

Tips Memilih Sistem Digital Travel Umrah

Sebelum mengambil keputusan akan menggunakan sistem digital yang dijual di pasaran, Anda perlu melakukan riset supaya tidak salah pilih. Mendapat rekomendasi dari asosiasi, maupun rekan travel lainnya yang telah menggunakan sistem digital bisa menjadi pertimbangan serius.

Owner perlu melakukan perbandingan, mana saja sistem digital travel yang terpercaya. Bisa dilihat dari jumlah klien yang talah menggunakan, atau dari testimoni penggunanya. Hal lain yang dapat dipertimbangkan adalah apakah sistem tersebut menawarkan trial, supaya travel bisa mencoba secara langsung & mengetahui bagaimana sistem tersebut dapat membantu mereka.

Selain itu, harga bisa menjadi pertimbangan. Jika sistem yang akan Anda beli menawarkan harga yang terlalu murah, maka Anda harus perhatikan apa saja fitur yang mereka sediakan. Jangan sampai Anda keluar banyak biaya setelahnya, karena ada biaya yang tersembunyi. Namun, jangan pula tertipu dengan harga mahal, namun kualitasnya jauh dari yang diharapkan.

Untuk itu, travel harus jeli dalam memilih. Upayakan memilih sistem digital travel umrah yang memberikan harga sesuai dengan fitur yang mereka sediakan. Bagi travel yang mengedepankan kemajuan, tentu jika fiturnya sudah sesuai dengan yang diharapkan, harga bukan masalah besar. Berinvestasi untuk kemajuan bisnis, mengapa tidak?

Jadi, Pentingkah Transformasi ke Sistem Digital Travel Umrah?

Ya, amat sangat penting. Mengingat di era digital seperti sekarang ini, travel sudah berlomba menggunakan sistem yang dirancang khusus untuk manajemen travel umrah. Bukan hanya memakai website biasa, namun juga dapat digunakan untuk transaksi penjualan, menangani pembayaran, mengelola inventory, manajemen agen dan komisi, hingga laporan keuangan.

Sayang sekali jika travel terlambat untuk mengimplementasikan sistem digital bagi bisnisnya. Semakin cepat adaptasi digital dilakukan, maka peluang travel untuk menjadi yang terdepan semakin terbuka lebar.

Jangan hanya jadi penonton, segera adaptasi ke sistem digital supaya perusahaan travel umrah Anda makin berkibar!

Kategori : Artikel
Tags :
sistem digital travel transformasi digital platform digital travel sistem digital travel umrah
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap sistem digital travel transformasi digital platform digital travel sistem digital travel umrah

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, sistem digital travel, transformasi digital, platform digital travel, sistem digital travel umrah

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami