Sosial Media untuk Promosi - Promosi produk dan jasa saat ini lebih mudah dengan menggunakan sosial media. Dengan menggunakan sosial media dan dengan dorongan jangkauan internet yang semakin luas, masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi mengenai bisnis travel umrah Anda.Ada beberapa aplikasi sosial media yang dapat Anda pakai untuk memasarkan produk paket umrah Anda, diantaranya facebook, instagram, twitter, dan youtube. Setiap media sosial memiliki karakteristik yang berbeda-beda, Anda bisa mengatur postingan iklan Anda sesuai dengan karakteristik tersebut.
Apakah Kita Bisa Berjualan di Sosial Media?
Seperti yang sudah kita ketahui, sosial media adalah aplikasi yang bisa menghubungkan kita dengan orang lain baik itu keluarga, kerabat, teman, sesama alumni, rekan kerja, kenalan, dan lainnya. Biasanya, orang membuat sosial media agar bisa berinteraksi dengan teman. Jarang orang yang sengaja ingin membeli sesuatu di media sosial. Jikalau ada, mereka biasanya membeli ke rekan yang mereka kenal, sebatas membeli karena mereka tahu teman mereka menjual produk yang mereka mau.Bahkan, orang-orang di media sosial cenderung enggan melihat iklan. Mereka akan melewati begitu saja iklan yang muncul di newsfeed mereka, kecuali cara beriklan yang digunakan penjual tidak terasa seperti iklan. Hal inilah yang sering disebut dengan iklan terselubung. Nah, sebab orang tidak suka melihat orang berjualan di media sosial, bagaimana bisa kita berpromosi produk kita kepada calon konsumen? Tentunya, kita harus memiliki teknik-teknik beriklan yang baik di sosial media.
Teknik Promosi di Sosial Media
Berpromosi di sosial media sebenarnya mudah. Kita harus cerdas dalam membuat postingan di sosial media, kemudian tingkatkan interaksi kita dengan teman atau followers kita sehinggsupaya mereka bisa terus terhubung dengan kita. Algoritma sosial media umumnya terus berubah, sehingga Anda harus tetap terhubung dengan teman dan followers Anda dengan cara terus berinteraksi dengan mereka melalui like, comment and share.Pertama, kita coba membahas media sosial yang populer digunakan untuk promosi yaitu Facebook. Anda harus membuat sebuah akun facebook, selanjutnya carilah konsumen yang Anda targetkan untuk menjadi pelanggan bisnis travel umrah Anda. Anda bisa membuat postingan facebook berupa tulisan, gambar, dan video untuk mencuri perhatian pengguna facebook yang menjadi teman Anda. Perlu diingat, Anda tidak boleh beriklan terlalu sering. Sebab, jika Anda hanya mengunggah tentang jualan Anda, maka teman Anda akan mudah bosan. Bisa-bisa mereka meng-unfriend akun Anda. Sebisa mungkin, buatlah postingan yang natural. Anda dapat menggunakan gaya bahasa bercerita, misalnya ketika menceritakan bagaimana proses umrah yang biasa dilakukan oleh travel umrah Anda. Gunakan bahasa yang ringan, dengan diselingi iklan soft selling.Baca Juga: Tips Ampun Menaikkan Penjualan Paket Umrah dengan Iklan Soft SellingKedua, Anda bisa menggunakan media sosial instagram untuk media promosi Anda. Anda dapat mengunggah konten berupa gambar dan video yang menarik dan kreatif. Karena di instagram mengedepankan kualitas gambar yang keren, maka usahakan hanya mengunggah gambar yang benar-benar bagus.Buatkan postingan yang mengundang followers untuk aktif memberikan love, dan komen. Anda dapat sewaktu-waktu membuat giveaway, atau menggunakan metode OLOC (one like one comment), untuk meningkatkan performa instagram Anda. Umumnya ada komunitas atau grup yang mewadahi kegiatan OLOC ini.
Tampilkan Testimoni Jamaah
Untuk menambah kepercayaan pelanggan di media sosial, Anda bisa membuat satu album khusus testimoni jamaah yang Anda kumpulkan dari jamaah yang sudah Anda berangkatkan. Anda dapat meminta testimoni tersebut pada jamaah Anda, kemudian Anda bagikan di media sosial Anda sebagai bukti bahwa bisnis Anda tidak abal-abal. Bila menggunakan instagram, Anda bisa membuat akun khusus untuk menampilkan testimoni jamaah Anda, supaya tampilan feeds instagram Anda tetap rapi.
Hindari Hal ini dalam Menggunakan Sosial Media untuk Promosi Bisnis
Dalam berpromosi di media sosial, hendaknya hindari menawarkan dengan iklan yang bombastis atau melebih-lebihkan. Tulislah dengan jujur dan pakailah kata-kata yang sopan serta bernilai. Terlebih jika yang Anda promosikan adalah paket ibadah umrah. Tentunya, materi promosi Anda juga harus sesuai dengan apa yang Anda pasarkan.Baca Juga : SEO Marketing untuk Mendongkrak Penjualan Paket UmrahSeperti yang kita bahas di awal tadi, tujuan berpromosi di sosial media ialah untuk menaikkan popularitas kita di hati konsumen. Jangan berharap langsung closing kala beriklan di sosial media. Tapi arahkan ke corong-corong penjualan yang sudah Anda persiapkan, semisal lewat jalur pribadi whatsapp atau email. Nah, itulah cara memanfaatkan media sosial untuk promosi bisnis travel umrah Anda. Bila Anda ingin lebih efisien dalam mengelola travel umrah Anda, silahkan mencoba software khusus travel umrah yang lengkap dan efisien dari Erahajj. Percayalah, Anda akan lebih mudah dalam memanajemen perusahaan biro travel umrah Anda.