Penerimaan barang perlengkapan seperti koper, buku manasik, mukena, pakaian seragam dan sebagainya untuk jamaah dari travel merupakan salah satu pelayanan yang rutin dilakukan di travel umrah. Aktivitas ini terbilang penting, karena pelanggan harus dipastikan menerima kelengkapan barang penunjang umrah mereka, agar ibadah mereka lancar di tanah suci. Travel harus melayani dengan cermat apa saja kebutuhan jamaah, sehingga jamaah menerima haknya sesuai dengan yang dibutuhkan serta sesuai dengan paket umrah yang mereka pesan.
Masalahnya, penerimaan barang ini bisa menjadi membingungkan apabila tim Anda tak mempunyai kontrol untuk mengecek apakah customer telah menerima barang yang sesuai dan seharusnya mereka terima atau belum. Bisa jadi, jamaah mendapatkan barang yang kurang sesuai, menerima barang yang seharusnya tidak mereka terima, atau justru belum menerima barang yang seharusnya diterima karena stoknya tidak ada.
Ketika perusahaan Anda masih menggunakan cara manual, tentunya akan menyulitkan admin untuk memantau penerimaan kelengkapan, karena harus mengkonfirmasi satu per satu ke pelanggan maupun ke bagian gudang. Prosesnya juga akan jadi panjang dan rumit, bila pencatatan penerimaan ini tidak langsung terintegrasi dengan data jamaah dan data gudang.
Oleh karena itu, Erahajj menghadirkan update sistem terbaru, di mana Anda bisa melakukan pencatatan penerimaan barang sesuai dengan kondisinya. Adakalanya, customer tidak berhak menerima sebuah barang karena disesuaikan dengan fasilitas paket umrah yang mereka beli. Maka, Anda bisa mencatatkan penerimaan barang kelengkapan dengan label “Tidak Menerima” pada data penerimaan barang.
Di fitur sebelumnya, label “Tidak Menerima” ini belum disediakan. Kini, Anda bisa menambahkan label tersebut pada keterangan penerimaan barang sehingga data yang Anda masukkan bisa dicatatkan secara akurat sesuai dengan kondisi masing-masing pelanggan.
Anda dapat mengubah data penerimaan kelengkapan pada menu Manajemen Administrasi > Manajemen Transaksi > Paket Umrah > Data Transaksi.
Pada data transaksi yang ingin diubah, klik menu Opsi > Detail Transaksi > Tab Penerimaan Kelengkapan > Status Penerimaan > Tidak Menerima. Sesuaikan data penerimaan seperti tanggal penerimaan dan tambahkan catatan jika diperlukan, lalu klik Simpan Data.
Selain dapat mengatur data kelengkapan, Anda juga dapat mencetak bukti penerimaan atau mengunduh bukti penerimaan dalam bentuk file PDF. Hal ini membantu Anda untuk menyerahkan tanda terima kepada jamaah baik dalam bentuk cetak maupun digital. Anda juga bisa mendownload data penerimaan kelengkapan dalam satu kelompok dengan format file Excel. Praktis, bukan?
Anda dapat mempelajari fitur ini selengkapnya melalui panduan yang sudah kami sediakan pada tautan berikut ini :
Demikian update fitur dari Erahajj. Jika Anda ingin berlangganan fitur Erahajj secara keseluruhan, silakan hubungi kami untuk mengaktifkan paket softwarenya! Semoga artikel ini bermanfaat.