Penerimaan barang kelengkapan seperti koper, buku manasik, mukena, pakaian seragam dan lain-lain untuk jamaah dari travel merupakan salah satu pelayanan yang selalu dilakukan di travel umrah. Aktivitas ini terbilang cukup penting, karena pelanggan harus dipastikan menerima kelengkapan barang penunjang ibadah umrah mereka, demi kelancaran ibadah di tanah suci. Travel idealnya melayani dengan cermat apa saja kebutuhan jamaah, sehingga jamaah bisa menerima haknya sesuai dengan yang dibutuhkan serta sesuai dengan paket umrah yang mereka pesan.
Masalahnya, penerimaan kelengkapan ini dapat menjadi rumit apabila tim Anda tak mempunyai kontrol untuk mengecek apakah customer sudah menerima barang yang sesuai dan seharusnya mereka terima atau belum. Bisa jadi, jamaah menerima barang yang kurang sesuai, menerima barang yang seharusnya tidak mereka terima, atau justru belum menerima barang yang seharusnya diterima karena persediaannya tidak ada.
Ketika perusahaan Anda masih menggunakan cara manual, tentunya akan menyulitkan admin untuk mengecek penerimaan barang, karena harus konfirmasi satu per satu ke jamaah maupun ke bagian gudang. Prosesnya juga akan jadi panjang dan rumit, bila pencatatan penerimaan ini tidak langsung terintegrasi dengan data jamaah dan data inventory.
Oleh karena itu, Erahajj menghadirkan update sistem terbaru, di mana tim Anda dapat melakukan pencatatan penerimaan barang sesuai dengan kondisinya. Adakalanya, jamaah tidak berhak menerima barang karena disesuaikan dengan fasilitas paket umrah yang mereka beli. Maka, Anda dapat mencatatkan penerimaan barang dengan label “Tidak Menerima” pada data penerimaan barang.
Di fitur sebelumnya, label “Tidak Menerima” ini belum disediakan. Kini, Anda dapat menambahkan label tersebut pada kolom keterangan penerimaan barang sehingga data yang Anda input bisa dicatatkan secara tepat sesuai dengan kondisi masing-masing jamaah.
Anda dapat mengubah data penerimaan barang pada menu Manajemen Administrasi > Manajemen Transaksi > Paket Umrah > Data Transaksi.
Pada data transaksi yang ingin diubah, klik menu Opsi > Detail Transaksi > Tab Penerimaan Kelengkapan > Status Penerimaan > Tidak Menerima. Sesuaikan data penerimaan seperti tanggal penerimaan dan tambahkan catatan jika diperlukan, kemudian klik Simpan Data.
Selain bisa mengatur data kelengkapan, Anda juga bisa mencetak bukti penerimaan atau mengunduh bukti penerimaan dalam bentuk file PDF. Hal ini memudahkan Anda untuk menyerahkan tanda terima kepada pelanggan baik dalam bentuk cetak maupun digital. Anda juga dapat mendownload data penerimaan kelengkapan dalam satu kelompok dengan format file Excel. Praktis, bukan?
Anda dapat menyimak fitur ini selengkapnya melalui panduan yang telah kami sediakan pada link berikut ini :
Demikian update fitur dari Erahajj. Jika Anda mau memakai fitur Erahajj secara keseluruhan, segera hubungi kami untuk mengaktifkan paket softwarenya! Semoga artikel ini bermanfaat.