admin.xit.erahajj.co.id_master-transaksi_paket-umrah_komisi-keagenan.png


Komisi merupakan salah satu faktor utama dalam menjalankan travel umrah. Biasanya, komisi dibagikan kepada operator, agen, sales dan jamaah untuk reward mereka ketika mendaftarkan jamaah baru. Penentuan nominal komisi, serta perhitungannya harus dilakukan dengan cermat agar tak menimbulkan masalah. 

Masalahnya, kerap kali terjadi kekeliruan dalam perhitungan komisi penjualan paket umrah. Bayangkan apabila transaksi di travel umrah Anda mencapai ratusan, sedangkan Anda mempunyai sistem keagenan yang bertingkat, di mana setiap levelnya mendapatkan komisi tertentu. Pastinya untuk pembagian komisi semacam ini Anda membutuhkan pengaturan khusus. Jika tidak, akan terjadi kekeliruan perhitungan komisi yang akibatnya data keuangan Anda pun menjadi tidak akurat.

Oleh karena itu, perlu sistem untuk mengatur jumlah komisi baik berupa uang maupun poin reward, sehingga komisi bisa ditentukan sesuai dengan kebijakan travel Anda. Erahajj adalah sistem digital untuk travel umrah yang bisa membantu Anda menghitung komisi secara otomatis, sesuai dengan pengaturan yang Anda lakukan di awal. Selain itu, Erahajj membantu Anda untuk merekap data komisi secara otomatis pada transaksi, lengkap dengan pembayaran komisi secara massal serta laporan komisi yang transparan.

Berikut ini akan kami sajikan beberapa sistem komisi yang dapat Anda atur dalam sistem Erahajj. Simak artikelnya sampai selesai, ya!


Mengatur Komisi Operator


Jika Anda menghendaki pembagian komisi untuk operator atas transaksi paket yang dilakukan oleh operator/karyawan Anda, maka Anda dapat mengatur nominal komisinya di sistem Erahajj pada menu Manajemen Administrasi > Manajemen Paket > Paket Umrah > Komisi Operator.

Anda bisa menambahkan data untuk mengatur jenis komisi (reguler atau pelunasan), hirarki pemesan, nominal komisi, poin reward, dan beberapa pengaturan lain yang bisa Anda sesuaikan dengan kebijakan travel Anda.

Anda bisa mempelajari cara mengatur komisi secara detail pada panduan yang ada pada link berikut ini : 

https://wiki.erahajj.co.id/detail-materi/administrasi/manajemen-paket/1014/cara-mengatur-komisi-operator


Mengatur Komisi Keagenan


Selain operator, komisi umumnya diberikan kepada agen yang bertugas memasarkan paket umrah yang dijual di travel Anda. Jika Anda mempunyai struktur keagenan tertentu, baik itu satu tingkat, dua tingkat, tiga tingkat, dan seterusnya, maka Anda bisa mengatur komisinya di sistem travel Anda di menu Manajemen Administrasi > Manajemen Paket > Paket Umrah > Komisi Keanggotaan.

Di sini, Anda dapat mengatur dengan rinci siapa pemesan paket, kemudian tingkatan atau hirarki agen, nominal komisi untuk masing-masing agen, poin reward, serta beberapa pengaturan lainnya. Pengaturan ini perlu Anda isi dengan cermat, supaya komisi yang masuk ke agen Anda sesuai dengan kebijakan perusahaan Anda. Bisa jadi, dalam satu transaksi ada beberapa orang yang memperoleh komisi keagenan, sesuai dengan tingkatan yang ada dalam travel Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara mengatur komisi keagenan ini, Anda dapat mebaca panduan yang ada pada tautan berikut ini : 

https://wiki.erahajj.co.id/detail-materi/administrasi/manajemen-paket/1004/cara-mengatur-komisi-keanggotaan


Mengatur Komisi Sales


Di perusahaan travel umrah, biasanya ada juga karyawan bagian penjualan (sales) yang bertugas untuk menjual paket. Bedanya dengan agen, biasanya sales ini adalah karyawan tetap yang terikat dengan perusahaan sedangkan agen terpisah manajemennya dengan perusahaan atau pihak eksternal perusahaan.

Nah, apabila Anda hendak mengatur komisi penjualan paket umrah untuk sales, maka Anda dapat masuk di sistem travel Anda pada menu Manajemen Administrasi > Manajemen Paket > Paket Umrah > Komisi Sales.

Anda dapat mengatur detail komisi untuk sales, sesuai dengan tingkatan yang ada pada tim marketing perusahaan travel Anda. Anda dapat pula mengatur komisi sesuai dengan pencapaian sales pada fitur jenis komisi flat atau progresif. 

Untuk komisi progresif, memungkinkan Anda mengatur komisi sesuai dengan tingkat penjualan sales Anda, misal untuk penjualan 1-10 paket mendapatkan komisi Rp1.000.000,- sedangkan penjualan 11-30 paket memperoleh komisi Rp1.500.000,-. Dengan begitu, tim marketing Anda lebih termotivasi untuk menjual lebih banyak paket.

Agar lebih memahami lagi cara mengatur komisi sales, Anda bisa membaca panduannya pada link di bawah ini : 

https://wiki.erahajj.co.id/detail-materi/administrasi/manajemen-paket/1005/cara-mengatur-komisi-sales


Mengatur Komisi Referensi


Jenis komisi yang terakhir yakni Komisi Referensi. Komisi ini biasanya diberikan sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada jamaah yang merekomendasikan paket umrah kepada jamaah lain. Apabila jamaah aktif memberi rekomendasi orang untuk membeli paket umrah, maka semakin besar pula peluang untuk mendapat komisi referensi ini. 

Selain jamaah, komisi referensi juga bisa diberikan kepada operator maupun agen yang terdaftar di sistem travel Anda. Komisi dapat berupa uang maupun poin reward yang dapat diakumulasi untuk ditukar dengan hadiah berupa barang atau hadiah lainnya.

Anda bisa mengatur nominal komisi serta pengaturan lainnya pada sistem travel Anda pada menu Manajemen Administrasi > Manajemen Paket > Paket Umrah > Komisi Referensi.

Anda dapat mempelajari cara mengatur komisi referensi pada panduan yang telah kami tuliskan pada tautan berikut ini:

https://wiki.erahajj.co.id/detail-materi/administrasi/manajemen-paket/1006/cara-mengatur-komisi-referensi


Perlu diperhatikan, pengaturan di sistem komisi ini akan memberikan pengaruh pada data komisi pada setiap transaksi paket di travel umrah Anda. Jika Anda memiliki ketentuan jumlah komisi yang berbeda-beda pada setiap paket, Anda dapat melakukan penyesuaian (override) pada masing-masing paket. 

Anda dapat mempelajari cara override komisi paket pada panduan berikut ini :

https://wiki.erahajj.co.id/detail-materi/administrasi/manajemen-paket/1013/cara-mengatur-override-komisi-pada-paket


Demikian penjabaran tentang pengaturan komisi operator, keagenan, sales, dan referensi yang bisa Anda terapkan pada sistem Erahajj untuk travel Anda. Semoga dengan pengaturan komisi yang tepat bisa membantu masalah pembagian komisi yang ada pada travel Anda, sehingga data keuangan Anda bisa tertata lebih rapi lagi.


Hubungi kami jika Anda hendak menggunakan sistem Erahajj untuk travel umrah Anda.

Kategori : Pengenalan Fitur
Tags :
komisi agen komisi keagenan pengaturan komisi hierarki komisi
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap komisi agen komisi keagenan pengaturan komisi hierarki komisi

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, komisi agen, komisi keagenan, pengaturan komisi, hierarki komisi

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami