Sebagai pelanggan, memahami tugas tour leader  wisata menjadi penting karena apa yang dikerjakan oleh seorang tour leader  bisa mempengaruhi kesuksesan ibadah umroh Anda. Sebelum kita bahas tentang tugas tour leader  wisata, ada baiknya kita bahas dulu mengenai apa sih tour leader itu? lalu apa perbedaanya dengan tour guide yang selama ini kita ketahui juga banyak membantu perjalanan umroh kita.

Definisi Tour Leader

Tour leader atau pemimpin perjalanan, sering kita sebut dengan ketua rombongan. Tour leader  yaitu seseorang yang bertanggung jawab sebagai pemimpin rombongan dalam suatu perjalanan. Jika ada sesuatu yang terjadi dengan rombongan tersebut, maka tour leader lah yang bertanggung jawab untuk mengurusnya. Bisa dikatakan, peran dan tanggung jawab seorang tour leader  cukup berat. Apalagi yang dipimpin adalah sebuah  rombongan wisata, maka kewajibannya bertambah lagi. Memastikan ibadahnya lancar dan pulang dengan predikat mabrur adalah salah satu tugas yang diemban tour leader  umroh.

Perbedaan Tour Leader dan Tour Guide

Masih banyak yang berpendapat bahwa seorang tour leader sama dengan tour guide. Sedangkan, ada perbedaan dari keduanya. Coba perhatikan tabel berikut ini:tugas tour leader umroh

Jadi, sudah jelas ya, tour guide dan tour leader itu dua profesi yang berbeda. Anda bisa bertanya langsung pada biro travel umroh Anda, apakah Anda mendapatkan fasilitas tour leader dalam rombongan jamaah umroh Anda.

3 Tugas Tour Leader Wisata

Nah, sekarang kita coba bahas satu persatu tugas dari seorang tour leader dalam perjalanan wisata.

Memastikan Semua Dokumen dan Barang Bawaan pelanggan Aman

Tugas pokok yang pertama ialah memastikan semua dokumen client aman dan sudah dibawa oleh jamaah. Tour leader wajib teliti, memastikan satu persatu dokumen jamaah yang dibutuhkan. Jangan sampai tertinggal, karena bisa mengakibatkan terhambatnya perjalanan wisata Anda. Sebaiknya, paspor dan visa dibawa di tas kecil, sehingga bisa Anda pergunakan sewaktu-waktu. Untuk dokumen lain, ada tour leader yang mengumpulkannya untuk memudahkan sewaktu diperlukan.

Kemudian, barang bawaan client seperti tas, koper, dan sebagainya juga harus dipastikan keamanannya. Mulai dari berangkat hingga kepulangan, tour leader perlu senantiasa mengecek hal itu. Namun, untuk barang bawaan sendiri juga menjadi tanggung jawab masing-masing pelanggan. Jika pelanggan tidak sengaja meninggalkan suatu barang bawaan, maka tugas tour leader  yaitu membantu agar barang tersebut kembali ke tangan jamaah. Jika karena kelalaian pelanggan barang tersebut hilang, maka tour leader tidak berkewajiban menggantinya. Hal ini termasuk barang-barang yang terlarang dibawa akan tetapi oleh pelanggan tetap dibawa. Resiko ditanggung oleh jamaah, melainkan tour leader hanya bertugas mengawasinya supaya tidak terjegal saat pemeriksaan.

Mengontrol Jamaah dan Mengecek Statusnya dalam Rombongan

Jamaah umroh pastinya berasal dari banyak latar belakang usia dan kesehatan. Seorang ketua rombongan hendaknya selalu memastikan bahwa jamaah dalam keadaan yang prima saat beribadah umroh. Tour leader mengkondisikan agar pelanggan mengikuti prosedur yang benar selama perjalanan, tidak ketinggalan destinasi wisata, dan tidak ketinggalan rombongan. Jangan sampai ada jamaah yang terpisah dari rombongan ya! Jika Anda ingin ke toilet, bertemu dengan relasi (urusaan pribadi), atau berbelanja, yang membuat Anda harus memisahkan diri dari rombongan, pastikan Anda meminta izin tour leader sehingga status keberadaan Anda bisa dikonfirmasi.

Memastikan Jamaah dalam Keadaan Sehat dan Siap Beribadah Umroh

Seperti yang sudah kita singgung di poin kedua tadi, jamaah yang mengikuti perjalanan wisata pastinya mempunyai riwayat kesehatan yang berbeda-beda. Ada yang secara fisik sangat prima, ada yang sudah membawa riwayat kesehatan yang kurang baik, ada juga yang tiba-tiba sakit karena kondisi saat perjalanan.

Nah, saat menghadapi jamaah yang mempunyai perlakuan khusus contohnyaa dalam kondisi sakit, maka ketua rombongan wajib cepat menangani jamaah, tanpa mengabaikan jamaah yang lain. Tour leader bertugas membantu pelanggan mendapatkan perawatan kesehatan yang tepat, memastikan jamaah yang membutuhkan pendamping pribadi diurus dengan baik, serta memberikan pertolongan pertama pada jamaah yang jatuh sakit saat wisata. Ternyata, cukup berat bukan, tugas ketua rombongan? Oleh karena itu, Anda sebagai jamaah selain menuntut seorang tour leader untuk memandu Anda, juga harus bisa menyesuaikan diri. Hal ini supaya sama-sama memudahkan, sehingga  ibadah umroh semakin lancar. Jika travel wisata Anda menggunakan sistem aplikasi yang canggih, Anda bisa mengecek, apakah nantinya mendapatkan tour leader yang profesional atau tidak dengan berkomunikasi dengan travel wisata yang Anda pilih. Karena, biro travel wisata yang serius mengelola travel umrohnya, pasti tidak mau mengecewakan jamaah dengan mengambil tour leader yang tidak kompeten di bidangnya.

Kategori : Artikel
Tags :
umroh tour leader
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap umroh tour leader

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, umroh, tour leader

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami