Psikologi Marketing untuk Pemasaran Usaha Travel Umrah

Ditulis pada 13 Oktober 2019, 18:23:54

Menerapkan pendekatan emosional untuk pemasaran bisnis travel umrah kini dapat dilakukan dengan cara menggunakan psikologi marketing. Apa sih, yang dimaksud dengan psikologi marketing itu ?

Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umroh

Memahami Psikologi Marketing

Psikologi marketing adalah pemahaman mengenai berbagai macam motif yang mempengaruhi emosi konsumen dan pasar pada umumnya untuk memberikan pandangan terhadap suatu produk dan jasa yang ditawarkan oleh penjual. Anda dapat memberikan suatu tindakan yang tepat untuk konsuman Anda dengan cara mempelajari hal apa saja yang dapat menyentuh emosi mereka agar membeli produk Anda.Psikologi marketing ini juga bisa digunakan sebagai strategi marketing bisnis travel umrah Anda. Sebagai pebisnis travel umrah, Anda harus menjadi leader dan juga menyiapkan tim yang dapat mendukung strategi pemasaran menggunakan metode psikologi marketing ini.

Konsep Psikologi Marketing

Secara umum, menurut Dr. Robert Cialdini dalam bukunya yang berjudul Influence : The Psychology of Persuation, konsep strategi marketing ialah sebagai berikut:

  • Timbal balik. Dalam hubungan intrapersonal, seseorang akan melakukan hal yang sama dengan apa yang ia terima dari orang lain. Kita biasanya bertindak sesuai dengan perlakuan yang kita peroleh dari orang lain. Layani jamaah dengan baik, maka Anda akan mendapatkan feedback yang baik dari jamaah Anda.
  • Komitmen. Tiap jamaah pasti menginginkan bekerjasama dengan travel umrah yang jujur, terpercaya, dan profesional. Intinya, jangan suka memberikan janji jika tidak dapat memenuhi. Menjaga komitmen amatlah penting untuk mendapat kepercayaan jamaah Anda.
  • Jaga wibawa. Biasanya, seseorang akan mematuhi orang yang ia jadikan figur ideal. Anda dapat menerapkannya dengan selalu menjaga wibawa Anda sebagai pemilik bisnis, sehingga muncul rasa segan atau sungkan dari para pelanggan kepada Anda. Nilai tambahnya, Anda bisa mengajak pelanggan membeli produk Anda lebih mudah jika Anda punya otoritas untuk memberikan saran dan informasi.
  • Jadilah terkenal. Jaga reputasi bisnis travel umrah Anda sedemikan rupa sehingga jamaah Anda akan membicarakan sisi positif dari brand Anda. Rekomendasi inilah yang biasanya dapat menghasilkan penjualan lebih banyak dari yang Anda duga, tanpa Anda harus berusaha keras untuk melakukan promosi.

Penerapan Psikologi Marketing Untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah

Setelah memahami mengenai psikologi marketing, saatnya kita ulas terkait penerapan psikologi marketing untuk pemasaran bisnis travel umrah.

Pahami Tipe Jamaah Anda

Ada beberapa tipe pelanggan yang Anda perlakukan sesuai dengan karakter mereka. Pertama, ada jamaah yang sangat perhitungan. Mereka umumnya merupakan golongan orang yang tidak mau membuang uang hanya untuk mendapatkan pelayanan standar. Memberikan promo harga murah dan diskon dapat jadi senjata ampuh untuk menarik tipe jamaah yang satu ini.Kedua, pelanggan yang royal dalam berbelanja. Jika Anda menemukan jamaah dengan tipe ini, Anda bisa menjual paket-paket umrah premium, karena mereka tak akan menyesal mengeluarkan uang dalam jumlah banyak asalkan pelayanan Anda maksimal. Ketiga, jamaah yang berada di tengah-tengah. Mereka kadang berpikir rasional untuk mengeluarkan uang, namun bila sudah cocok, mereka akan rela membayar meski harganya mahal. Garansi uang kembali, jaminan kepuasan, cashback bila tidak janji, adalah kata-kata promosi yang cocok untuk mereka.

Sentuh Sisi Emosional Jamaah

Menurut para pakar neuroscience, emosi merupakan hal utama yang mempengaruhi pembelian. Maka, Anda harus bisa menemukan sisi emosional calon jamaah Anda. Kemudian, Anda bisa menggunakan pendekatan emosional tersebut untuk menghasilkan penjualan.

Contohnya, daripada membahas tentang harga, cobalah untuk memberitahu jamaah mengenai keuntungan yang mereka dapat dari paket umrah yang Anda punya. Bisa juga Anda menerapkan "umrah bareng seleb/ustad yang terkenal" agar membuat jamaah Anda merasa perlu memesan paket tour umrah tersebut. Nilai tambah yang Anda tawarkan dapat membangkitkan emosi jamaah, sehingga mereka mau membeli tanpa melihat harga yang Anda pasang.

Mainkan Adrenalin Jamaah

Orang biasanya akan bertindak tidak rasional waktu mendekati last minute. Membuat promo terbatas waktu merupakan cara ampuh untuk memainkan adrenalin jamaah. Buat mereka "takut ketinggalan" jika tidak segera melakukan pemesanan paket umrah promo tersebut.

Psikologi Respirokal

Cara kerja psikologi respirokal adalah sebagai berikut: jika kita diberi sesuatu, maka kita akan sulit menolak tawaran di kali kedua. Semisal saat jamaah datang mencari informasi tentang paket umrah ke kantor Anda, berilah gimmick berupa makan siang gratis, snack/minuman ringan, merchandise, atau yang lainnya. Pemberian cuma-cuma ini membuat calon jamaah merasa harus untuk membalas yakni dengan membeli paket umrah Anda di saat mereka memutuskan akan membeli, alih-alih menggunakan jasa biro travel umrah yang lain.Anda bisa menambahkan pemberian berikutnya misalnya saat jamaah mendaftar, Anda berikan voucher diskon yang bisa dibagikan kepada keluarga/sanak famili mereka yang juga akan berangkat umrah. Berapapun yang Anda berikan tidaklah masalah, mereka akan menghargai pemberian Anda. Nah, itulah teknik psikologi marketing yang bisa membuat pemasaran bisnis travel umrah Anda makin berkembang. Anda juga dapat meningkatkan pemasaran Anda dengan menggunakan sistem aplikasi terintegrasi khusus travel umrah, yang dapat mendukung usaha Anda lebih maju. Semoga bermanfaat.

Kategori : Artikel
Tags :
Bisnis Travel Umrah teknik pemasaran Psikologi Marketing
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap Bisnis Travel Umrah teknik pemasaran Psikologi Marketing

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, Bisnis Travel Umrah, teknik pemasaran, Psikologi Marketing

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami