Brand Awareness adalah sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang artinya adalah seberapa besar tingkat kesadaran pelanggan terhadap suatu produk. Cara ini bisa dilakukan untuk produk baru atau menghidupkan kembali suatu merk yang pernah ada, dengan jalan mempromosikan secara gencar brand tersebut.

Kini, konsumen lebih aktif mengakses platform media sosial ketimbang media massa konvensional seperti koran atau televisi. Tapi, bukan berarti media konvensional tidak bisa dipakai, karena bisa saja target pasar Anda ada pada posisi tidak mengakses media sosial apapun.
Misalnya saja untuk bisnis travel umrah, selain menyasar milenial di media sosial, target pasar produk umrah Anda bisa saja merupakan golongan usia dewasa atau tua yang hanya mengakses informasi melalui media massa konvensional.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Sebelum membahas strategi membengun brand awareness, Anda mesti memahami dulu apa pentingnya membangun brand awareness bagi perusahaan travel umrah Anda.

Pertama, brand awareness dapat digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen, sehingga mereka mengenali produk Anda meskipun mungkin mereka baru pertama kali mendengar atau melihat brand Anda. Sasaran utamanya ialah konsumen baru yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda.
Kedua, brand awareness bisa menarik pelanggan lama Anda untuk melakukan pembelian kembali dari produk yang Anda jualkan. Bisa juga membuat mereka membeli paket terbaru yang Anda miliki, sehingga mereka menyadari bahwa perusahaan Anda berkembang serta memiliki inovasi baru.
Ketiga, brand awareness juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merk.
Nah, dengan demikian, berinvestasi untuk membangun brand awareness adalah langkah tepat yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan bisnis travel umrah Anda. Anda bisa membangun brand awareness dengan meningkatkan performa perusahaan Anda dengan sistem aplikasi umrah terbaik.
Strategi Membangun Brand Awareness
Berikut ini beberapa strategi praktis untuk membangun brand awareness bisnis travel umrah Anda.
Menggunakan Hard Selling di Media Massa
Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan, menggunakan iklan konvensional di media massa mempunyai kelebihan tersendiri yakni bisa menjangkau kalangan atau target pasar tertentu yang tidak menggunakan media sosial kekinian.

Apalagi untuk produk seperti paket umrah, sasaran pasar yang mengonsumsi konten di media massa konvensional seperti televisi, radio, koran, brosur, baliho, dan sebagainya masih terbilang cukup hijau. Anda dapat menganggarkan biaya iklan sesuai budget yang Anda miliki.
Mengunggah Konten yang Relevan di Media Sosial
Untuk target market baby boomers dan milenial, Anda bisa menggunakan pendekatan brand awareness dengan bantuan media sosial. Target market di kalangan milenial cukup luas, sehingga Anda bisa memperoleh pelanggan baru dengan melakukan branding di media sosial dan media chatting seperti instagram, facebook page, twitter, youtube, whatsapp, LINE, dll.
Anda dapat melakukan marketing dengan menonjolkan konten yang relevan dan mudah diingat oleh calon konsumen Anda seperti gambar, artikel tips, konten how to di youtube, dan lainnya.
Soft Selling pada Content Marketing
Mengunggah konten yang bersifat hiburan, tips bermanfaat, kisah menggugah, bahkan kisah viral bisa menjadi senjata. Mereka akan sukarela menonton sajian Anda dan tanpa sadar mereka akan terpapar brand Anda. Penggunaan soft selling sangat disarankan supaya konsumen tidak merasa sedang menonton iklan.
Adakan Event
Mengadakan event adalah salah satu cara lain yang dapat digunakan. Orang menyukai kegiatan atau acara yang mempunyai nilai tambah untuk mereka seperti seminar, workshop, bazaar, lomba, dan lainnya. Anda dapat menjadi sponsor tunggal, sponsor utama agar brand travel umroh anda semakin dikenal.
Kolaborasi dengan Stakeholder
Anda dapat menggandeng para stakeholders untuk mengadakan pengenalan brand secara bersama-sama. Keuntungannya, usaha Anda akan terlihat lebih profesional jika rekanan Anda telah memiliki tempat di hati pelanggan. Sebagai contoh, menggandeng maskapai dan hotel ternama, dapat menaikkan brand awareness usaha Anda secara signifikan.

Pemberian Merchandise dan Giveaway
Cara yang cukup sederhana untuk digunakan untuk membangun brand awareness ialah dengan memberikan merchandise seperti mug, jam dinding, payung, tas, dan benda-benda lainnya bertuliskan brand Anda. Anda juga bisa memakai penggunaan warna yang konsisten supaya brand identity Anda semakin dikenal.
Selain merchandise, giveaway juga dapat menjadi pemikat pelanggan untuk lebih menyadari keberadaan brand travel umrah Anda. mengakan giveaway secara rutin misalnya setiap minggu atau setiap bulan di waktu yang sama agar brand Anda lebih dikenal dan diharapkan kemunculannya.
Nah, itulah beberapa strategi membangun brand awareness yang dapat Anda terapkan pada perusahaan travel umrah Anda. Anda dapat mengukur keberhasilan strategi promosi yang anda lakukan dengan melihat traffic website, engagement di media sosial, dan anggapan orang terhadap brand Anda.
Semakin tinggi tingkat keberhasilannya, maka kesempatan untuk menjual produk Anda akan terbuka lebih lebar. Selamat mencoba!