Pada artikel yang lalu, kami sudah membahas tentang cara menaikkan konversi penjualan paket umroh. Salah satu caranya adalah dengan membuat jamaah melakukan repeat order.
Apa sih, sebenarnya repeat order itu?
Repeat order adalah pembelian berulang dari konsumen yang sama pada satu seller. Jika Anda adalah pebisnis travel umroh, berarti repeat order di sini adalah pembelian kembali dari jamaah Anda untuk produk paket umroh yang Anda tawarkan.
Repeat order ini sangat diinginkan oleh setiap penjual. Anda hanya tinggal melayani pembelian tersebut tanpa harus repot mempromosikan produk Anda. Keuntungan lainnya adalah peluang terjadinya penjualan untuk produk yang berbeda dari konsumen yang sama.
Misalnya satu jamaah telah berangkat umroh ramadhan pada tahun ini. Kemungkinan repeat ordernya ada dua : jamaah umroh ramadhan tahun depan, atau umroh lainnya misal umroh akhir tahun atau umroh liburan sekolah.
Bisa juga repeat order untuk keperluan lainnya. Misalnya memesan umroh untuk orangtua, saudara, kerabat, rekan, anak, karyawan, dll. Mereka memberikan paket umroh tersebut sebagai hadiah/reward.
Pertanyaannya adalah: bagaimana caranya membuat jamaah mau melakukan repeat order? Berikut Erahajj akan memberikan ulasan lengkapnya.
Kesan Pertama
Di bisnis apapun, memberikan kesan pertama yang baik kepada pelanggan merupakan kunci terjalinnya hubungan baik dengan pelanggan. Coba saja bayangkan, jika travel umroh memberikan pelayanan yang buruk di awal transaksi.
Ketika jamaah bertanya, bagian customer service menjawabnya dengan asal-asalah, malas, dan tidak ramah. Apakah jamaah mau meneruskan transaksinya?
Kalau beruntung, transaksi akan terjadi. Namun, apakah Anda yakin, jamaah akan melakukan repeat order untuk kali kedua dan seterusnya? Kalau kami tebak, jamaah Anda pasti malas duluan.
Bahkan, dia tidak akan memberikan rekomendasi kepada orang lain untuk menggunakan jasa biro travel umroh Anda!
Maka, berikan kesan pertama yang menyenangkan, pelayanan yang ramah, dan memberikan kesan mendalam pada jamaah Anda. Dijamin, jamaah Anda akan menjadi pelanggan setia travel umroh Anda.
Berikan Voucher atau Poin
Anda tentu sudah sering mengalami di kehidupan sehari-hari, jika berbelanja di toko, terkadang mereka memberikan voucher yang bisa ditukar pada pembelian berikutnya. Biasanya, voucher ini bersifat sementara, alias ada batas waktu penukarannya.
Ada juga toko yang menerapkan sistem poin, misalnya Alfamart. Mekanismenya, jika terjadi transaksi sekian puluh ribu rupiah, maka pelanggan akan mendapatkan sejumlah poin yang bisa dikumpulkan untuk ditukar dengan reward.
Anda bisa menerapkan kedua contoh di atas untuk biro travel umroh Anda. Berikan voucher pada pembelian paket perdana tour umroh. Voucher tersebut bisa berupa potongan harga misal Rp250.000,- atau diskon 2,5% untuk pembelian kedua paket umroh. Voucher tersebut berlaku 1 tahun.Untuk sistem poin, Anda bisa memberikannya untuk jamaah yang sering mendaftarkan jamaah lain (bisa jadi agen marketing freelance anda). Jadi, tiap ada closing 1 paket umroh, mendapat 1 poin. Jika terkumpul minimal 10 poin, bisa ditukar dengan hadiah langsung.Sesuaikan saja masalah voucher dan poin dengan budget promosi Anda.Diskon Repeat Order Khusus Member
Anda juga bisa membuat sistem keanggotaan (membership), dimana jamaah membayar sejumlah uang untuk mendaftar menjadi member di biro travel umroh Anda. Kemudian, Anda bisa mengelola member area tersebut dan memberikan promosi khusus member.Jadi, ketika jamaah Anda ingin membeli kembali paket umroh, mereka bisa membeli lebih murah saat ada promosi. Pasti lebih menarik, karena jamaah akan merasa diuntungkan dengan program diskon membership ini.Promo di Moment Tertentu
Banyak pelaku usaha yang memilih tanggal-tanggal tertentu sebagai moment untuk memberikan promo. Hal ini bisa dijadikan agenda rutin tahunan, untuk menarik minat jamaah yang pernah bertransaksi dengan Anda untuk melakukan pembelian atau pemesanan paket umroh lagi.Keep in Touch dengan Jamaah
Akhirnya, Anda harus rajin silaturahim dengan jamaah Anda. Aktiflah menyapa jamaah Anda melalui email, grup khusus alumni jamaah umroh, dan di media sosial travel umroh Anda.
Selain meningkatkan kedekaatan dengan pelanggan, keep in touch dengan jamaah akan meningkatkan peluang repeat order paket umroh Anda.Nah, itulah 5 cara agar jamaah Anda melakukan repeat order. Apabila Anda ingin membina hubungan baik dengan jamaah Anda, Anda memerlukan bantuan software khusus travel umroh yang bisa memudahkan Anda mengelola jamaah, memberikan diskon, dan mendekatkan Anda dengan jamaah Anda. Semoga berhasil!