10 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Umroh

Ditulis pada 10 Oktober 2019, 18:23:12

Untuk Anda yang baru pertama kali akan melaksanakan ibadah umroh, Anda pastinya bingung apa saja hal yang harus Anda persiapkan sebelum umroh. Mulai dari dokumen, pendaftaran, barang-barang, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, karena jika ada yang kurang dipersiapkan, maka Anda bisa jadi tidak bisa khusyu’ beribadah umroh di tanah suci.

10 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Umroh

Nah, sebagai gambaran apa yang harus Anda persiapkan sebelum umroh, Anda bisa mengikuti artikel berikut ini hingga selesai.

  • Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus diketahui adalah ibadah umroh sama halnya dengan haji, yakni rukun-rukunnya memerlukan kesehatan fisik yang prima. Oleh karena itu, jamaah yang akan berangkat umroh setidaknya harus ada persiapan satu bulan sebelumnya untuk menyiapkan fisik yang kuat agar ibadah umrohnya lancar.

walk-2635038_960_720.jpg

Anda bisa menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, serta mengonsumsi suplemen seperti madu, vitamin, dan lainnya. Anda juga bisa mulai rutin berolahraga, seperti jogging, senam, atau olahraga lainnya. Berbekal  fisik yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam beribadah umroh di tanah suci.

  • Persiapan Rohani
water-1761027_960_720.jpg

Selain fisik yang prima, Anda juga harus menyiapkan rohani Anda supaya bisa benar-benar khusyu dalam beribadah umroh. Ibadah umroh memerlukan niat yang tulus beribadah karena Allah SWT, serta  keikhlasan yang tinggi. Sebab bagi orang yang melaksanakan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan keluarga untuk sementara waktu. Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan sejumlah biaya yang harus dibayarkan melalui biro travel umroh yang Anda  pilih.

  • Persiapan Dokumen

Dokumen yang harus disiapkan sebelum umroh antara lain KTP, paspor, visa, catatan vaksinasi, buku nikah, tiket pesawat, tanda terima pemesanan hotel, bukti pembayaran, dan lain-lain. Anda seharusnya bisa mengurusnya dengan mudah apabila biro travel umroh Anda telah menggunakan sistem aplikasi travel umroh yang terintegrasi.

  • Persiapan Barang Bawaan
airport-519020_960_720.jpg

Nah, ini adalah pokok persiapan yang harus dicermati. Sebaiknya, Anda mmbawa maksimal tiga tas dan koper untuk memuat barang bawaan Anda. Satu koper besar, satu tas jinjing, dan satu tas kecil. Masing-masing bisa diisi denganbarang sesuai kebutuhan. Misal untuk pakaian masuk koper, tas jinjing untuk memuat peralatan mandi, obat-obatan dan dokumen, sedangkan tas kecil untuk membawa identitas, tisu, pelembab, dan lainnya.

  • Belajar Tentang Ibadah Umroh

Langkah ini kadang terabaikan, padahal sebenarnya ini adalah langkah yang cukup penting untuk dilakukan. Sama halnya saat kita akan melakukan suatu ibadah, kita harus tau syarat sahnya, rukun-rukunnya, urutannya supaya tertib, aturan-aturannya, dan doa yang harus dibaca. Anda bisa mencari referensinya yakni dengan membaca buku panduan umroh, browsing tentang umroh, dan bertukar pikiran dengan orang yang telah melaksanakan ibadah umroh.

  • Memilih Biro Travel Umroh Terpercaya

Sebaiknya, pilihlah biro travel umroh yang terpercaya. Anda bisa mengeceknya dengan cara melihat testimoni jamaah yang telah diberangkatkan, juga melihat profil serta riwayat travel umroh tersebut. Semakin bagus bila travel umroh Anda telah menggunakan software khusus aplikasi umroh sehingga layanan mereka bisa Anda pantau melalui online, misalnya dengan mengakses web, mendapat notifikasi email dan SMS untuk progres pendaftaran Anda, dan sebagainya.

  • Membawa Obat-obatan Pribadi
capsule-1079838_960_720.jpg

Jika Anda memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik, memiliki alergi tertentu, dan memerlukan konsumsi obat-obatan khusus, Anda perlu menyiapkan obat-obatan pribadi yang harus Anda bawa saat pelaksanaan umroh. Selain obat khusus, obat yang umum seperti P3K dan minyak gosok, juga bisa Anda bawa secukupnya.

  • Membawa Barang-barang Khusus Wanita/Pria

Barang-barang khusus wanita banyak ragamnya, seperti pakaian khusus wanita untuk umroh, mukena, jilbab, peniti, inner hijab, kaos kaki, pakaian dalam, dan sebagainya.

Untuk pria, karena memakai kain ihram tanpa jahitan, Anda bisa membawa cadangan kain dan juga pakaian ganti ihram yang nyaman. 

  • Merencanakan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Umroh
2017-12-01T141302Z_1809926387_RC1E6CE7DDA0_RTRMADP_2_EGYPT-SECURITY.JPG

Saat umroh, biasanya ada banyak doa yang ingin Anda panjatkan. Ada pula titipan doa dari kerabat dan juga rekan. Supaya tidak lupa, siapkan kertas catatan khusus doa, supaya Anda tidak lupa dan tidak blank saat berdoa di tempat-tempat mustajab.

  • Persiapan Suplemen untuk Menjaga Stamina dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali menjaga stamina saat beribadah umroh. Anda bisa memasukkannya dalam daftar barang bawaan, bawa di tas kecil sehingga Anda bisa meminumnya sewaktu-waktu.

Nah, itulah 10 hal yang harus Anda persiapkan sebelum umroh. Konsultasikan dengan biro travel umroh Anda serta ustad pembimbing apa yang perlu dan tidak perlu disiapkan. Semoga bermanfaat!

Kategori : Seputar Umrah
Tags :
umroh biro travel umroh persiapan umroh
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap umroh biro travel umroh persiapan umroh

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, umroh, biro travel umroh, persiapan umroh

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami