Pentingnya Sistem CRM Bagi Bisnis Travel Umrah - Bagi Anda yang memiliki usaha travel dan travel umrah, Anda mungkin sedang memikirkan langkah strategis untuk membuat bisnis Anda bertahan di era pandemi Covid 19 ini. Membuat bisnis Anda tetap bertahan bisa dimulai dengan cara mempertahankan pelanggan agar loyal kepada travel Anda.
Jadi, nanti ketika umrah dibuka kembali, Anda sudah siap untuk melayani pelanggan. Namun, melayani pelanggan yang masih belum pasti akan membeli tidak bisa dilakukan tanpa adanya database dan sarana komunikasi. Anda bisa tetap terhubung dengan pelanggan dalam artian jamaah umrah Anda apabila travel Anda menerapkan manajemen hubungan terhadap pelanggan dengan baik.
Kabar gembiranya, Erahajj kini memiliki sistem CRM yang bisa dimanfaatkan untuk membantu travel mengelola hubungannya dengan pelanggan secara lebih baik. Anda bisa mempertahankan pelanggan lama Anda sambil terus menebar jala untuk meraih kepercayaan pelanggan baru. Hal ini bisa diakomodir menggunakan sistem Erahajj, sehingga data yang sudah ada, ditambah data baru yang dimanajemen dengan baik akan menghasilkan benefit dikemudian hari.
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels
Sebelum membahas lebih lanjut tentang sistem CRM dari Erahajj Indonesia, kami akan memaparkan terlebih dahulu pengertian dan manfaat dari sistem CRM bagi perusahaan travel Anda.
Pengertian CRM
Secara singkat CRM merupakan suatu strategi manajemen hubungan pelanggan yang akan membuat bisnis Anda lebih dekat dengan pelanggan maupun calon pelanggan dengan bermodalkan database pelanggan dan juga hasil rekaman interaksi tenaga penjual dan pelanggan Anda. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dinamakan sistem CRM agar Anda bisa memantau aktivitas staff Anda dalam melayani pelanggan dan sejauh mana calon pelanggan bisa menjadi prospek dalam bisnis Anda.
Manfaat CRM bagi Travel
Anda pasti penasaran, mengapa kini hampir semua bisnis sangat membutuhkan CRM untuk kelangsungan bisnis mereka. Ya, tidak lain karena kunci dari kesuksesan perusahaan adalah dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mengelola pelanggan yang baru saja datang ke perusahaan Anda.
Misalnya di perusahaan travel atau travel umrah Anda memiliki pelanggan loyal (atau jamaah), maka Anda perlu sekali membina kedekatan dengan pelanggan Anda. Karena, dengan hubungan yang baik tersebut, bisa jadi pelanggan Anda tersebut akan menjadi tenaga marketing “gratis” Anda dengan rekomendasi dari mulut ke mulut.
Jika pelayanan Anda baik, maka mereka tidak akan segan merekomendasikan pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa travel Anda. Jika pelayanan Anda buruk, maka mereka juga akan menghambat perusahaan Anda berkembang, karena mereka akan menghalangi pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa perusahaan Anda. Sangat disayangkan, padahal Anda bisa mengelolanya dengan baik menggunakan sistem CRM.
Selain itu, Anda juga akan bisa mengelompokkan pelanggan berdasarkan label tertentu. Misalnya, pelanggan A ini adalah pelanggan potensial yang perlu follow up lebih intens. Sedangkan pelanggan B adalah pelanggan yang kurang potensial, sehingga hanya perlu diberikan follow up sekedarnya. Beda lagi dengan pelanggan C, yang sudah pernah menggunakan jasa Anda, maka perlu perlakuan khusus yang berbeda dengan pelanggan baru.
Itu semua hanya mungkin dilakukan jika Anda menggunakan sistem CRM, yang bisa merekam database dan aktivitas pelanggan Anda. Anda juga bisa menentukan strategi marketing yang cocok untuk tipe pelanggan tertentu.
Manfaat lainnya adalah dari sisi internal perusahaan Anda bisa memantau aktivitas staff marketing Anda dalam melakukan pekerjaannya. Ini sangat memungkinkan karena dari catatan follow up kepada pelanggan di sistem CRM, Anda bisa mengetahui sejauh mana mereka melakukan pekerjaannya.
Pada akhirnya, jika hubungan pelanggan dimanajemen dengan baik, maka akan berdampak pada pendapatan perusahaan. Perusahaan bisa mendapatkan repeat order, dan juga penjualan dari pelanggan baru.
Nah, itulah manfaat dari CRM yang bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan software khusus CRM. Kini, Anda bisa mendapatkan sistem CRM yang sangat terjangkau hanya dengan berlangganan sistem Erahajj!
Foto oleh Torsten Dettlaff dari Pexels
Sistem CRM Erahajj bisa digunakan pula untuk mengirimkan email dan sms broadcast terjadwal, sehingga Anda bisa lebih leluasa mengirimkan konten promosi dan juga artikel bermanfaat untuk pelanggan Anda. Hemat dan efisien, sehingga Anda tak perlu lagi satu persatu mengirimkan email secara manual kepada pelanggan.
Tertarik untuk menggunakan CRM dari Erahajj Indonesia? Yuk, langsung saja hubungi kami di sini untuk informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!