Pentingnya Sistem Customer Relationship Management/CRM Bagi Bisnis Travel Umrah - Bagi Anda yang mempunyai bisnis travel & travel umroh, Anda mungkin sedang berpikir bagaimana cara strategis untuk menjadikan bisnis Anda bertahan di masa pandemi Covid 19 ini. Menjadikan usaha travel Anda tetap bertahan dapat dimulai dengan cara menjaga pelanggan agar setia kepada travel Anda.
Jadi, nanti ketika umroh dibuka kembali, Anda sudah siap siaga untuk melayani jama'ah. Namun, melayani pelanggan yang masih belum pasti akan membeli, tidak bisa dilakukan tanpa adanya database dan sarana komunikasi. Anda dapat tetap terhubung dengan pelanggan dalam artian jamaah umrah Anda bila travel Anda menerapkan manajemen hubungan terhadap jama'ah dengan baik.
Kabar gembiranya, Erahajj Indonesia kini memiliki fitur sistem CRM yang dapat memberi manfaat untuk mempermudah travel mengelola hubungannya dengan pelanggan secara lebih baik. Anda dapat mempertahankan pelanggan lama Anda sambil terus menebar jala untuk mendapat kepercayaan jamaah baru. Hal ini dapat diakomodir menggunakan sistem Erahajj, sehingga data yang telah tersedia, ditambah data baru yang dimanajemen dengan baik akan menghasilkan benefit dikemudian hari.
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels
Sebelum membahas lebih lanjut tentang sistem CRM/Customer Relationship Management dari Erahajj Indonesia, kami akan memaparkan terlebih dahulu pengertian & manfaat dari sistem CRM/Sistem Manajemen Pelanggan bagi perusahaan travel Anda.
Pengertian CRM
Secara singkat CRM merupakan suatu strategi manajemen hubungan pelanggan yang akan membuat bisnis travel Anda lebih dekat dengan pelanggan maupun calon pelanggan dengan hanya memiliki modal database pelanggan & juga hasil rekaman interaksi tenaga penjual & pelanggan Anda. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dinamakan sistem CRM agar Anda dapat memantau aktivitas staff Anda dalam melayani pelanggan dan sejauh mana calon pelanggan bisa menjadi prospek dalam bisnis Anda.
Manfaat CRM bagi Travel
Anda pasti penasaran, mengapa saat ini hampir semua usaha bisnis sangat memerlukan CRM untuk kelangsungan usaha bisnis mereka. Ya, tidak lain karena kunci dari kesuksesan perusahaan adalah dengan mempertahankan pelanggan yang telah ada & mengelola pelanggan yang baru saja datang ke perusahaan Anda.
Misalnya di perusahaan travel atau travel umrah Anda mempunyai pelanggan loyal (atau jamaah), maka Anda perlu sekali membina kedekatan dengan pelanggan Anda. Karena, dengan hubungan yang baik tersebut, bisa jadi pelanggan Anda tersebut akan menjadi tenaga marketing “gratis” Anda dengan rekomendasi dari mulut ke mulut.
Jika pelayanan Anda baik, maka mereka tidak akan segan merekomendasikan pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa travel Anda. Bila pelayanan Anda buruk, maka mereka juga akan menghambat perusahaan Anda berkembang, karena mereka akan menghalangi pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa perusahaan Anda. Sangat disayangkan, padahal Anda bisa mengelolanya dengan baik menggunakan sistem CRM.
Selain itu, Anda juga akan dapat mengelompokkan pelanggan berdasarkan label tertentu. Contohnya, pelanggan A ini adalah pelanggan potensial yang perlu follow up lebih intens. Sedangkan pelanggan B adalah pelanggan yang kurang potensial, sehingga hanya perlu diberikan follow up sekedarnya. Beda lagi dengan pelanggan C, yang sudah pernah menggunakan jasa Anda, maka perlu perlakuan khusus yang berbeda dengan pelanggan baru.
Semua itu hanya mungkin dilakukan jika Anda menggunakan sistem CRM/Customer Relationship Management, yang bisa merekam database & aktivitas pelanggan Anda. Anda juga dapat menentukan strategi marketing yang cocok untuk tipe pelanggan tertentu.
Manfaat lainnya adalah dari sisi internal perusahaan Anda dapat memantau aktivitas staff marketing Anda dalam melakukan pekerjaannya. Ini sangat memungkinkan karena dari catatan follow up kepada pelanggan di sistem Customer Relationship Management/CRM, Anda dapat mengetahui sejauh mana mereka melakukan pekerjaannya.
Pada akhirnya, bila hubungan pelanggan dikelola dengan baik, maka akan berdampak pada pendapatan perusahaan. Perusahaan bisa mendapatkan repeat order dan juga penjualan dari pelanggan baru.
Nah, seperti itulah manfaat dari Customer Relationship Management/CRM yang bisa Anda peroleh ika Anda menggunakan software khusus CRM. Kini, Anda dapat memperoleh sistem CRM yang sangat terjangkau hanya dengan berlangganan sistem Erahajj!
Foto oleh Torsten Dettlaff dari Pexels
Sistem CRM Erahajj dapat digunakan pula untuk mengirimkan email dan sms broadcast terjadwal, sehingga Anda bisa lebih leluasa menyebarkan konten promosi dan juga artikel bermanfaat untuk pelanggan Anda. Hemat dan efisien, sehingga Anda tak perlu lagi satu persatu mengirimkan email secara manual kepada pelanggan.
Tertarik untuk menggunakan CRM dari Erahajj Indonesia? Yuk, langsung saja hubungi kami di sini untuk informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!