Pentingnya Sistem Customer Relationship Management/CRM Bagi Bisnis Travel Umroh - Bagi Anda yang mempunyai bisnis usaha travel dan travel umroh, Anda mungkin sedang memikirkan bagaimana cara strategis untuk membuat bisnis Anda bertahan di masa pandemi Covid 19 ini. Membuat bisnis Anda selalu bertahan dapat dimulai dengan cara mempertahankan pelanggan agar loyal kepada travel Anda.
Jadi, nanti ketika umroh dibuka kembali, Anda sudah siap siaga untuk melayani jamaah. Namun, melayani pelanggan yang masih belum pasti akan membeli, tidak bisa dilakukan tanpa adanya database & sarana komunikasi. Anda dapat tetap terhubung dengan pelanggan dalam artian jama'ah umroh Anda jika travel Anda menerapkan manajemen hubungan terhadap jamaah dengan baik.
Kabar gembiranya, Erahajj Indonesia kini memiliki fitur sistem CRM/Customer Relationship Management yang dapat dimanfaatkan untuk membantu travel mengelola hubungannya dengan pelanggan secara lebih baik. Anda dapat mempertahankan jamaah lama Anda sambil terus menebar jala untuk meraih kepercayaan jama'ah baru. Hal ini bisa diakomodir menggunakan sistem Erahajj, sehingga data yang sudah ada, ditambah data baru yang dikelola dengan baik akan menghasilkan manfaat dikemudian hari.
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels
Sebelum membahas lebih lanjut tentang sistem CRM/Customer Relationship Management dari Erahajj Indonesia, kami akan memaparkan terlebih dahulu pengertian & manfaat dari sistem CRM/Sistem Manajemen Pelanggan bagi bisnis travel Anda.
Pengertian CRM
Secara singkat CRM adalah suatu strategi manajemen hubungan pelanggan yang akan membuat bisnis Anda lebih dekat dengan pelanggan maupun calon pelanggan dengan hanya memiliki modal database pelanggan dan juga hasil rekaman interaksi tenaga penjual & pelanggan Anda. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem yang dinamakan sistem CRM agar Anda bisa selalu memantau aktivitas staff Anda dalam melayani pelanggan dan sejauh mana calon pelanggan dapat menjadi prospek dalam bisnis Anda.
Manfaat CRM bagi Travel
Anda pasti penasaran, mengapa saat ini hampir semua bisnis sangat memerlukan CRM untuk kelangsungan bisnis mereka. Ya, tidak lain karena kunci dari kesuksesan perusahaan adalah dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mengelola pelanggan yang baru saja datang ke perusahaan Anda.
Misalnya di perusahaan travel atau travel umrah Anda memiliki pelanggan loyal (atau jamaah), maka Anda perlu sekali membina kedekatan dengan pelanggan Anda. Karena, dengan hubungan yang baik tersebut, bisa jadi pelanggan Anda tersebut akan menjadi tenaga marketing “gratis” Anda dengan rekomendasi dari mulut ke mulut.
Jika pelayanan Anda baik, maka mereka tak akan segan merekomendasikan pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa travel Anda. Bila pelayanan Anda buruk, maka mereka juga akan menghambat perusahaan Anda berkembang, karena mereka akan menghalangi pelanggan lainnya untuk menggunakan jasa perusahaan Anda. Sangat disayangkan, padahal Anda bisa mengelolanya dengan baik menggunakan sistem CRM.
Selain itu, Anda juga akan dapat menggolongkan pelanggan berdasarkan label tertentu. Misalnya, pelanggan A ini adalah pelanggan potensial yang perlu follow up lebih intens. Sedangkan pelanggan B adalah pelanggan yang kurang potensial, sehingga hanya perlu diberikan follow up sekedarnya. Beda lagi dengan pelanggan C, yang sudah pernah menggunakan jasa Anda, maka perlu perlakuan khusus yang berbeda dengan pelanggan baru.
Semua itu hanya mungkin dilakukan bila Anda mempunyai sistem Customer Relationship Management/CRM, yang dapat merekam database dan aktivitas pelanggan Anda. Anda juga dapat menentukan strategi marketing yang cocok untuk tipe pelanggan tertentu.
Manfaat lainnya adalah dari sisi internal perusahaan Anda bisa memantau aktivitas staff marketing Anda dalam melakukan pekerjaannya. Ini sangat memungkinkan karena dari catatan follow up kepada pelanggan di sistem CRM/Customer Relationship Management, Anda dapat mengetahui sejauh mana mereka melakukan pekerjaannya.
Pada akhirnya, jika hubungan pelanggan dikelola dengan baik, maka akan berdampak pada pendapatan perusahaan. Perusahaan bisa mendapatkan repeat order & juga penjualan dari pelanggan baru.
Nah, itulah manfaat dari Customer Relationship Management/CRM yang bisa Anda dapatkan bila Anda menggunakan software khusus Customer Relationship Management/CRM. Kini, Anda dapat memperoleh sistem CRM yang sangat terjangkau hanya dengan berlangganan sistem Erahajj!
Foto oleh Torsten Dettlaff dari Pexels
Sistem Customer Relationship Management/CRM Erahajj dapat digunakan pula untuk mengirimkan email & sms broadcast terjadwal, sehingga Anda bisa lebih leluasa menyebarkan konten promosi dan juga artikel bermanfaat untuk pelanggan Anda. Hemat dan efisien, sehingga Anda tidak perlu lagi satu persatu mengirimkan email secara manual kepada pelanggan.
Tertarik untuk menggunakan CRM dari Erahajj Indonesia? Yuk, langsung saja hubungi kami di sini untuk informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!