Bisnis adalah soal memberi solusi bagi konsumen. Jika Anda membuat suatu bisnis, namun tidak memperhatikan kebutuhan konsumen maka bisnis Anda akan sulit bertahan. Sebab pelanggan tidak mendapatkan solusi atas permasalahan mereka dari bisnis Anda. Contohnya jika Anda memiliki bisnis travel/travel umrah, maka hal yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana pelanggan Anda merasa aman, nyaman dan puas menggunakan jasa travel Anda.

Memahami kebutuhan konsumen juga bisa menjadi dasar bagi Anda dalam menyusun strategi bisnis yang akan Anda terapkan dalam usaha Anda. Jika strategi Anda tepat, maka konsumen akan memperoleh barang/jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pelanggan akan merasa puas dan dalam jangka panjang akan semakin setia menggunakan barang/jasa yang Anda tawarkan.

Ilustrasi-Menyusun-Strategi-Pelayanan-Bisnis-Sesuai-Kebutuhan-Pelanggan.png

Selain produk, Anda juga bisa melakukan pendekatan strategi bisnis berbasis pelayanan. Jika produk Anda bagus, namun pelayanan Anda kurang baik, Anda akan kehilangan konsumen juga. Lambat laun mereka akan pindah ke brand lain yang bisa memberikan pelayanan yang baik bagi mereka.

Menyusun strategi pelayanan bisnis sesuai kebutuhan pelanggan ini bisa kita kategorikan dalam beberapa aspek:

1. Buat Tepat Sasaran

Jika Anda sudah menggali kebutuhan konsumen, maka Anda juga dapat mengenali apa saja hal yang bisa Anda hadirkan dalam bisnis Anda. Gunakan data yang Anda peroleh untuk memusatkan perhatian pada apa yang diinginkan konsumen, sehingga produk dan jasa yang Anda hasilkan bisa sesuai dengan kebutuhan konsumen. Artinya, Anda menawarkan produk yang tepat sasaran untuk konsumen Anda.

tepat sasaran.png

Misalnya konsumen menginginkan paket umrah atau paket wisata yang all in, semua diurus oleh travel dengan biaya tertentu, maka Anda bisa menawarkan jasa paket umrah atau paket wisata yang sudah mencakup selurunya.

Tentu harga yang Anda tawarkan lebih tinggi, namun jangan fokus pada harga yang mereka bayar. Fokuslah menawarkan kemudahan dan kenyamanan mereka supaya tidak "ribet" saat melaksanakan ibadah umrah maupun berwisata. Manjakan pelanggan dengan pelayanan komplit dan prima, sehingga mereka bisa leluasa melaksanakan ibadah maupun kegiatan liburan mereka.

2. Kenali Konsumen Lebih Dekat

Mengenali kebutuhan konsumen berarti Anda siap mengenal konsumen Anda lebih dekat. Apa maknanya?

Jika Anda memiliki bisnis pelayanan umrah maupun wisata, maka yang menjadi fokus Anda adalah pelayanan kepada orang yang menggunakan jasa Anda. Bagaimana Anda bisa sukses memberikan layanan yang memuaskan, sedangkan Anda kurang memahami mereka saat melayani?

konsumen.png

Maka dari itu, Anda bisa menyesuaikan jasa yang Anda berikan dengan membuat pilihan bagi konsumen Anda. Misal dalam hal makanan, Anda dapat menyajikan makanan yang sesuai dengan lidah konsumen. Atau untuk transportasi, serta layanan lain, diharapkan bisa membuat konsumen Anda merasa nyaman saat menggunakannya.

Kenali juga apa yang harusnya Anda lakukan dan tidak lakukan saat memberikan pelayanan. Anda bisa mendapatkan data konsumen dengan membagikan kuisioner yang bisa mereka isi untuk dasar pelayanan standar yang bisa Anda berikan di waktu mendatang.

3. Ciptakan Produk/Solusi Kreatif

Setelah mengetahui kebutuhan-kebutuhan serta keinginan pelanggan, biasanya kita akan berusaha menghadirkan solusi kreatif untuk bisa menggaet pelanggan. Saat krisis, mungkin akan lebih sulit mencari pelanggan baru. Anda akan berhadapan antara kebutuhan dasar dan kebutuhan sekunder/tersier. Saat pandemi, kebutuhan dasar adalah yang diutamakan, apalagi untuk sektor pariwisata sudah jelas akan berkurang banyak.

kreatif.png

Anda bisa mengubah haluan untuk sementara, agar bisnis Anda tetap bergerak. Namun, Anda harus tetap mempertahankan bisnis utama Anda sehingga jika krisis sudah terlewati, Anda bisa melayani konsumen Anda secara total. Anda bisa menciptakan produk-produk yang mungkin dilakukan seperti program tabungan untuk umroh dengan diskon khusus selama pandemi, atau menjual paket-paket wisata murah yang waktunya bisa disesuaikan apabila kegiatan di sektor ini sudah memungkinkan untuk dijalankan kembali.

4. Menciptakan Trend

Anda harus bisa menjadi trendsetter, alias bisa menciptakan trend dimana trend tersebut bisa diikuti banyak orang. Sesuatu yang sudah menjadi trend bisa bergeser menjari kebutuhan bagi pelanggan. Anda bisa menguasai hal ini, maka And atidak perlu repot mencari konsumen, karena konsumen Anda lah yang akan datang menemukan bisnis Anda.

mencari.png

Nah, itulah beberapa saran untuk Anda yang ingin menjalankan strategi bisnis dengan basis kebutuhan pelanggan. Jika Anda memiliki bisnis di bidang travel/travel umrah, Anda bisa mengenali kebutuhan pelanggan Anda dengan memanfaatkan software travel umrah yang bisa menjaring data konsumen Anda dengan baik. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan pelanggan Anda dengan membaca data-data pelanggan yang masuk sehingga strategi Anda bisa lebih efektif untuk dijalankan.

Selamat mencoba!

Kategori : Tips Bisnis
Tags :
pelanggan strategi bisnis pelayanan
Twit Terbaru
Facebook Erahajj

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi umroh haji, software manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel terlengkap, software travel haji, software travel haji, software travel umrah, software travel umrah, software travel umroh, software travel umroh, software umrah, software umrah, software umroh, software umroh, software umrah terbaik, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software umroh terlengkap, software pariwisata, software pariwisata, software halal tour, software halal tour, software halal travel, software halal travel, software booking online, software booking online, software reservasi online, software reservasi online, software umrah haji, software umrah haji, software umroh haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, software travel umroh terlengkap, pelanggan, strategi bisnis, pelayanan

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami