Pada saat social distancing untuk mencegah penyebaran virus Corona digalakkan, bukan berarti Anda dan jamaah Anda jadi melakukan social media distancing. Ada berbagai strategi marketing digital yang bisa Anda jalankan untuk tetap eksis sehingga nantinya bisnis Anda semakin dikenal oleh masyarakat.
Kegiatan di rumah saja membuat jamaah kian akrab dengan social media. Hal ini membawa benefit bagi pengusaha untuk bisa mengeksplor lagi strategi marketing online yang dapat dikejar. Apabila Anda sebelumnya hanya memasarkan di satu sosmed saja misalnya Facebook, Anda bisa merambah media sosial lainnya supaya bisa lebih di kenal bukan hanya di satu kanal media social saja.

Begitu pun apabila Anda sebelumnya tidak fokus pada marketing berbasis konten SEO, Anda dapat mulai menekuni untuk membuat konten-konten yang berkualitas sehingga brand dan produk Anda bisa eksis di mesin pencarian Google. Anda juga bisa menulis konten yang berkualitas dengan menggunakan salah satu fitur dari sistem Erahajj, yang mendukung Anda menyajikan banyak konten dengan mudah dan praktis.
Berikut ini ada 5 strategi marketing digital agar bisnis biro umrah Anda tetap eksis dan siap melayani pelanggan saat pemerintah Arab Saudi membuka akses haji dan umrah saat pandemi Corona berhenti.
1. Gunakan Instagram
Instagram adalah social media yang disukai oleh masyarakat. Dimana ada kerumunan, di situlah Anda harus menebar pesona. Anda bisa menciptakan konten-konten berbasis gambar berkualitas, video singkat, dan story yang bisa mengingatkan audiens Anda tentang umrah dan haji.
Gunakan strategi brand awareness, dengan menambahkan logo, memilih warna tema sesuai identity, memilih font tulisan serta desain yang konsisten, sehingga orang saat melihat konten Anda akan langsung teringat kepada brand perusahaan Anda.

Dengan demikian, Anda tidak akan dilupakan karena derasnya informasi tentang wabah Covid-19. Anda bisa mengangkat tema-tema edukasi seputar corona, motivasi, doa, dan sebagainya.
Bisa juga mengangkat tema positif yang dapat membuat orang menjadi semangat saat melihatnya. Postingan yang bermanfaat tersebut, bisa menaikkan mood dari audiens Anda, sehingga mereka mau berinteraksi dengan akun instagram Anda.
Hindari membuat postingan yang sifatnya meresahkan. Jika itu berupa data dan fakta, tampilkan dengan bahasa yang positif sehingga Anda ikut menyebar kebaikan, bukan kekhawatiran.
2. Maksimalkan Whatsapp Marketing
Selain instagram, Anda juga dapat menggunakan aplikasi chatting seperti Whatsapp untuk marketing bisnis Anda. Fokus masyarakat saat ini adalah tentang kesehatan dan keamanan, sehingga hindari membuat iklan secara frontal dengan terus-terusan menjual produk Anda.
Anda bisa membuat story Whatsapp dengan metode soft selling, yaitu menawarkan produk dengan postingan yang menarik dan bermanfaat bagi jamaah.
3. Buat Konten Berkualitas Plus SEO Friendly
Anda mungkin belum memaksimalkan marketing yang satu ini. Padahal, apabila ditekuni, Anda bisa merasakan keuntungan dari pemasaran dengan konten berkualitas plus SEO.
Mengapa harus membuat konten yang berkualitas? Karena konten berkualitas merupakan asset bagi usaha Anda. Membuat konten yang disukai oleh pembaca akan menjadikan bisnis Anda bernilai plus, karena konten tersebut akan mengiklankan usaha Anda lebih baik di kemudian hari.

Saat pembaca memperoleh manfaat, mereka akan merasa percaya pada bisnis Anda. Sehingga, tanpa Anda banyak beriklanpun kepercayaan dari pelanggan akan terbangun dengan sendirinya.
Berbeda dengan konten sampah yang Anda posting di website Anda seperti berita-berita hoax yang mengundang pro kontra dan memicu kecemasan. Konten seperti itu mungkin menarik banyak pengunjung, namun tidak berarti apa-apa bagi customer Anda.
Secara teknis, tulisan berkualitas juga disukai google, sehingga jika calon pelanggan Anda mencari bisnis Anda, mereka akan mudah menemukan website Anda apabila mengandung konten berkualitas yang dibuat SEO friendly.
4. Gunakan Twitter
Twitter merupakan social media yang banyak digunakan oleh masyarakat. Anda bisa mulai untuk eksis di twitter dengan membagikan sesuatu yang bernilai dan diselingi dengan iklan Anda.
Memanfaatkan twitter juga berpeluang untuk membuat bisnis Anda dikenal luas dengan fitur hashtag-nya. Anda bisa menggunakan hashtag yang sedang trending, sehingga brand Anda juga bisa eksis.
5. Buat Video Youtube yang Menarik
Satu lagi media sosial yang bisa Anda manfaatkan supaya bisnis Anda bisa tetap eksis. Social media berbasis video ini bisa Anda pakai untuk mengupload video-video seputar umrah dan haji.
Buat konten tentang tips berumrah, tips haji, tips beribadah, panduan wisata yang berhubungan dengan umrah, dsb.
Selain menebar konten bermanfaat, Anda bisa sekaligus mem-branding perusahaan Anda adalah travel umrah yang amanah dan terpercaya.

Sisipkan nilai-nilai yang ada pada perusahaan Anda, sehingga jamaah yang menonton video tersebut merasa senang dan mau mengikuti channel youtube Anda.
Demikian 5 strategi pemasaran online yang dapat Anda praktekkan. Jangan pernah menyepelekan usaha kecil Anda saat ini, karena dari upaya|usaha) yang kecil itulah usaha Anda dapat bertumbuh menjadi bisnis yang besar.
Manfaatkan sumber daya yang ada ditengah keterbatasan seperti ini, sehingga Anda akan merasa lebih siap melayani jamaah pada saat akses ibadah umrah dan haji dibuka kembali.
Jika Anda ingin memanajemen konten dan media sosial dengan lebih baik, cobalah fitur pengelolaan web dan konten dari Erahajj Indonesia, yang bisa menunjang marketing online Anda.
