7 Alasan Dokumentasi Bagi Biro Travel Umroh itu Penting - Pada setiap perjalanan umrah, kita bukan hanya sekedar mendatangi Baitullah, menunaikan ibadah umrah, dan pulang. Banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan seperti mengerjakan amalan sunnah, berwisata ke masjid atau tempat bersejarah, dan lain sebagainya. Nah, sebagai penyelenggara ibadah umroh, tugas travel umroh tidak hanya memastikan bahwa jama'ah dapat menjalankan ibadah umrohnya dengan baik. Anda, sebagai pemilik travel umrah juga harus siap menjadi perekam "sejarah" yang mungkin saja pertama dan satu-satunya ibadah umroh seseorang.

Dokumentasi bagi biro travel umroh

Pastinya, banyak pula jama'ah yang dapat mendokumentasikan sendiri menggunakan kamera digital, handphone, catatan perjalanan, dan sebagainya. Namun ternyata, dokumentasi itu sendiri penting lho, bagi travel umrah. Sudahkah Anda tahu alasan dibalik pentingnya dokumentasi kegiatan umrah bagi travel? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini! 

Baca Juga : Networking, Kunci Sukses Mendapatkan Jamaah Umroh dengan Mudah

Sebagai Arsip Perusahaan

Alasan pertama mengapa travel umrah perlu mendokumentasikan kegiatannya adalah sebagai arsip bagi perusahaan. Meskipun ada yang berkata bahwa ibadah tidak perlu didokumentasikan, namun sebenarnya ini sangat penting bagi kelangsungan usaha. Anda bisa mengevaluasi kegiatan dari dokumentasi yang ada. Dokumentasi ini bukan hanya sekedar selembar foto saja. Dokumentasi di sini termasuk penulisan jurnal kegiatan jama'ah, catatan mengenai akomodasi dan transportasi, foto, video, dan sebagainya.

Segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan umroh, seharusnya didokumentasikan dengan rapi. Sehingga, jika Anda sewaktu-waktu memerlukannya, bisa segera mendapatkannya. Anda bisa mendokumentasikan hal-hal yang berkaitan dengan catatan penting tesebut dengan memakai software khusus travel umroh. Contohnya dengan menambahkan foto di galeri website Anda, mengolah video untuk dijadikan film pendek atau dokumenter, menyimpan jurnal kegiatan umroh, dan sebagainya.

Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umroh

Sebagai Bukti Kepada Jamaah Umroh dan Keluarganya

Untuk dokumentasi yang sifatnya berupa gambar, baik foto maupun video, sebaiknya ada tenaga khusus untuk mendokumentasikannya dengan baik. Anda bisa melatih skill memotret, mengambil video secara profesional, sehingga menghasilkan gambar yang berkualitas.

Dokumentasi bagi biro travel umroh

Kedepannya, gambar-gambar tersebut bisa menjadi souvenir kenang-kenangan bagi jamaah yang telah Anda bantu keberangkatan umrahnya. Sedangkan video-video yang telah diedit dapat menjadi hadiah yang berharga ketika Anda berikan dalam bentuk VCD. Menangkap memori dan membuatnya berkesan di hati jamaah menjadi suatu pekerjaan tersendiri. Apabila Anda bisa menghadirkannya, tentunya akan menjadi nilai plus bagi travel umroh Anda.

Baca Juga : Mengutamakan Kepuasan Jamaah dan Dampaknya Bagi Bisnis Travel Umroh

Sebagai Layanan Tambahan Bagi Jamaah

Apabila Anda merasa mengambil foto dan video dengan kualitas bagus itu memerlukan biaya yang tidak sedikit, mengapa tidak coba Anda komersilkan? Anda bisa membuat paket umroh dengan layanan tambahan berupa pengambilan gambar dan video yang bagus untuk jamaah Anda.

Ya, seperti layaknya fotografi dan videografi pada sebuah paket yang biasa ditawarkan wedding organizer. Apabila ditekuni, Anda dapat meraih keuntungan dari layanan tambahan berbayar ini. Sampaikan deskripsi alasan yang jelas kepada jama'ah Anda, mengapa Anda tidak menggratiskan layanan tersebut. Biasanya mereka mau mengeluarkan biaya tambahan, apabila memang itu menjadi suatu keinginan yang dapat dihandle oleh biro travel umroh.

Baca Juga : Meraih Rezeki dengan Menjadi Agen Marketing Biro Umroh

Sebagai Syiar atau Dakwah

Selain untuk jamaah, dokumentasi bagi biro travel umroh juga bermanfaat untuk syiar. Bayangkan apabila Anda bisa menghasilkan foto yang bagus selama di tanah suci. Anda bisa menggabungkannya dengan artikel atau tips yang bermanfaat seputar umroh dan menampilkannya di website atau sosial media milik perusahaan Anda. Anda bisa menggambarkan keindahan dan suasana saat umroh, sehingga memotivasi orang yang membacanya untuk ber umrah juga. Selain bernilai syiar, bisa juga sebagai alat promosi bagi travel umroh yang Anda kelola.

Baca Juga : Kacang Arab, Oleh-oleh Favorit Sepulang Umroh yang Kaya Manfaat

Sebagai Bahan Promosi

Seperti yang sudah disebut di atas, Anda bisa menjadikan foto atau video dokumentasi Anda sebagai bahan promosi baik secara offline maupun online. Anda bisa mengambil manfaat dari hasil jepretan Anda tersebut untuk alat promosi. Jangan lupa juga menyertakan watermark perusahaan Anda (agar|supaya)) tidak dicomot oleh sembarang orang, ya!

Baca Juga : Tips Ampuh Menaikkan Penjualan Paket Umroh dengan Iklan Soft Selling

Sebagai Bahan Membuat Postingan Blog/Instagram

Setiap konten yang Anda posting di website, media sosial FB dan Instagram, pastinya membutuhkan foto atau video untuk mempercantiknya. Anda bisa menggunakan dokumentasi bagi biro travel umrah untuk membuatnya lebih menarik. Bisa juga Anda menyematkan video yang berdurasi cukup panjang di IG TV, supaya lebih menarik jamaah untuk merasakan suasana ber umrah di tanah suci melalui tayangan video Anda.

Baca Juga : Meningkatkan Kredibilitas Travel Umroh Melalui Website

Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

Dengan pencitraan yang baik melalui gambar yang Anda ambil sendiri secara profesional, Anda bisa mengambil kesempatan untuk meningkatkan brand awareness perusahaan Anda."Oh, ternyata saat ber umroh di travel ini agendanya sangat menarik dan menyenangkan!" Itulah yang mungkin ada di pikiran calon jama'ah Anda, saat melihat dokumentasi perusahaan travel umroh Anda. Anda bisa mengambil angle yang tepat saat jama'ah Anda sedang khusyuk beribadah, saat tersenyum, saat berwisata, saat bahagia, dan sebagainya. Sudah jelas bukan, bahwa dokumentasi bagi biro travel umroh itu penting? Anda hanya butuh mengupgrade kemampuan untuk mendapatkan gambar yang baik, bukan yang sekedarnya atau asal-asalan saja.

Baca Juga : Strategi Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan Travel Umroh

Jangan lupa untuk menyimpan dokumentasi Anda secara digital di penyimpanan cloud dengan bantuan sistem aplikasi khusus travel umroh dari Erahajj. Suatu saat, apa yang Anda dokumentasikan hari ini, akan menjadi berharga!

Kategori : Artikel
Tags :
biro travel umroh dokumentasi
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap biro travel umroh dokumentasi

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, biro travel umroh, dokumentasi

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami