5 Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Membuka Tabungan Haji - Melaksanakan ibadah haji, selalu berkesinambungan dengan syarat yakni "mampu" baik dari sisi biaya maupun kondisi fisik. Kemampuan secara financial sangat diutamakan, karena haji ialah ibadah yang membutuhkan dana untuk biaya pelaksanaan ibadah haji (BPIH) yang jumlahnya selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Oleh sebab itu, Anda yang hendak melaksanakan ibadah haji, harus mulai memikirkan dari mana asal dana yang dibutuhkan untuk mendaftar porsi haji dan melunasi BPIH. Bagi yang secara harfiah memang mampu untuk melaksanakan ibadah haji (misalnya telah mempunyai asset atau tabungan yang cukup untuk ibadah haji), maka langkah untuk beribadah haji ialah dengan langsung daftar porsi haji.

membuka tabungan haji

Tetapi, bagi yang sama sekali belum mempunyai dana untuk BPIH, maka kami sarankan kepada Anda untuk segera membuka tabungan haji.

Tabungan haji bisa dibuka di berbagai bank yang menyediakan tabungan khusus untuk haji. Pada dasarnya, semua bank memiliki peraturan yang mirip satu sama lain untuk membuka tabungan haji. Perbedaannya mungkin di jumlah setoran awal dan setoran berikutnya.

Untuk lebih jelasnya, ada 5 hal yang harus Anda simak sebelum membuka tabungan haji, yang akan Erahajj  sampaikan dalam artikel berikut ini.

1. Prinsip Tabungan Haji

Bila Anda membuka tabungan di Bank Syariah (disarankan memang membuka tabungan haji di bank syariah daripada di bank konvensional karena untuk menghindari riba), ada dua jenis akad tabungan haji:

  • Akad Wadiah (titipan). Dana tabungan haji dari nasabah dititipkan ke pada bank tanpa ada imbal hasil (bisa jadi ada biaya jasa titipan, namun biasanya tidak ada penarikan biaya penitipan). Bank harus siap mengembalikan dana titipan kapanpun di ambil oleh nasabah.
  • Akad Mudharabah Muthlaqah. Dana tabungan haji yang disetorkan ke bank syariah akan dikelola oleh bank syariah untuk membiayai usaha-usaha yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Nasabah akan mendapat imbal hasil berupa nisbah (pembagian keuntungan) dan biasanya juga ada asuransi tabungan haji.

Baca Juga : Haji Bukan Hanya untuk Orang Tua

2. Setoran Awal untuk Membuka Tabungan Haji dan Setoran Berikutnya

Setoran awal untuk memproses tabungan haji rata-rata adalah 100.000 rupiah. Ada yang menentukan lebih rendah contohnhya Bank Muammalat yaitu sebesar 50.000 rupiah. Ada juga yang lebih tinggi yaitu BNI, sebesar 500.000 rupiah.

Setoran selanjutnya, ada yang menentukan setoran tetap dengan jumlah yang tetap dengan fitur autodebet. Jadi, nasabah semestinya mempunyai rekening induk sebagai sumber untuk autodebet setiap bulannya.

Namun, tidak semua bank menentukan jumlah yang tetap untuk setoran berikutnya. Di BRI Syariah misalnya, setoran selanjutnya bebas, minimal 10.000 dengan metode penyetoran secara tunai ke bank atau transfer.

Untuk persyaratan pembukaan rekening, kelengkapan identitas yang harus dibawa yakni KTP/SIM/Paspor dan NPWP (jika punya). Prosedurnya silakan dipelajari di website masing-masing bank atau datang langsung ke bank pilihan Anda dan berkonsultasi kepada customer service.

3. Pendaftaran Porsi Haji

Tiap bank sepakat bahwa pendaftaran porsi haji ke KEMENAG bisa dilakukan|diproses) jika tabungan telah mencapai 25 juta rupiah. Anda bisa bertanya tentang persyaratan mendaftar dan prosedurnya langsung ke customer service bank tempat Anda menabung.

Baca Juga : Yuk, Pelajari Syarat Sah Haji Berikut Ini

4. Bagi Hasil dan Asuransi Tabungan Haji

Seperti yang kami singgung di poin pertama, jika Anda daftar tabungan haji dengan prinsip mudharabah muthlaqah, maka Anda berkesempatan memperoleh bagi hasil dan asuransi tabungan haji. Nominalnya sesuai dengan kebijakan masing-masing bank penyelenggara tabungan haji.

Hal ini cukup menguntungkan, sebab jumlah tabungan Anda dapat bertambah dengan bagi hasil. Anda juga bisa mendapat manfaat asuransi dengan premi gratis yang nominalnya bisa berbeda masing-masing bank.

Menariknya lagi, zakat akan langsung dipotong secara otomatis dari bagi hasil yang Anda terima. Jadi, Anda tidak perlu repot mengkalkulasikan sendiri.

5. Displin dalam Menabung BPIH

Salah satu kunci untuk bisa segera ibadah haji adalah dengan disiplin dalam menyimpan uang ke tabungan haji. Akan sia-sia rasanya Bila Anda hanya membuka tabungan haji namun tidak pernah diisi.

Berikut ada beberapa trik yang bisa Anda coba untuk bisa disiplin menabung BPIH:

Manfaatkan Fasilitas Autodebet

Fitur autodebet atau pendebetan secara otomatis dari rekening lain ialah salah satu upaya untuk "memaksa" kita untuk menabung haji. Tentukan setoran rutin per bulan misal 100.000 rupiah, maka setiap bulan di tanggal yang sama tabungan haji Anda akan terisi sebesar 100.000.

Kelebihan lainnya ialah Anda kadang tidak terasa berat karena tidak tahu wujud uangnya. Tahu-tahu uang di rekening Anda berkurang tiap bulan, namun jelas berkurangnya ke mana. Bukan untuk belanja-belanja tidak jelas, ya! Tapi untuk beribadah haji ke Mekkah.

Menabung Sekian Persen dari Penghasilan

Jika Anda tidak menggunakan autodebet, maka selalu sisihkan sekian persen dari pendapatan Anda untuk tabungan haji. Misal, Anda bekerja dengan upah 5 juta rupiah, maka sisihkan sekitar 5% untuk tabungan haji (250.000 rupiah) setiap bulannya ke rekening tabungan haji.

Selanjutnya, selain dari gaji misal Anda ada pemasukan lain dari bisnis adalah laba bersih 2 juta rupiah, maka perbesar tabungan Anda dengan menyimpan 10% dari laba tersebut (200.00 rupiah) langsung ke tabungan Anda. Alhamdulillah, Anda pun dapat menyisihkan 450.000 per bulan untuk ibadah haji.

Sepertinya mudah, ya? Namun tidak akan semudah itu bila Anda tidak berkomitmen untuk melaksanakannya dengan serius.

Menabung dengan Nominal Tertentu

Cara ini cukup unik tetapi efektif. Pernah mendengar tentang The Power Of 20 ribu? Nah, hanya dengan menyisihkan SELURUH uang dengan nominal 20.000 yang lewat di dompet/kantong Anda, Anda bisa menambah tabungan haji Anda dengan cepat.

Aturannya, Anda harus menyisakan semua uang 20 ribuan Anda ke dalam celengan atau botol plastik, Selanjutnya dalam 1 bulan uang yang terkumpul itu Anda setorkan ke tabungan haji Anda.

Kenapa 20 ribu? Karena si hijau ini dirasa pas nominalnya untuk ditabung, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak. Jika Anda menginginkan jumlah lain silakan, bahkan koin 1000-an pun boleh, asalkan Anda komitmen untuk menyisihkannya.

Menabung Receh Kembalian Belanja

Jangan pernah meremehkan uang recehan yang biasa Anda dapat seusai belanja. Sisihkan dalam celengan, sesudah penuh secepatnya tabungkan ke tabungan haji Anda di bank.

Menabung Emas untuk Pelunasan BPIH

Fokus dari poin-poin yang kami jabarkan di atas yaitu untuk memenuhi target nominal 25 juta rupiah untuk mendaftar porsi haji ke kemenag. Namun, jika Anda ingin menabung untuk pelunasan haji, Anda bisa simpan sebagian tabungan Anda dalam bentuk logam mulia agar menjaga nilai uang Anda saat digunakan untuk pelunasan BPIH (biasanya butuh beberapa tahun untuk daftar tunggu haji). Maka, alternatif menabung emas ini bisa Anda tempuh supaya uang Anda selamat dari gerusan inflasi.

Demikian beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda menabung untuk haji. Semoga kita semua dilimpahkan rezeki dan kemampuan untuk beribadah haji sesegera mungkin.

Bagi Anda yang mau menunaikan ibadah haji, pastikan Anda memilih biro travel haji yang terpercaya, yang sudah menggunakan sistem yang canggih pada biro travelnya. Jangan sampai Anda gagal berangkat haji sebab oknum travel yang tidak amanah dalam menjalankan bisnisnya.

Kategori : Artikel
Tags :
menabung untuk haji tabungan haji
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap menabung untuk haji tabungan haji

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, menabung untuk haji, tabungan haji

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami