Tips Menunaikan Umroh Bersama Anak Kecil - Ibadah umroh yaitu perjalanan suci yang didambakan setiap umat muslim. Ziarah ke dua kota suci Makkah & Madinah, rasanya lebih bermakna jika dilakukan dengan orang-orang terkasih.

Adakalanya pasangan yang akan berangkat umroh merasa berat untuk meninggalkan anaknya yang masih kecil, bahkan masih bayi. Karena umur adalah rahasia ilahi, kapanpun Anda sudah mampu dan siap untuk berumroh maka segera laksanakan niat baik tersebut walau harus mengajak anak-anak Anda.

Tips Menunaikan Umroh Bersama Anak Kecil

Meskipun ibadah Anda akan nampak "lebih ribet" & berbeda dengan kehadiran buah hati yang Anda ajak umroh, Anda tidak perlu terlalu risau karena sudah banyak orang tua yang membawa anak mereka ikut serta dalam perjalanan umrohnya.

Anda hanya perlu mempersiapkan ekstra seperti barang bawaan, tips saat beribadah di Mekkah, dan tentunya persiapan biaya yang lebih banyak.

Oleh karena itu, Erahajj akan memaparkan bagaimana trik menjalankan umroh bersama anak kecil agar Anda mempunyai gambaran ketika di Ka'bah nanti. Selamat menyimak!

Persiapan Umroh Bersama Anak Kecil

Sepertinya sangat klise bahwa persiapan pertama melakukan umroh yaitu menanamkan niat yang tulus dan ikhlas sebab Allah SWT. Tapi, hal ini ialah yang paling penting.

Bila kita sudah berniat ikhlas ibadah umroh sebab Allah Ta'ala, maka setiap tantangan & kesulitan ketika umroh bersama anak akan mudah saja dijalankan. Niat kuat, umrohnya juga kuat.

Anda juga dapat melakukan persiapan yang dasar seperti menyiapkan kesehatan dan juga mencari tahu tentang umroh bersama buah hati. Anda dapat melihat video tentang umroh, mempelajari rukun dan doa-doa umroh, serta menjelaskan kepada anak mengapa kita beribadah umroh.

Hal ini bisa mendorong anak juga semangat untuk menjalankan ibadah umroh.

Lengkapi Dokumen

File yang diperlukan untuk anak tidak terlalu berbeda dengan file orang dewasa. Anda harus ekstra mengurus berkas untuk semua anggota keluarga, terutama bila Anda memboyong lebih dari satu anak untuk beribadah.

Jagalah dokumen-dokumen anak agar tak terlewati sehingga perjalanan Anda lebih nyaman.

Jangan Lupa Vaksin Meningitis

Anak-anak usia lebih dari 2 tahun sudah wajib mendapatkan suntikan vaksin meningitis. Anda bisa mendapatkan vaksin ini dengan mendatangi kantor Kesehatan Pelabuhan & membayar perkiraan 300 ribuan per orang.

Untuk anak kurang dari 2 tahun, belum memerlukan vaksinasi meningitis. Namun, Anda harus ekstra berhati-hati untuk menjaga buah hati Anda dari serangan virus selama di Mekkah.

Baca Juga : Inilah Urgensi Vaksin Meningitis Sebelum Berumroh

Isi Koper Anak

Bawalah pakaian ihram anak 2-3 set karena pakaian anak biasanya lebih cepat kotor. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan beberapa pasang baju di luar ihram dan baju tidur.

Perlengkapan lain seperti pakaian dalam, kaos kaki, alas kaki, topi, kacamata, dan lain-lain sebaiknya anda buat daftar-nya supaya tidak ada yang terlewat.

In-Flight Entertainment

Jarak Indonesia dengan Arab Saudi cukup jauh, memakan waktu setidaknya 9 jam perjalanan. Lama perjalanan sepanjang itu bagi anak-anak pasti sangat melelahkan.

Oleh karena itu, pastikan penerbangan Anda ada in-flight entertainment-nya. Jika tidak, maka Anda harus kreatif mengusir kebosanan anak dengan membawakannya mainan, krayon, atau bermain tablet (jika perlu).

Siapkan makanan ringan juga ya, kalau anak lapar dan ingin ngemil makanan ringan kesukaan mereka.

Baca Juga : Begini Seharusnya Aktivitas Jamaah Umroh di Dalam Pesawat

Perhatikan Jarak Hotel dan Masjid

Bila budget Anda memungkinkan, pilihlah paket umroh dari travel umroh Anda dengan jarak hotel yang paling dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Biasanya, hotel yang dekat dengan kedua masjid tersebut tarifnya lebih mahal, namun ada benefit yang bisa Anda petik.

Ketika Anda memboyong buah hati umroh, hotel yang dekat akan mempersingkat waktu tempuh Anda dan anak pun tak merasa kelelahan bolak-balik masjid & hotel. Saat Anda bisa meninggalkan anak-anak ke masjid (karena anak masih tidur, misalnya), Anda tak akan terlampau jauh ke hotel sehingga merasa lebih tenang dan nyaman beribadah.

Bawa Obat-obatan Anak

Obat-obatan dasar untuk anak seharusnya disiapkan dari tanah air. P3K, obat demam/pusing, minyak kayu putih, suplemen, dan madu adalah hal penting yang mesti dibawa supaya anak dapat lebih terjaga staminanya dan Anda tidak kerepotan saat anak jatuh sakit.

Makanan Ringan dan Minuman/Susu Anak

Makanan ringan alias camilan yakni salah satu pengusir bosan untuk anak. Anda dapat membawa makanan ringan cukup banyak supaya bisa berbagi dengan anak-anak lain yang ada di Masjidil Haram.

Orang-orang di Masjidil Haram pun biasanya suka memberi anak kecil permen, cokelat, biskuit, atau kurma, sehingga Anda bisa menirunya sebagai sedekah Anda selama berumroh.

Untuk minuman atau susu, Anda bisa membawanya dari tanah air, kalau-kalau ada rasa khawatir anak Anda tidak mau susu yang dijual di Arab Saudi.

Baca Juga : Kuliner Timur Tengah yang Bisa Anda Coba Selama Umroh

Membawa Mainan dan Hiburan

Selain camilan, membawa mainan dan hiburan lainnya juga penting bagi anak-anak. Jika tidak, mereka akan mencari hiburan sendiri dan itu terkadang membuat gaduh. Anda tidak mau kan, ibadah Anda dan orang lain terganggu karena anak merengek atau bermain-main/gaduh secara berlebihan?

Oleh karena itu, mainannya jangan lupa dibawakan ya!

Membawa Stroller, Perlukah?

Ini bukan barang wajib. Jika perlu, Anda bisa membawanya. Namun, disarankan strollernya yang tidak terlalu mahal, sebab rawan hilang. Tergantung, anak Anda usia berapa dan terbiasa dengan stroller atau tidak. Jangan sampai sudah bawa jauh-jauh, tapi tidak terpakai.

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan kursi roda. Biasanya hotel menyediakan gratis, namun ada juga yang bisa disewa di seputaran Masjidil Haram.

Gunakan saat anak Anda sudah mulai lelah untuk berjalan, sehingga kondisinya tetap terjaga tidak sampai kelelahan.

Agar Anda Tetap Khusyu Beribadah

Tips berikutnya adalah Anda harus bisa bekerjasama dengan pasangan agar bisa melaksanakan ibadah dengan khusyu'. Bergantian menjaga anak adalah alternatif saat Anda melakukan rukun umroh dan ibadah lainnya.

Aturlah agar ibadah Anda menjadi nyaman dan tetap khusyu, karena membawa anak kecil saat umroh tentu berbeda dengan ketika Anda pergi sendiri atau bersama orang dewasa saja.

Jangan Paksa Jika Anak Sudah Lelah

Seringkali orangtua tidak menyadari bahwa anaknya sudah telalu lelah, mengantuk, dan sebagainya. Hal ini harus mendapat perhatian lebih. Karena Anda umroh tidak hanya 1 hari saja, namun beberapa hari di tanah suci.

Selalu berdoa kepada Allah agar dilancarkan dalam menunaikan ibadah umroh, diberikan kesehatan dari awal hingga akhir, dan berakhir dengan predikat mabrur.

Nah, itulah tips beribadah umroh bersama anak kecil. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kebiasaan anak dan kebijaksanaan Anda sebagai orang tua agar ibadah umroh Anda dengan anak semakin berkesan.

Cari travel umroh yang berpengalaman memberangkatkan jamaah umroh termasuk jamaah anak-anak. Pastikan travel umroh tersebut profesional dan pelayanannya berkualitas seperti travel-travel yang sudah menggunakan sistem aplikasi Erahajj.

Kategori : Seputar Umrah
Tags :
umroh umroh bersama anak
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap umroh umroh bersama anak

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, umroh, umroh bersama anak

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami