5 Fakta Unik Terkait Ka'bah, Anda Harus Baca!

Ditulis pada 05 Januari 2020, 17:06:38

5 Fakta Unik Tentang Ka'bah, Anda Harus Baca! - Anda pasti sudah akrab dengan pusat ibadah orang Islam yang berada di Tanah suci ini. Ya, kita semua pasti merindukan untuk datang ke tanah suci untuk melihat ka'bah dari dekat & melaksanakan ibadah haji atau umrah.

15852551592055484436-erahajj-5-fakta-unik-tentang-kabah-anda-harus-baca.png

Tahukah kalian? Ka'bah menyimpan bermacam macam fakta unik yang sedikit kita sadari. Hal ini menjadikan ka'bah menjadi tempat yang selalu ingin didatangi orang islam dari seluruh belahan dunia.

Apa saja fakta menarik tersebut? Simak selengkapnya dalam artikel yang akan Erahajj hadirkan untuk Anda.

Daerah Sekitar Ka'bah Memiliki Gaya Gravitasi yang Besar

Hal ini mengakibatkan gelombang radio ataupun satelit tidak dapat mendeteksi isi ka'bah. Dengan terdapat gaya gravitasi yang besar, orang-orang yang bermukim di sekitaran ka'bah menjadi lebih sehat.

Gaya gravitasi itu juga mengakibatkan kandungan garam di bawah ka'bah menjadi lebih tinggi (mata air zam-zam) sehingga suasana sejuk tetap terasa walaupun sedang cuaca terik. Tak heran, jamaah dapat tetap nyaman beribadah ketika cuaca sangat terik sekalipun.

Baca Juga : Ini Dia Gambaran Kondisi Masjidil Haram yang Perlu Jamaah Umrah Ketahui

Ka'bah Telah 12 Kali Direkonstruksi

Ternyata, bentuk ka'bah yang ada pada saat ini sudah mengalami perubahan berkali-kali. Ka'bah merupakan tempat peribadahan tertua, yang sudah ada dari zaman Nabi Adam.

Bahkan, ada sumber yang menyatakan bahwa ka'bah sudah ada sejak sebelum Nabi Adam diturunkan ke bumi. Tempat yang saat menjadi ka'bah merupakan tempat thawaf para malaikat.

Baca Juga : Ini Dia Asal Usul Thawaf Pada Haji dan Umrah

Kiswah Tak Hanya Berwarna Hitam

zaman dahulu, kiswah warnanya sangat beragam. Rasulullah SAW pernah menyelimuti ka'bah dengan warna putih (kain dari Yaman). Sedangkan warna yang lain adalah kuning, merah dan hijau.

tetapi, saat kekuasaan Dinasti Abbasiyah, warna kiswah diputuskan menjadi hitam dan digunakanlah warna tersebut hingga saat ini. Warna kiswah saat ini lebih banyak hitam dengan garis berwarna emas di bagian atas dan pintu ka'bah.

15852551638915545078-erahajj-5-fakta-unik-tentang-kabah-anda-harus-baca.png

Itulah akhir dari warna-warni kiswah yang pernah menyelimuti ka'bah. Biasanya, ka'bah berganti kiswah 2x dalam setahun. Kiswah yang tak dipakai dipotong-potong dan dijadikan souvenir untuk negara-negara terdekat Kerajaan Arab Saudi.

Ka'bah Sebenarnya Boleh Dimasuki Siapa Saja

Awalnya, ka'bah boleh dimasuki siapa saja. Dahulu gelombang jamaah haji dan umrah belum seperti sekarang ini. Sehingga hal tersebut memungkinkan jamaah untuk masuk dan beribadah shalat di dalam ka'bah.

akan tetapi, seiring dengan banyaknya jamaah yang berziarah ke ka'bah untuk menunaikan ibadah haji dan umrah, maka sekarang ini ka'bah hanya dibuka untuk sebagian kecil tamu penting, dan tidak dibuka untuk semua jama'ah.

Alternatifnya, Anda dapat beribadah di Hijr Ismail. Bangunan setengah lingkaran yang terdapat di sebelah utara ka'bah ini adalah bagian dari ka'bah yang tidak dibangun ulang oleh kaum Quraisy karena kekurangan dana saat itu.

Baca Juga : Sekilas Sejarah Hijr Ismail yang Perlu Anda Ketahui

Saat Banjir, Jamaah Thawaf Sambil Berenang

Fakta menarik yang terakhir adalah thawaf di seputaran ka'bah tidak pernah berhenti kecuali saat jam shalat fardhu, lho! Bahkan hujan lebat dan banjir tak menghalangi jamaah untuk tetap melakukan thawaf.

15852551645362417471-erahajj-5-fakta-unik-tentang-kabah-anda-harus-baca.png

ketika hujan lebat, ka'bah akan tergenang sepergelangan kaki bahkan selutut,. Jamaah masih bisa melaksanakan thawaf sambil berjalan pelan-pelan. tetapi, dahulu pernah ada peristiwa banjir besar di ka'bah tetapi jamaah tak kehabisan akal. Mereka melaksanakan thawaf sambil berenang. Masya Allah.

Baca Juga : Ini Dia 5 Destinasi Wisata Umrah yang Disukai Jamaah

Itulah 5 fakta unik tentang ka'bah yang membuat tempat yang dipenuhi dengan gelombang positif dari doa-doa para jamaah haji dan umrah ini semakin dirindukan.

Jika Anda merasa mempunyai kemampuan untuk berumrah, jangan ragu untuk memilih salah satu biro umrah yang akan mengantarkan Anda menuju tanah suci. Pilihlah biro umrah yang amanah dan profesional, contohnya seperti travel umrah yang telah menggunakan software Erahajj.

Erahajj adalah software khusus travel umrah yang dapat menjadikan pengelolaan travel umrah lebih efisien. Hubungi kami, dan kami akan berikan mudahnya mengelola travel umrah hanya dengan 1 aplikasi.

Kategori : Artikel
Tags :
ka'bah fakta unik tentang ka'bah
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap ka'bah fakta unik tentang ka'bah

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, ka'bah, fakta unik tentang ka'bah

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami