Berhaji di Usia Muda? Kenapa Tidak?

Ditulis pada 23 Desember 2019, 23:22:34

Anda yang sedang melakukan perhitungan dan menggali informasi biaya haji 2020 mungkin berpikir bahwa tarif haji dari tahun ke tahun selalu lebih tinggi.

Hal ini disebabkan oleh inflasi yang menggerus nilai mata uang kertas, sehingga Anda yang masih belum merencanakan ibadah haji perlu berhati-hati.

Daftar tunggu haji sudah cukup banyak, bahkan di beberapa kota sudah sangat lama hingga puluhan tahun. pastinya, bila Anda mempunyai mimpi untuk berhaji di umur yang relatif muda, Anda mesti sudah menyiapkan diri dan juga dana untuk menunaikan haji.

biaya haji 2020

Hal ini tidak salah, karena haji memang bukan hanya didominasi orang tua saja. Ibadah haji dapat dilakukan siapa saja, termasuk kaum muda.

Walaupun saat ini banyak orang tua yang menunaikan haji, sebab mereka mendapatkan prioritas untuk menunaikan haji karena faktor usia. Bisa juga karena mereka baru mendapat giliran haji sekarang, setelah menunggu puluhan tahun.

Karena ibadah haji bukan hanya ibadahnya orang tua, ada baiknya anda mulai berpikir untuk merencanakan ibadah haji sejak dini. Lebih baik sadar cepat daripada keburu tua baru sadar, kan?

Baca Juga : Ini Dia Gambaran Kondisi di Masjidil Haram yang Perlu Jamaah Umroh Ketahui

Persiapkan Ruhani dan Ilmu Tentang Haji

Persiapan pertama untuk melaksanakan ibadah haji adalah persiapan rohani atau mental. Kalau ibadah rukun islam yang lain tidak memerlukan terlalu banyak persiapan mental, beda dengan haji.

Saat haji, kita menempuh perjalanan yang cukup jauh (dari Indonesia), sehingga perbedaan kultur, suasana, manusia, & sebagainya dapat mempengaruhi mental seseorang.

Ada jama'ah haji yang merasa takut untuk menunaikan ibadah haji. Merasa belum siap untuk menunaikan haji. Takut, nanti di Mekkah seperti apa kondisinya, dan banyak ketakutan-ketakutan lainnya.

Hal ini dapat disebabkan dari kondisi rohani yang tidak cukup matang untuk menjalankan ibadah haji. Bisa juga karena orang tersebut belum mempunyai ilmu tentang ibadah haji sehingga tidak ada keberanian untuk menjalankannya.

Yang paling menjadi hambatan ialah merasa tidak pantas mendapat gelar haji. Seperti yang banyak kita ketahui bahwa di Indonesia, haji selalu dikaitkan dengan orang yang paham agama dengan baik. Sehingga bila kita merasa belum punya pemahaman tentang agama yang baik, maka tidak layak haji.

Hal yang salah pemahaman seperti ini membuat orang semakin mantap beranggapan bahwa haji memang hanya untuk orang tua saja. Anak muda belum pantas haji, bahkan umroh pun belum terpikirkan.

Solusinya ialah, segera isi diri Anda tentang ilmu-ilmu yang berkaitan dengan haji. Semakin tahu tentang haji, Anda akan semakin bersemangat untuk ibadah haji di umur muda.

Baca Juga: Tips Menunaikan Umroh di Usia Muda

Targetkan Tahun Berangkat

Setelah niat untuk melaksanakan sudah kuat dalam diri Anda, Anda mesti mempunyai target kapan akan melaksanakan ibadah haji. Jangan sampai niat hanya berakhir dengan niatan saja tanpa ada realisasi.

Target membuat rencana Anda semakin jelas. Rencana yang jelas akan menuntun Anda membuat langkah-langkah untuk mencapainya. Misal, Anda ingin menunaikan haji pada tahun 2030. Maka, Anda mempunyai waktu sekitar 10 tahun untuk melakukan persiapan.

Walaupun kenyataannya daftar tunggu bisa lebih dari 10 tahun, setidaknya Allah akan mencatat niat Anda tersebut dan insya Allah akan diberi kemudahan jalan Anda untuk menggapainya.

Pernah mendengar, bukan, orang yang mendapatkan keajaiban-keajaiban setelah ia bersungguh-sungguh untuk menunaikan haji ataupun umroh? Seringkali, cara yang Allah beri kepada kita sama sekali tidak terkira.

Maka dari itu, jangan ragu untuk membuat impian. Tuliskan di selembar kertas dan pajang di tempat yang dapat Anda lihat setiap hari. Dengan demikian, Anda mempunyai semangat untuk mencapainya.

Baca Juga : 5 Alasan Terkuat Harus Umroh Ramadhan

Persiapkan Dana atau Biaya Haji 2020 dengan Matang

Setelah tahu kapan Anda akan berangkat, Anda bisa mulai membuat rencana pendanaan. Ya, ibadah haji atau umroh memang memiliki syarat lain agar dapat menunaikannya yakni berkaitan dengan kemampuan finansial.

Kemampuan finansial ini tidak berkaitan dengan pendapatan Anda. Sebab ada seseorang dengan penghasilan yang tidak besar, tapi akhirnya dapat menunaikan haji,  karena ia konsisten dalam menabung.

Ada juga orang yang memiliki kemampuan finansial yang baik, namun tidak pula segera mendaftar haji. Jadi, berapapun sekarang penghasilan Anda, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian untuk ibadah haji.

Pertama yang harus Anda kejar ialah biaya daftar porsi haji. Anda bisa mendaftar haji setelah mempunyai biaya sekitar 25 juta rupiah. Selanjutnya, Anda bisa melunasinya nanti saat akan pergi ke tanah suci.

Jadi, tidak perlu menunggu punya dana sebesar BPIH atau Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji baru mendaftar. Apalagi saat ini ada biaya talangan haji yang ditawarkan oleh Bank atau lembaga keuangan lain yang dapat Anda manfaatkan untuk mendaftar haji.

Baca Juga : Inilah 10 Keutamaan Umroh yang Bikin Anda Ingin Ke Tanah Suci Lagi

Persiapkan Fisik Supaya Bugar dan Prima

Terakhir, persiapan yang dapat Anda lakukan untuk dapat berangkat melaksanakan haji yakni dengan menyiapkan fisik Anda supaya bugar dan prima ketika melaksanakan ibadah haji.

Bila ibadah haji Anda baru terlaksana 10-20 tahun lagi, mulai dari sekarang biasakan untuk menjalani pola hidup sehat. Anda bisa mulai mengonsumsi hanya makanan sehat yang tidak memicu penyakit-penyakit berat seperti jantung, hipertensi, dan lain-lain.

Lakukan juga olahraga agar bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar. Ibadah haji yakni ibadah yang membutuhkan gerakan fisik dan stamina yang cukup baik. Maka dari itu, lakukan olahraga-olahraga yang menyehatkan dan membuat tubuh Anda sehat.

Umroh Dulu, Agar Lebih Rindu Ibadah Haji

Ada yang berpendapat bahwa bila Anda mempunyai sejumlah uang, Anda harus mendaftar haji daripada berangkat umroh. Karena yang wajib adalah haji, Anda tidak perlu umroh sebelum berhaji bila kemampuan keuangan Anda hanya cukup untuk haji.

Tapi, ada pula yang beranggapan tidak mengapa umroh dulu, sebab menunggu haji yang sangat lama masa tunggunya, Anda dapat umroh dahulu yang bisa dikerjakan kapan saja.

Kedua pendapat di atas boleh saja Anda pilih sesuai dengan keyakinan Anda. Sebagai jalan tengah, Anda bisa mendahulukan daftar porsi haji, baru setelah ada dana lebih lagi, Anda bisa mendaftar umroh.

Ibadah umroh juga disebut haji kecil. Bahkan, umroh di bulan ramadhan dinilai setara dengan haji pahalanya. Anda boleh saja jika punya rezeki lebih, berangkat umroh sembari menunggu giliran haji Anda.

Perlu diingat, bahwa salah satu hikmah dari umroh adalah Anda bisa merasakan sebagaian rukun-rukun haji, sehingga tahu bagaimana rasanya nanti saat berhaji. Oleh karena itu, sisihkan waktu dan dana untuk pergi umroh, sebagai salah satu ikhtiar mendekatkan impian Anda menjalankan ibadah haji.

Baca Juga : Pahala Sabar dan Ikhlas Menunaikan Ibadah Umroh

Bila Anda lihat tarif haji 2019 (BPIH 2019) saat ini menyentuh angka 35 jutaan, dapat diperkirakan tarif haji 2020 juga ada dikisaran tersebut bila tidak ada peningkatan.

Yang pasti, Anda harus segera menyiapkan dana haji Anda sekarang dengan membuka rekening khusus biaya haji, sehingga niat Anda untuk pergi haji di usia muda bisa dilaksanakan.

Pilihlah biro travel umroh dan haji yang terpercaya dan sudah menggunakan sistem aplikasi travel umroh dan haji terbaik agar Anda dapat menjalankan ibadah dengan nyaman dan tenang.

Kategori : Artikel
Tags :
Haji biaya haji onh
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap Haji biaya haji onh

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, Haji, biaya haji, onh

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami