Tips Menandai Koper Jamaah Umrah Agar Tidak Tertukar

Ditulis pada 17 Desember 2019, 09:53:12

Cara Menandai Koper Umrah - Memasuki musim umrah. umumnya ada suasana berbeda di bandara. Mulai bermunculan koper-koper yang terlihat sama dengan tulisan yang tercetak di atas koper.

Umumnya ini merupakan koper-koper milik jamaah umrah yang diberikan dari travel umrah yang mereka gunakan untuk membimbing mereka melakukan ibadah umrah.

Meski sudah ada penanda seperti tulisan sablon, proses handling koper jamaah umrah ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Sering kali, ada saja kondisi koper hilang, tertinggal, atau tertukar dengan koper jamaaah lain.

Cara Menandai Koper Jamaah Umroh Agar Tidak Tertukar

Hal tersebut menumbuhkan ide dari para jamaah untuk menandai koper mereka sendiri dengan segala jenis benda agar lebih mudah dikenali. Mulai dari benda yang umum seperti gembok warna-warni, bendera merah putih, boneka-boneka berwarna mencolok, hingga sesuatu yang tak lazim seperti mengikat sikat toilet pada koper mereka.

Beberapa benda yang umum pasti diperbolehkan untuk dipasang di koper selama benda tersebut tak berbahaya seperti benda tajam atau benda yang mudah terbakar dan meledak.

Kali ini, Erahajj akan memberikan sedikit tips cara menandai koper umrah supaya tak mudah tertukar atau hilang saat di bandara. Simak selengkapnya hingga selesai, ya!

Baca Juga : Pentingnya Memberikan Pemahaman Seputar Umrah Kepada Jamaah

Persiapan Awal Membawa Barang Keperluan Umrah

Sebelum membahas mengenai cara menandai koper umrah milik Anda jamaah umrah, Anda harus paham dulu apa saja barang keperluan umrah yang wajib Anda bawa dan tidak Anda bawa.

Hal tersebut adalah langkah wajib supaya apa yang masuk ke dalam koper Anda hanyalah barang yang benar- benar dibutuhkan selama umrah nanti. Bukan benda yang tak perlu dibawa atau barang yang dapat dibeli dengan mudah di tanah air.

Anda dapat memaksimalkan kapasitas koper Anda apabila Anda bisa memilih apa saja yang akan Anda bawa ke tanah suci. Cara penyusunan barang pun harus tepat.

Misal, pakaian ihram ditempatkan pada posisi paling atas dekat resleting, karena akan segera dipakai saat tiba di miqat.

Untuk pakaian yang rencananya akan digunakan saat city tour, Anda dapat memposisikan agak ke dalam, karena masih dapat diambil saat di hotel.

Barang-barang yang sekiranya dibutuhkan saat di pesawat, jangan diletakkan di koper akan tetapi di tas jinjing atau tas pinggang yang akan Anda bawa ke kabin pesawat.

Cara penataan seperti ini memerlukan bimbingan dari orang yang memahami kebutuhan umrah. Maka sebaiknya pembimbing umrah dari biro travel umrah memberikan edukasi seputar hal ini saat manasik.

Informasi berguna seperti ini bertujuan mengedukasi jamaah supaya ibadah umrahnya semakin lancar.

Baca Juga : 11 Barang untuk Umrah yang Wajib Dibawa

Cara Menandai Koper Umrah

Langkah berikutnya setelah barang keperluan selama umrah telah tertata dengan baik adalah menandai koper umrah supaya tidak tertukar dan mudah dikenali saat di bandara atau di bagasi bus saat di tanah suci.

Gunakan Pita Berwarna Berbeda per Rombongan

Biasanya, ketua rombongan umrah akan menentukan warna tema untuk pita yang akan digunakan sebagai penanda koper. Usahakan, setiap rombongan memilih warna yang berbeda agar koper jamaah dalam satu rombongan dapat langsung dibedakan berdasarkan warna pita ini.

Saat ini, pihak maskapai Garuda melarang pengaman berbentuk jaring yang dulu umum digunakan untuk mengamankan koper. Hal ini bermaksud mengindari penambahan barang bawaan dan beranaknya koper jamaah saat kepulangan.

Oleh sebab itu, Anda bisa menentukan pita dengan warna khusus untuk satu rombongan Anda. Sediakan satu pita cadangan di dalam tas jinjing jika sewaktu-waktu pita Anda terlepas dan hilang.

Memakai Aksesoris dengan Warna Mencolok

Selain menggunakan pita, Anda juga bisa menggunakan aksesoris dengan warna mencolok. Benda yang biasa digunakan adalah boneka. Misalnya bonekaa pokemon yang berwarna kuning, atau boneka doraemon yang berwarna biru.

Anda bisa mengikat dua boneka di bagian kiri dan kanan koper agar koper di bolak-balik penanda tersebut tetap bisa dilihat. Penanda menggunakan aksesoris ini sangat memudahkan Anda ketika mencari koper di bandara supaya lebih cepat dan mudah.

Pasang Badge Bendera Merah Putih

Anda dapat menempelkan badge bendera merah putih dari bahan kain untuk menandai koper Anda supaya bisa dikenali sebagai barang bawaan jamaah umrah dari Indonesia.

Cara penempelannya dapat dijahit di atas koper supaya lebih kuat. Jika tak bisa, Anda bisa menempelkannya dengan menggunakan lem yang cukup kuat.

Cantumkan Nama dan Foto Jamaah

Ada lagi cara yang simpel dan tepat sasaran, yaitu dengan mencantumkan nama dan foto jamaah. Caranya masih sama, yaitu dengan mencetak nama dan foto jamaah dengan menggunakan bahan kain yang dapat menempel di koper maupun tas jinjing.

Pencantuman nama dan foto ini memang terlihat kurang elegan, tapi efektif agar Anda dapat mudah mengenali barang bawaan Anda dengan cepat.

Baca Juga : Inilah Urgensi Vaksinasi Meningitis Sebelum Berumrah

Jangan Membawa Barang Terlarang

Satu lagi cara yang tidak boleh dilupakan adalah jangan pernah sesekali untuk memasukkan barang-barang yang terlarang untuk dibawa ke tanah suci dalam koper Anda.

Selain akan merepotkan Anda sendiri (karena harus membongkar dan meninggalkan barang tersebut), hal ini juga bisa membuat pihak yang membantu Anda menghandle koper di bandara juga terhambat.

Sehingga, satu-satunya cara untuk menghindarinya yakni patuh terhadap aturan dari travel umrah untuk tidak membawa barang terlarang tersebut.

Itulah tips cara menandai koper umrah yang akan memudahkan Anda saat berumrah nanti. Ikuti tips-tips bermanfaat lainnya hanya di blog Erahajj.

Kategori : Artikel
Tags :
Jamaah Umrah edukasi jamaah koper umrah koper
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap Jamaah Umrah edukasi jamaah koper umrah koper

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, Jamaah Umrah, edukasi jamaah, koper umrah, koper

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami