Gambaran situasi di Masjidil Haram - Salah satu daya tarik seseorang untuk pergi berumroh, terkadang hanya dari foto-foto ka'bah, foto orang yang sedang umrah, atau foto-foto Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang banyak beredar di internet.

Banyak orang yang kagum melihat keindahan Masjidil Haram, sehingga timbul rasa ingin menapakkan kaki ke tanah haram untuk menunaikan ibadah haji dan umroh.

gambaran kondisi di masjidil haram

Tentunya, sebuah gambar tidak mumpuni untuk menggambarkan keadaan asli sebuah tempat. Anda bisa juga melihat video-video yang diupload oleh jamaah umrah lainnya, sehingga rasa ingin berada di Mekkah khususnya Masjidil Haram semakin menggebu.

Apabila Anda ingin mengetahui situasi kondisi Masjidil Haram selengkapnya, Erahajj akan memberikan artikel tersebut untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Kapan Waktu Terbaik Berangkat Umroh?

Pintu Masuk Masjidil Haram

Ada banyak sekali pintu di Masjidil Haram. Umumnya, jamaah Indonesia hanya menggunakan 2 pintu sebab mudah diingat namanya dan berhubungan dengan tempat pemondokan atau hotel mereka.

2 pintu tersebut adalah pintu King Abdul Aziz dan pintu King Fahd. Padahal, terdapat ratusan pintu lain yang bisa digunakan. Namun karena takut tersesat, jamaah umrah dari Indonesia menggunakan untuk keluar dan masuk melalui pintu yang sama.

Jika Anda ingin menjelajah Masjidil Haram,  ada baiknya Anda bersama seorang teman atau muthawwif Anda agar Anda bisa mengetahui jalan masuk dan keluar yang lain selain yang sudah biasa digunakan oleh jamaah umrah Indonesia.

Kalau masih bingung, Anda dapat menghubungi Askar yang banyak menjaga di disetiap pintu Masjidil Haram.

Luas Masjidil Haram

Masjidil haram memiliki luas bangunan yang sangat besar. Luasnya sekitar 365ribu meter persegi, sehingga dapat memuat jamaah sejumlah 900 ribu orang. sangat besar dan luas, bukan?

Tak heran jika Masjidil Haram adalah masjid terbesar di dunia. Dengan bangunan sedemikian luas, jamaah umrah bisa bebas memilih ingin beribadah di mana. Berbeda dengan saat musim haji, Anda masih harus berdesak-desakan bersama jamaah lain di Masjidil Haram.

Rahasia Lantai Dingin Masjidil Haram

Anda yang belum berangkat umrah dan belum tau gambaran situasi di masjidil haram mungkin penasaran, apakah jenis lantai yang digunakan untuk melapisi wilayah thawaf di masjidil haram?

Lantai di sekitaran ka'bah berwarna putih dengan motif khas batuan alam terbentuk dari marmer yang dibeli langsung dari Thassos, sebuah pulau di utara Yunani yang mempunyai batuan alam terbaik. Batuan alam ini sudah lama digunakan oleh kerajaan Romawi untuk membuat bangunan mereka.

Asalnya, lantai ini dibuat dari bongkahan marmer berwarna putih dengan kualitas tinggi. Batu tersebut dipotong dan diproses menjadi ubin marmer. Dengan ketebalan 5 cm disetiap bloknya, membuat lantai ini sangat sesuai ketika dipasang di masjidil haram.

Jenis dan ketebalan marmer inilah yang membuat lantai di masjidil haram tetap dingin walaupun cuaca di Makkah begitu panas, sampai mencapai 50 derajat celcius sekalipun.

Hasilnya, kaki jamaah tak akan merasakan kepanasan saat thawaf di siang bolong, karena memang lantainya akan tetap terasa sejuk di kaki. Luar biasa ya?

Lantai ini juga bisa menyimpan kelembaban di malam hari, sehingga lantai tetap nyaman dipijak ketika beribadah di waktu malam.

Baca Juga : 5 Alasan Terkuat Mengapa Anda harus Umroh di Bulan Ramadhan

Kondisi Ka'bah

Kiblat dari seluruh umat muslim untuk shalat, haji, dan umrah adalah Ka'bah. Bangunan yang terletak di tengah-tengah Masjidil Haram ini adalah bangunan yang didirikan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Bentuk kubus dengan ukuran 12,7 meter x 8,5 meter x 11 meter. Ka'bah terbuat dari batu dengan ruangan yang bisa di masuki di dalamnya. Ka'bah memiliki selimut hitam bernama kiswah.

disamping itu, terdapat pintu untuk keluar masuk ka'bah. Pintu ini jarang dibuka. Anda yang ingin sekali memasuki ka'bah, bisa menuju Hijr Ismail karena Hijr Ismail sebenarnya adalah bagian dari dalam ka'bah.

Baca Juga :

Multazam, Hajar Aswad, Hijr Ismail, dan Rukun Yamani

Bagi Anda yang sedang umroh dan ingin sekali doa dikabulkan, maka Anda bisa mendatangi lokasi mustajab yang ada di Masjidil Haram. Tempat tersebut antara lain adalah Multazam, Hajar Aswad, Hijr Ismail dan Rukun Yamani.

Multazam merupakan area di antara Hajar Aswad dan pintu ka'bah. Banyak orang yang berebut ingin berdoa di multazam sebab doa yang di panjatkan di tempat ini Insya Allah akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Begitu juga tempat-tempat yang telah disebutkan tadi. Jika Anda bisa, maka Anda wajib manfaatkan untuk berdoa kepada Allah di tempat mustajab tersebut.

Baca Juga : Inilah 10 Keutamaan Umroh yang Bikin Anda Ingin ke Tanah Suci Lagi

Pergi ke Tempat Wudhu Tersembunyi di Masjidil Haram

Jamaah umroh biasanya berwudhu di luar Masjidil Haram yang sangat jauh letaknya apabila dijangkau dari dekat ka'bah. Maka, mereka biasanya cuek saja dan memilih berwudhu di kran tempat mengambil air zam-zam.

Padahal, ada lho tempat wudhu yang dekat di dalam masjidil Haram. Jika Anda melihat terdapat tangga landai yang lebar menuju bawah pelataran masjidil haram, bisa dipastikan itu adalah akses menuju tempat wudhu.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi ya ketika batal dan harus berwudhu, Anda tidak perlu capek-capek keluar Masjidil Haram.

Meminum Air Zam-zam

Keistimewaan dan keindahan yang takkan Anda dapatkan di tempat lain adalah menikmati air zam-zam sepuasnya di Masjidil Haram. Pengurus masjid telah menyiapkan air zam-zam khusus jamaah yang diletakkan dalam galon-galon berwarna putih.

Anda dapat mengambil air zam-zam kapanpun Anda merasa haus. tak perlu berebut karena jumlah galonnya cukup banyak. Sebaiknya, Anda membawa botol minuman sendiri, sehingga memudahkan Anda untuk minum air yang mempunyai seribu satu khasiat sesuai niat peminumnya ini.

Agar Nyaman Beribadah di Masjidil Haram

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya lebih nyaman beribadah di Masjidil Haram.

Selalu Bersama Rombongan Lebih Baik

Jika Anda adalah tipe orang yang sering bingung arah, atau tidak biasa bepergian sendirian, maka sebaiknya Anda tetap bersama rombongan agar tidak tersesat.

Meskipun Anda membawa peta dan yakin tak akan tersesat, tak ada salahnya Anda tetap berada di dalam rombongan Anda agar Anda lebih nyaman beribadah di Masjidil Haram.

Bawa Tempat Khusus Sandal

Agar Anda pulang ke penginapan tidak nyeker atau tak kehilangan sandal, sebaiknya Anda selalu menyiapkan tempat khusus untuk membawa sandal Anda selama beribadah di Masjid Al Haram. Tempat sandal ini biasanya seperti tas kecil yang dapat dijinjing.

apabila Anda benar-benar tidak ingat, maka pakai plastik yang bersih dan masukkan sandal Anda ke dalam tas jinjing sehingga orang lain pun yang shalat di sekitar Anda merasa nyaman, tidak melihat sandal/sepatu Anda yang mungkin sudah kotor / bau.

Jangan Saling Dorong

Ada nasihat dari jamaah umroh dari negara lain yang suka mendorong-dorong atau berdesak-desakan saat thawaf. Sebaiknya, Anda mengindari saling dorong ini, sehingga tidak mengganggu kekhusyu'an jamaah lain yang sedang beribadah.

Gunakan Pakaian yang Pantas dan Sopan

Kenakanlah pakaian yang pantas dan sopan ketika beribadah di masjid yang istimewa ini, dimana pahala shalat Anda akan dilipatgandakan 100.000 kali.

Anda sebaiknya memberikan penghormatan dengan menggunakan pakaian yang sopan, saat tidak memakai ihrom.

Pakaian yang pantas di sini bukan berarti harus mewah, tetapi bersih, suci, dan layak digunakan untuk ibadah.

Hindari Selfie Berlebihan

Selfie menggunakan kamera smartphone / kamera digital memang tak dilarang. Namun, Anda harus dapat menahan diri untuk tidak selfie secara berlebih-lebihan.

Selain mengganggu ibadah jamaah lain, Anda juga dapat kehilangan banyak kesempatan untuk beribadah jika hanya berfokus pada mengambil gambar saja.

Hindari Bercanda dan Menggunjing

Hal lainnya yang seharusnya sangat Anda hindari adalah bercanda hingga tertawa terbahak-bahak dan menggunjing. Meskipun sehari-hari hal itu biasa dilakukan (terutama kaum hawa), namun Anda harus dapat menahan diri untuk tidak melakukannya di masjidil Haram.

Tentunya karena hal itu tidak pantas dilakukan, Anda akan terjerumus dalam perbuatan sia-sia. Lebih baik fokus beribadah, berdzikir dan membaca al Qur'an supaya Anda tidak terlibat dalam kegiatan yang sia-sia.

Demikian gambaran situasi di Masjidil Haram. Apabila Anda ingin mengelola bisnis travel umrah menjadi lebih baik dan profesional, jangan ragu untuk menghubungi kami. Dapatkan software travel umroh terbaik dengan harga terjangkau hanya di Erahajj.

Kategori : Artikel
Tags :
umroh masjidil haram gambaran kondisi masjidil haram air zam-zam
Twit Terbaru
Facebook Erahajj
Tags :
aplikasi manajemen travel aplikasi manajemen wisata aplikasi travel aplikasi travel murah aplikasi travel terbaik aplikasi travel terlengkap aplikasi travel umrah aplikasi travel umroh aplikasi travel umrah terbaik aplikasi travel umroh terbaik aplikasi travel umrah terlengkap aplikasi travel umroh terlengkap aplikasi travel haji aplikasi umrah aplikasi umrah terbaik aplikasi umrah terlengkap aplikasi umroh aplikasi umroh terbaik aplikasi umroh terlengkap aplikasi umrah haji aplikasi umroh haji aplikasi halal tour aplikasi halal travel aplikasi pariwisata aplikasi booking online aplikasi reservasi online sistem manajemen travel sistem manajemen travel umrah sistem manajemen travel umroh sistem manajemen travel terbaik sistem manajemen travel terlengkap sistem booking online sistem reservasi online sistem travel umrah sistem travel umroh sistem manajemen umrah sistem manajemen umroh sistem manajemen wisata sistem manajemen umrah haji sistem manajemen umroh haji sistem manajemen informasi umrah haji sistem manajemen informasi umroh haji sistem informasi umrah haji sistem informasi manajemen umrah haji sistem informasi manajemen travel umrah sistem informasi manajemen travel umrah haji sistem informasi umroh haji sistem informasi manajemen umroh haji sistem informasi manajemen travel umroh sistem informasi manajemen travel umroh haji sistem informasi manajemen travel software manajemen travel software manajemen pariwisata software manajemen wisata software travel terbaik software travel terlengkap software travel haji software travel umrah software travel umroh software umrah software umroh software umrah terbaik software umroh terbaik software umroh terlengkap software pariwisata software halal tour software halal travel software booking online software reservasi online software umrah haji software umroh haji software travel umrah terbaik software travel umroh terbaik software travel umrah terlengkap software travel umroh terlengkap umroh masjidil haram gambaran kondisi masjidil haram air zam-zam

aplikasi manajemen travel, aplikasi manajemen wisata, aplikasi travel, aplikasi travel murah, aplikasi travel terbaik, aplikasi travel terlengkap, aplikasi travel umrah, aplikasi travel umroh, aplikasi travel umrah terbaik, aplikasi travel umroh terbaik, aplikasi travel umrah terlengkap, aplikasi travel umroh terlengkap, aplikasi travel haji, aplikasi umrah, aplikasi umrah terbaik, aplikasi umrah terlengkap, aplikasi umroh, aplikasi umroh terbaik, aplikasi umroh terlengkap, aplikasi umrah haji, aplikasi umroh haji, aplikasi halal tour, aplikasi halal travel, aplikasi pariwisata, aplikasi booking online, aplikasi reservasi online, sistem manajemen travel, sistem manajemen travel umrah, sistem manajemen travel umroh, sistem manajemen travel terbaik, sistem manajemen travel terlengkap, sistem booking online, sistem reservasi online, sistem travel umrah, sistem travel umroh, sistem manajemen umrah, sistem manajemen umroh, sistem manajemen wisata, sistem manajemen umrah haji, sistem manajemen umroh haji, sistem manajemen informasi umrah haji, sistem manajemen informasi umroh haji, sistem informasi umrah haji, sistem informasi manajemen umrah haji, sistem informasi manajemen travel umrah, sistem informasi manajemen travel umrah haji, sistem informasi umroh haji, sistem informasi manajemen umroh haji, sistem informasi manajemen travel umroh, sistem informasi manajemen travel umroh haji, sistem informasi manajemen travel, software manajemen travel, software manajemen pariwisata, software manajemen wisata, software travel terbaik, software travel terlengkap, software travel haji, software travel umrah, software travel umroh, software umrah, software umroh, software umrah terbaik, software umroh terbaik, software umroh terlengkap, software pariwisata, software halal tour, software halal travel, software booking online, software reservasi online, software umrah haji, software umroh haji, software travel umrah terbaik, software travel umroh terbaik, software travel umrah terlengkap, software travel umroh terlengkap, umroh, masjidil haram, gambaran kondisi masjidil haram, air zam-zam

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami