Efek Digital Marketing yang Tak Tepat pada Bisnis Travel Umrah - Apabila Anda telah berkomitmen agar mengembangkan pemasaran produk travel umrah Anda melalui jalur digital marketing, maka Anda harus meningkatkan pengetahuan Anda di bidang ini.
Karena, tanpa adanya informasi atau ilmu yang cukup tentang digital marketing, salah-salah kegiatan pemasaran digital Anda malah bisa menghancurkan bisnis Anda.

Penggunaa digital marketing yang tidak akurat, akan berimbas kepada penurunan penjualan, bahkan bisa merusak branding yang telah Anda bangun sekian lama. Tidak ingin, kan, mengalaminya?
Baca Juga : Strategi Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan Travel Umrah
Digital Marketing yang Tidak Tepat
Berikut ini akan kami jabarkan berbagai macam penggunaan pemasaran digital yang kurang tepat, yang justru bisa membuat usaha Anda mengalami kebangkrutan.
Pemasaran Tidak Sesuai Target Market
Ketika merancang konten untuk kepentingan digital marketing, perusahaan Anda dituntut untuk mengenali target market Anda terlebih dahulu. Anda dapat menyesuaikan konten jika Anda tahu persis target market produk/ jasa yang Anda tawarkan.
Jika Anda membidik pasar menengah atas, maka Anda perlu merancang konten ekslusif yang bisa menarik minat sasaran market Anda. Anda dapat menentukan harga yang tinggi, asalkan ada keuntungan yang ditawarkan.
Sebaliknya, jika Anda memiliki produk yang sesuai dengan pasar menengah ke bawah, Anda harus membuat iklan atau promosi yang berbeda. Contohnya dengan mencantumkan kata-kata seperti hemat, murah, hadiah, & sebagainya.
Penawaran dan Permintaan Tidak Sesuai
Anda perlu paham mengenai hukum penawaran & permintaan, supaya Anda tak membuat penawaran produk yang permintaannya rendah. Usahakan apa yang Anda jual adalah produk yang diinginkan oleh masyarakat.
Jika Anda memiliki penawaran yang sangat baik, akan tetapi permintaannya tidak ada misal, harga terlalu mahal atau tujuan wisatanya tidak familiar di kalangan jamaah, maka Anda melakukan hal yang menguras waktu dan biaya.
Sebaiknya, Anda pahami terlebih dahulu selera pasar, setelah itu Anda sediakan penawaran produk paket umrah yang sesuai dengan permintaan pasar.
Baca Juga : Menerapkan Metode Eksperiental Marketing Untuk Usaha Travel Umrah
Kegagalan Branding Perusahaan
Apabila Anda melaksanakan branding secara asal-asalan, Anda hanya akan menuai kegagalan mengenalkan perusahaan Anda pada khalayak.
Semisal, tidak konsisten dalam brand identity, menggunakan bahasa informal kepada jamaah yang serius, mengubah-ubah diskon sesuka hati tanpa ada ketentuan yang jelas, serta merekrut SDM yang tidak profesional sehingga nama perusahaan Anda dipertaruhkan.
Website Perusahaan Berantakan
Website bagaikan etalase toko yang memuat profil perusahaan dan dagangan Anda. Anda tak mungkin membiarkan etalase Anda dalam kondisi kacau, sementara calon pembeli Anda lalu lalang melihat etalase Anda tersebut.

Usahakan untuk menata website Anda dengan baik, pakailah tampilan yang simple, mudah dipahami konsumen, & rapi. Anda harus mau menginvestasikan sejumlah dana, waktu, & tenaga untuk merancang tampilan website perusahaan yang bagus.
Baca Juga: Mengoptimalkan Konversi Penjualan Paket Umrah Via Website
Ketidaksesuaian Iklan dengan Landing Page
Seringkali, pemasar digital memakai iklan berbayar guna mendongkrak penjualan. Baik itu di FB Ads, IG Ads, Google Ads, & media iklan lainnya di internet, biasanya diarahkan untuk mengunjungi landing page untuk meyakinkan pelanggan melalui copywriting agar berujung closing penjualan.
Sayangnya, masih ada saja pembisnis travel umrah yang abai terhadap hal penting ini, yakni ketidakselarasan antara iklan yang dipasang dengan landing page tempat closing penjualan.
apabila Anda memasang iklan umrah hemat, ya tidak boleh tawarkan umrah plus-plus di landing page Anda. Sama saja Anda menjual produk bernilai jual tinggi kepada konsumen yang biayanya terbatas.
Akhirnya iklan Anda akan percuma, tidak berujung pada penjualan. Sayang sekali, bukan?
Rumit Saat Check Out
Nah, ini juga tak kalah penting. Sebagus apapun sebuah produk, seberminat apapun pelanggan terhadap produk yang Anda jual, namun untuk proses check out-nya dibuat rumit, maka Anda akan cepat kehilangan pelanggan potensial.

Untungnya, saat ini ada sistem aplikasi khusus travel umrah yang mempunyai fitur transaksi yang mudah & user friendly. Jamaah yang hendak memesan travel umrah hanya butuh 3 tahap mudah yang dapat membuat pengalaman pelanggan saat mendaftar umrah menjadi menyenangkan.
Budget Besar Hasil Tidak Sebanding
Terakhir, saat menjalani digital marketing, sebenarnya Anda bisa menghemat banyak dana untuk beriklan. Dengan pasar yang begitu luas, Anda hanya membayar beberapa hal saja seperti berlangganan software khusus travel umrah dan iklan.
Namun, ada saja pebisnis travel umrah yang kurang berpengalaman yang masih mengeluarkan banyak dana-dana yang tidak perlu untuk digital marketing. Budget besar tersebut kadang tak menghasilkan penjualan yang besar, profit yang didapatkan pun tidak sepadan.
Solusi Digital Marketing Bagi Bisnis Travel Umrah
Kini saatnya Anda beralih pada solusi digital marketing bagi bisnis travel umrah Anda. Anda bisa berinvestasi cerdas dengan mengalokasikan dana hanya sekitar 500 ribu hingga 2 juta rupiah per bulan untuk membuat percepatan bisnis travel umrah Anda dengan berlangganan software Erahajj.
Nikmati kemudahan mengelola transaksi dan manajemen perusahaan travel umrah dengan Erahajj. Tak sampai di situ, kami juga sudah hadir versi mobile apps untuk kemudahan bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.