Efek Digital Marketing yang Tak Tepat pada Bisnis Travel Umrah - Jika Anda sudah berkomitmen untuk mengembangkan pemasaran produk travel umrah Anda menggunakan jalur digital marketing, maka Anda harus meningkatkan pengetahuan Anda di bidang ini.
Sebab, tanpa adanya informasi atau ilmu yang memadai terkait digital marketing, salah-salah kegiatan pemasaran digital Anda malah bisa menghancurkan bisnis Anda.
Penggunaa digital marketing yang tidak pas, akan berdampak pada penurunan penjualan, bahkan bisa merusak branding yang telah Anda bangun sekian lama. Tak ingin, kan, mengalaminya?
Baca Juga : Strategi Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan Travel Umrah
Digital Marketing yang Tidak Tepat
Berikut ini akan kami jabarkan berbagai macam penggunaan pemasaran digital yang tidak tepat, yang justru bisa membuat usaha Anda mengalami kebangkrutan.
Pemasaran Tak Sesuai Target Market
Ketika merancang konten untuk kepentingan digital marketing, perusahaan Anda dituntut untuk mengenali target market Anda terlebih dahulu. Anda dapat menyesuaikan konten jika Anda tahu persis target market produkatau jasa yang Anda tawarkan.
Jika Anda membidik pasar menengah atas, maka Anda perlu merancang konten ekslusif yang mampu menarik atensi target market Anda. Anda bisa mencantumkan harga yang tinggi, asalkan ada keuntungan yang ditawarkan.
Sebaliknya, apabila Anda memiliki produk yang sesuai dengan pasar menengah ke bawah, Anda perlu membuat iklan / promosi yang berbeda. Contohnya dengan mencantumkan kata-kata seperti hemat, murah, hadiah, & sebagainya.
Penawaran & Permintaan Tidak Sesuai
Anda harus paham mengenai hukum penawaran & permintaan, supaya Anda tidak membuat penawaran produk yang permintaannya rendah. Usahakan apa yang Anda jual merupakan produk yang disukai oleh masyarakat.
Apabila Anda mempunyai penawaran yang sangat baik, akan tetapi permintaannya tidak ada misal, harga terlalu mahal atau tujuan wisatanya tidak familiar di kalangan jamaah, maka Anda melakukan hal yang menguras waktu dan anggaran.
hendaknya, Anda kenali dulu keinginan pasar, baru Anda sediakan penawaran produk paket umrah yang sesuai dengan permintaan pasar.
Baca Juga : Menerapkan Metode Eksperiental Marketing Untuk Bisnis Travel Umrah
Kegagalan Branding Perusahaan
Jika Anda melaksanakan branding secara asal-asalan, Anda hanya akan menuai kegagalan mengenalkan perusahaan Anda pada masyarakat.
Misalnya, tidak konsisten dalam brand identity, memakai bahasa informal kepada pelanggan yang serius, mengubah-ubah diskon sesuka hati tanpa ada kepastian yang jelas, dan juga merekrut SDM yang tidak profesional sehingga nama perusahaan Anda dipertaruhkan.
Website Perusahaan Berantakan
Website bagaikan etalase toko yang memuat profil perusahaan & jualan Anda. Anda tidak mungkin membiarkan etalase Anda dalam kondisi kacau, sementara calon jamaah Anda lalu lalang melihat etalase Anda tersebut.
Usahakan untuk mengatur website Anda dengan baik, pakailah tampilan yang simple, mudah dipahami pelanggan, dan rapi. Anda mesti mau menginvestasikan sejumlah dana, waktu, & tenaga untuk membuat tampilan website perusahaan yang bagus.
Baca Juga: Mengoptimalkan Konversi Penjualan Paket Umrah Via Website
Ketidaksesuaian Iklan dengan Landing Page
Seringkali, pemasar digital menggunakan iklan berbayar guna mendongkrak penjualan. Baik itu di FB Ads, IG Ads, Google Ads, & media iklan lainnya di internet, biasanya diarahkan agar mengunjungi landing page untuk meyakinkan konsumen melalui copywriting untuk berujung closing penjualan.
Sayangnya, masih ada saja perusahaan travel umrah yang lalai terhadap hal penting ini, yakni ketidaksesuaian antara iklan yang dipasang dengan landing page tempat closing penjualan.
apabila Anda memasang iklan umrah hemat, ya tidak boleh tawarkan umrah plus-plus di landing page Anda. Sama saja Anda menjual produk bernilai jual tinggi ke konsumen yang dananya terbatas.
Akhirnya iklan Anda akan percuma, tidak berujung pada penjualan. Sayang sekali, bukan?
Rumit Saat Check Out
Nah, ini juga tak kalah penting. Sebagus apapun sebuah produk, seberminat apapun pelanggan terhadap produk yang Anda jual, namun untuk proses check out-nya dibuat rumit, maka Anda akan cepat kehilangan pelanggan potensial.
Untungnya, saat ini ada sistem aplikasi khusus travel umrah yang memiliki fitur transaksi yang mudah & user friendly. Jamaah yang akan memesan travel umrah hanya perlu 3 tahap mudah yang dapat membuat pengalaman pelanggan saat mendaftar umrah menjadi menyenangkan.
Budget Besar Hasil Tak Sepadan
Terakhir, saat menjalani digital marketing, sebenarnya Anda bisa menghemat banyak dana untuk beriklan. Dengan pasar yang begitu luas, Anda hanya membayar beberapa hal saja seperti berlangganan software khusus travel umrah dan iklan.
Namun, ada saja pebisnis travel umrah yang kurang berpengalaman yang masih mengeluarkan banyak dana-dana yang tidak perlu untuk digital marketing. Budget besar tersebut kadang tak menghasilkan penjualan yang besar, profit yang didapatkan pun tidak sepadan.
Solusi Digital Marketing Bagi Bisnis Travel Umrah
Kini saatnya Anda beralih pada solusi digital marketing bagi bisnis travel umrah Anda. Anda bisa berinvestasi cerdas dengan mengalokasikan dana hanya sekitar 500 ribu hingga 2 juta rupiah per bulan untuk membuat percepatan bisnis travel umrah Anda dengan berlangganan software Erahajj.
Nikmati kemudahan mengelola transaksi dan manajemen perusahaan travel umrah dengan Erahajj. Tak sampai di situ, kami juga sudah hadir versi mobile apps untuk kemudahan bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.