Cara Efektif Manajemen Persediaan Bagi Travel Umrah - Bagi perusahaan manufaktur, manajemen persediaan merupakan hal yang penting dan wajib untuk dikontrol setiap hari. Mengelola stok barang yang sudah selesai diproduksi, menjadi perhatian utama dan tentunya perusahaan menyediakan staff khusus untuk menanganinya.
Lain halnya dengan manajemen persediaan untuk perusahaan travel umrah. Bisnis travel umrah biasanya berfokus pada produk utama yang dijual yakni paket umrah. Hal utama yang dijual merupakan jasa pelayanan umrah selama di tanah suci.

Sementara itu, persediaan barang kelengkapan umrah menjadi hal kesekian untuk diurus. Hal ini tidak sepenuhnya benar, sebab persediaan barang kelengkapan umrah yang akan diberikan kepada calon jamaah ialah unsur penting yang harus dipenuhi.
Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Inventory Pada Perusahan Travel Umroh
Jangan Sampai Kehabisan Stock!
Barang keperluan umrah bagi jamaah diantaranya koper, tas, kain ihram, mukena, seragam umrah, id card, buku panduan, dan yang lainnya merupakan barang-barang yang harus didapatkan jamaah sebelum melakukan pemberangkatan umrah. Bahkan, barang tersebut umumnya sudah diberikan ketika jamaah melunasi tagihan pembayaran umrah.
Bila ada salah satu barang yang stoknya habis, hal itu dapat menimbulkan masalah dalam pengelolaan bisnis travel umrah. Anda tidak bisa memberikan pelayanan terbaik, karena ada kekurangan penyerahan barang kelengkapan umrah bagi jamaah Anda.

Tentunya, kehabisan persediaan barang seperti ini wajar terjadi. Tetapi, jika terjadi terus menerus maka lama-kelamaan kepercayaan jamaah akan berkurang, karena merasa tidak dilayani dengan baik.
Efeknya, jamaah harus membeli sendiri kelengkapan umrah tersebut, sedangkan jamaah lain sudah mendapatkannya. Jamaah akan merasa tidak diprioritaskan.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umroh
Pantau Persediaan Anda
Masalah lainnya yang bisa timbul saat Anda mengabaikan pengelolaan persediaan ialah Anda akan kesulitan untuk mengecek jumlah barang yang ada, tidak dapat mengontrol barang yang hilang, mana yang perlu direstock mana yang tidak, dan sebagainya.
Semisal, Anda masih punya persediaan kain ihram yang cukup, ternyata buku panduan Anda nyaris habis. Anda justru memesan kain ihram yang cukup banyak, sedangkan buku panduan yang memerlukan waktu untuk proses produksi/cetaknya malah tidak Anda pesan.
Jadi, Anda seharusnya mengetahui jumlah stok yang ada melalui pencatatan yang baik. Selain itu, Anda juga harus mengetahui secara nyata jumlah barang yang ada secara tepat. Kuncinya ada pada pencatatan yang rapi dan sistem yang mampu mengakomodir hal itu.
Baca Juga : 5 Pertimbangan Memilih Software Travel Umroh
Langkah Praktis Manajemen Persediaan Bagi Travel Umroh
Bila Anda ingin mengelola persediaan yang lebih rapi dan tersistem bagi travel umrah Anda, langkah pertama ialah gunakan sistem aplikasi khusus travel umrah yang lengkap dan saling terhubung.
Gunakan Sistem Aplikasi dengan Fitur Manajemen Persediaan/Inventory
Anda sekarang tidak perlu repot mencatat persediaan secara manual di buku atau Microsoft Excel, sebab sekarang ini sudah ada aplikasi pencatatan yang canggih pada software khusus travel umroh seperti Erahajj.
Sistem aplikasi travel umrah yang baik tentu menyediakan fitur manajemen persediaan (manajemen inventory) yang akan memudahkan Anda menginput data stock Anda, kemudian menampilkan jumlah stock realtime karena aktivitas transaksi Anda akan diintegrasikan dengan pencatatan persediaan.

Jadi, setiap ada barang persediaan keluar dari gudang, Anda bisa mengetahui jumlah stock sisanya. Hal ini sudah pasti menghemat waktu Anda daripada harus dicatat di excel dan baru diaudit akhir bulan misalnya. Sangat efisien dan tidak menyita waktu.
Order Sesuai Kebutuhan
Anda dapat menyesuaikan pemesanan barang yang harus restock atau memerlulan stok ulang dengan melihat data yang ada. Anda tidak perlu memesan barang yang masih banyak stoknya, dan bisa langsung restock barang yang hampir habis persediaannya.
Dengan demikian, Anda sudah mengurangi penumpukan barang di gudang akibat salah memesan barang yang sebenarnya stoknya masih banyak. Selain itu, gudang Anda akan lebih lega tanpa adanya tumpukan stok barang yang tidak perlu.
Cashflow Menjadi Lebih Lancar
Jika Anda dapat mengelola persediaan dengan benar, maka cashflow perusahaan Anda bisa lebih lancar. Tidak ada dana tunai yang terpakai untuk memesan barang dan berakhir pada tumpukan stok barang yang tidak diperlukan.

Hal ini berdampak pada kesehatan perusahaan Anda, karena lancarnya cashflow ibarat aliran darah segar pada tubuh perusahaan Anda. sementara penumpukan stok adalah "penyakit" yang dapat memperlambat aliran darah di perusahaan Anda.
Baca Juga : Tips Cerdas Kelola Cash Flow Usaha Travel Umroh
Nah, itulah beberapa tips untuk mengelola persediaan untuk travel umrah. Memang tidak terlalu vital ya, tapi tetap harus dikelola dengan baik agar bisnis Anda bisa menghasilkan profit cash, bukan profit yang larinya ke stok barang pendukung kebutuhan umrah.
Jika Anda ingin mencoba sistem aplikasi travel umrah yang bisa Anda gunakan untuk manajemen persediaan, hubungi Erahajj sekarang juga. Kami akan membantu Anda mengelola perusahaan travel umrah lebih efektif, hemat biaya, dan lebih profesional.