Pada bisnis travel umrah, biasanya manajemen persediaan kurang mendapat perhatian dari pemilik bisnis. Padahal, setiap travel yang sudah memiliki cabang, sudah pati memiliki barang persediaan yang tersebar di berbagai gudang. Biasanya, selain gudang di kantor pusat, barang persediaan juga disimpan di gudang kantor cabang untuk memudahkan penyerahan barang kelengkapan umrah ke jamaah.
Sayangnya, pencatatan persediaan seringkali masih dilakukan secara manual. Mulai dari pembelian, pengeluaran barang, transfer barang antar gudang, pengiriman barang langsung ke gudang cabang, retur, serta kehilangan barang dicatat manual. Akibatnya, tidak ada pengawasan atas arus keluar masuk barang sehingga memunculkan peluang terjadinya kecurangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Data transaksi yang masih manual, bisa dimanipulasi oleh oknum, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Penggelapan barang, bahkan pencurian barang (barangnya dijual oleh orang yang memanipulasi data). Lalu mereka mencatatnya sebagai barang hilang pada saat stock opname. Tentunya, hal ini akan merugikan pihak travel karena arus barang tidak bisa dipantau dengan baik.
Alhamdulillah, Erahajj menghadirkan update fitur yaitu Laporan Arus Barang pada Sistem Manajemen Persediaan. Laporan arus barang ini dibuat secara otomatis oleh sistem, karena sudah terintegrasi dengan sistem administrasi yang mencatat pengeluaran barang yang diserahkan kepada jamaah. Laporan diberikan secara harian, mingguan, atau rentang waktu tertentu, sehingga sangat memudahkan Anda dalam memantau arus keluar masuk barang di berbagai gudang yang Anda miliki.
Selain itu, Anda juga dapat memfilter data sesuai kebutuhan, misalnya berdasarkan rentang waktu laporan, nama barang, gudang, hingga jenis aktivitasnya (barang masuk atau barang keluar). Rekap data pun disediakan berdasarkan gudang, sehingga Anda bisa mengetahui jumlah persediaan Anda secara akurat.
Anda bisa mengakses fitur baru ini pada menu Manajemen Persediaan > Laporan Arus Barang. Laporan ini sekaligus menjawab kebutuhan pemilik bisnis travel agar setiap detail aktivitas serta stok barang bisa ditampilkan secara akurat dan tidak bisa dimanipulasi lagi oleh oknum yang ingin memanfaatkan celah kelemahan pencatatan manual.
Semoga info ini bermanfaat untuk Anda. Apabila Anda masih bingung dalam penerapannya, segera hubungi Customer Support kami untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang penggunaan sistem Erahajj.
Nah, jangan ragu lagi! Maksimalkan sistem digital travel umrah agar bisnis Anda lebih maju dan berkembang dengan berbagai fitur yang Anda butuhkan. Segera beralih ke Erahajj untuk manajemen travel umrah yang lebih rapi dan efisien!