Saat mempunyai usaha travel umrah, kepuasan jamaah yaitu salah satu tujuan yang akan dicapai. Pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan atau produk yang kita jual akan mendapatkan feedback yang baik, misalnya mereka membuat testimoni, mengajak orang lain menggunakan travel umrah kita, atau melakukan repeat order.Tentunya, ini sebagai pertimbangan serius bagi pebisnis travel umrah, sehingga Anda bisa memprioritaskan kepuasan pelanggan sebagai salah satu strategi marketing. Daripada Anda membuang waktu, uang dan tenaga untuk mengimplementasikan berbagai strategi pemasaran, alangkah baiknya Anda berfokus bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Memang strategi ini dampaknya tak bisa langsung didapatkan oleh perusahaan. Namun, kepuasan pelanggan bisa menjadi salah satu tolak ukur kinerja perusahaan, sehingga bisnis travel umrah Anda menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat.
Mulai dari yang Sederhana
Kita ambil contoh dari sisi pelayanan pelanggan. Setiap pelanggan yang Anda berangkatkan umrah yaitu orang yang unik. Anda harus memberikan perhatian khusus pada tiap jamaah. Banyaknya jamaah yang Anda handle dalam satu kloter, bukan jadi alasan untuk memberikan pelayanan yang utama pada tiap jamaah.Bahkan dengan banyaknya individu yang Anda handle, Anda bisa mengetahui berbagai macam karakter manusia. Ada yang jamaahnya simpel, ada yang biasa saja, ada juga yang ribet, suka komplain, dan dari semua itu pasti ada satu dua yang memerlukan perhatian khusus contohnya jamaah yang mempunyai riwayat penyakit tertentu. Hal tersebut bisa jadi tantangan bagi travel untuk memberikan pelayanan yang adil bagi tiap jamaah. Adil bukan berarti sama rata. Adil adalah memberikan porsi yang tepat bagi setiap orang sesuai dengan kebutuhan mereka. Yang jelas, pelayanan yang diberikan harus sesuai standar. Jika ada yang memerlukan pelayanan lebih, silakan Anda gunakan kesempatan tersebut untuk meraih kepuasan pelanggan.
Baca Juga : Bangun Trust, Berikan Pelayanan Terbaik untuk Jamaah Anda
Biarkan Produk/Jasa Anda yang Berbicara
Kualitas produk atau jasa yang Anda hadirkan untuk jamaah sangat berpengaruh pada kepuasan mereka. Tingkatkan terus kualitas produk dan jasa Anda, sehingga pelanggan tidak kecewa saat memutuskan untuk membelinya.Terkadang, kenaikan harga barang dan jasa yang Anda jual tak berdampak terlalu besar pada penurunan pembelian, asalkan kualitasnya cocok dengan harganya. Mereka mungkin bisa merasa kesal, tetapi apabila sudah cocok, pasti akan kembali untuk membeli lagi.Dalam usaha travel umrah, Anda bisa menerapkannya dari segi pelayanan yang lebih ramah, lebih cepat tanggap merespon pelanggan, kemudahan dalam pembayaran, perbaikan kualitas makanan, hotel dan transportasi, dan hal-hal lain yang bisa Anda kembangkan sendiri. Biarkan kualitas produk/jasa yang Anda berikan yang berbicara. Pelanggan yang merasa puas akan senang hati merekomendasikan kepada relasi mereka. Berarti, calon pelanggan Anda akan bertambah dan bisnis Anda akan semakin maju.
Baca Juga : Psikologi Marketing untuk Pemasaran Bisnis Travel Umrah
Kritik adalah Sumbangan yang Berguna untuk Bisnis Travel Umrah Anda
Pemberi kritik yaitu orang yang peduli terhadap bisnis Anda. Mereka yang mempunyai kritikan, menginginkan pelayanan Anda lebih baik lagi. Sehingga kedepannya tidak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan Anda. Pastinya, kritik yang membangun adalah sumbangan yang harus Anda sikapi dengan perubahan positif bagi biro travel umrah Anda. Ketika setelah dikritik Anda hanya bisa sikapi dengan kata-kata yang buruk, maka Anda melewatkan kesempatan untuk membuat travel Anda berkembang menjadi lebih baik lagi.
Permudah Transaksi dengan Pelanggan
Percaya atau tidak, semua pelanggan menginginkan hal yang serba mudah. Termasuk ketika akan membeli paket umrah untuk mengakomodasi kebutuhan ibadah umrah mereka. Tidak ada jamaah yang mau mengalami kesulitan ketika ingin mendaftar umrah, melakukan pembayaran umrah, mengurus kelengkapan dokumen, dan kesulitan-kesulitan lainnya yang bisa mereka temukan ketika beribadah umrah.Itulah mengapa, Anda harus menghadirkan semua kemudahan tersebut untuk jamaah Anda. Sebagai gantinya, mereka akan membayar jasa dari usaha travel Anda dengan sejumlah uang, sehingga Anda maupun jamaah membentuk simbiosis mutualisme. Saling menguntungkan.
Anda bisa membuat segalanya lebih mudah dengan menggunakan sistem aplikasi yang dirancang khusus untuk travel umrah seperti Erahajj. Anda tak perlu repot lagi, karena semua jenis transaksi yang ada kaitannya dengan umrah dan haji bisa Anda kelola dengan mudah, cepat, dan efisien.
Baca Juga : 5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Travel Umrah Pastikan jamaah Anda mendapatkan kemudahan tersebut sehingga kepuasan jamaah terhadap bisnis travel umrah Anda semakin meningkat. Selamat mencoba!