Siapa sangka, persaingan bisnis travel umrah dan haji kini tidak hanya dengan sesama travel umrah, namun juga dengan jamaah atau pelanggan sendiri. Ya, saat ini banyak jamaah yang mencari informasi dari social media untuk melaksanakan umrah secara mandiri atau akrab disebut umrah backpacker.
Umrah mandiri disinyalir lebih fleksibel, lebih mudah dan lebih murah. Apalagi bila jamaah sudah terbiasa melakukan perjalanan atau traveling ke mancanegara, tentu pengetahuan bagaimana mengurus tiket, visa, akomodasi atau hotel, makanan & handling bandara telah dikuasai. Ada pula yang bergabung dengan grup-grup umrah mandiri, sehingga mereka dapat bertukar informasi seputar umrah mandiri secara detail serta akurat.
Namun, ditengah gempuran trend umrah mandiri, travel umrah & haji tidak perlu risau untuk memajukan bisnisnya. Apalagi yang baru memulai bisnis, harus bisa beradaptasi & berinovasi agar dapat bersaing bukan hanya dengan bisnis travel umrah yang sudah lama berdiri namun juga dengan trend umrah backpacker.
Kuncinya adalah pada inovasi & mau menggandeng digitalisasi. Apabila para jamaah umrah mandiri bisa mengakses informasi dengan mudah sehingga dapat mengatur jadwal umrahnya lebih fleksibel, maka Anda juga bisa memberikan kemudahan yang sama. Selain itu, ada beberapa tips yang akan Erahajj berikan agar travel umrah dan haji bisa mengembangkan bisnisnya.
- Hadir Secara Online & Mudah Dihubungi Customer
Sekarang semua lebih mudah dilakukan secara online. Begitu pula dengan bisnis Anda, harus siap hadir bukan hanya di kantor fisik atau offline, namun juga kantor online.
Jangan sampai website perusahaan Anda tidak terurus, apalagi update-nya sudah bertahun-tahun lalu. Bahkan, ada pebisnis travel konvensional yang belum memiliki website! Padahal, sekarang ini eranya sudah serba pakai software. Bukan hanya website biasa, namun juga website yang didukung sistem travel umrah terkini supaya lebih mudah mengurus operasional travel Anda.
Kami merekomendasikan sistem Erahajj untuk memudahkan pengelolaan bisnis travel Anda, sekaligus tampilan website profesional yang dapat menumbuhkan kepercayaan bagi calon jamaah.
- Berikan Jadwal Pemberangkatan yang Pasti
Kemudahan umrah mandiri yang membuat jamaah ingin berumrah secara mandiri adalah jadwal pemberangkatan yang fleksibel. Apabila perusahaan Anda tidak memberikan jadwal pemberangkatan yang pasti, tentu akan membingungkan calon jamaah yang ingin berumrah sesuai jadwal yang mereka miliki.
Penting sekali bagi travel umrah untuk membuat paket umrah dengan jadwal pemberangkatan pasti (tidak berubah–ubah), sehingga jamaah juga tidak bingung menentukan jadwal mereka. Hal ini bisa Anda terapkan dengan membuat display yang jelas di website Anda mengenai jadwal pemberangkatan umrah.
- Permudah Transaksi dan Pembayaran
Zaman digital ini, bertransaksi lebih mudah secara digital juga. Begitu juga dengan pembayaran, jamaah sudah tak mau ribet lagi bawa uang tunai maupun setor tunai ke bank.
Alhamdulillah, di Erahajj Anda bisa gunakan metode pembayaran Virtual Account (VA) sehingga mempermudah jamaah dalam bertransaksi dan pembayaran. Tidak perlu lagi membawa uang tunai & bisa membayar kapan saja di mana saja tanpa harus konfirmasi pembayaran.
- Berikan Penawaran Menarik Pada Paket Umrah
Anda juga isa berinovasi pada pembuatan paket umrah yang menarik, dengan harga spesial atau fasilitas tambahan yang menarik bagi pelanggan. Pemberian bonus ini dapat mendongkrak minat jamaah berumrah dengan travel Anda.
- Kuasai Social Media untuk Menjangkau Jamaah
Umrah mandiri dipopulerkan oleh influencer di social media. Maka jangan anti terhadap social media, namun manfaatkan secara maksimal untuk marketing produk Anda. Kuasai market yang Anda bidik, sehingga Anda dapat lebih tepat dalam menjangkau jamaah yang menjadi target pasar Anda.
- Mengakomodir Kebutuhan Jamaah
Kelebihan dari umrah bersama travel adalah kemudahan mengurus segala sesuatunya dibantu oleh travel. Hal inilah yang membuat jamaah bersedia membayar lebih. Dengarkan suara pelanggan, maka Anda bisa mengakomodir kebutuhan pelanggan secara detail, sehingga mereka juga akan merasa puas berumrah bersama travel Anda.
- Evaluasi Pelayanan Travel Secara Berkala
Cara untuk mengembangkan bisnis yang terakhir adalah dengan mengadakan evaluasi pelayanan secara berkala. Anda bisa memberikan kuesioner kepada jamaah yang sudah pulang ke tanah air untuk mengetahui pendapat mereka tentang pelayanan travel Anda.
Mungkin saja ada pelayanan dari tour leader, mutawwif, pihak handling, hotel, catering dan sebagainya yang butuh ditingkatkan dan Anda bisa mengetahuinya langsung dari jamaah. Anda juga bisa membuat dan menyebarkan kuesioner melalui aplikasi Erahajj lho!
Nah, itulah 7 tips mengembangkan bisnis travel umrah di tengah gempuran umrah mandiri. Selalu ingat, bahwa peningkatan pelayanan kepada jamaah adalah hal yang tidak dapat ditawar lagi supaya dapat memenangkan persaingan. Jaga kepercayaan serta hadirkan kemudahan & harga bersaing (harga sesuai kualitas layanan) supaya jamaah tetap mempercayakan kepada bisnis Anda. Selamat mencoba!