Kementerian Agama (Kemenag) RI mengusung lagi tema Haji Ramah Lansia pada musim haji 1445 H atau 2024 ini. Sebanyak 45 ribu lebih jamaah haji yang berangkat haji«berhaji tahun ini memasukiusia 65 tahun ke atas. Jemaah haji lanjut usia terbagi atas empat kelompok umur, yaitu :
- 34.420 jamaah pada rentang 66-75 tahun
- 8.435 jamaah pada rentang usia 76-85 tahun
- 1.835 jamaah pada rentangusia 86-95 tahun
- 55 jemaah denganumur lebih dari 95 tahun
Jamaah haji lansia juga dibagi ke dalam 4 kategori, yakni :
- Lansia mandiri
- Lansia penyakit penyerta tetapi masih bisa melakukan aktivitas harian secara mandiri
- Lansia yang membutuhkan bantuan orang lain saat beraktivitas di luar
- Lansia yang membutuhkan bantuan orang lain saat beraktivitas di dalam maupun luar kamar.
Oleh karena itu, Kemenag mengusahakan 9 hal berikut supaya pelayanan haji benar-benar ramah lansia :
- Istitha’ah Kesehatan Lansia
Jemaah haji harus memenuhi istitha’ah kesehatan sebelum melunasi biaya ibadah haji
- Petugas Pelayanan Lansia
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memiliki bidang khusus yang melayani jamaah lansia
- Bimsik Lansia
Kurikulum manasik Jamaah haji lansia masuk dalam proses Bimbingan Manasik (Bimsik)
- Pengkloteran
Kloter disusun dengan mempertimbangkan komposisi Jamaah lansia dan non lansia dengan mempertimbangkan seat di pesawat.
- Menyingkat Seremoni
Lansia harus menjadi prioritas. Tahun ini tak ada lagi pidato berkepanjangan saat seremoni keberangkatan & kedatangan
- Layanan Asrama Haji
Asrama haji diatur sedemikian rupa sehingga ramah lansia
- Layanan Arab Saudi
Pemerintah Indonesia telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Saudi untuk mewujudkan pelayanan haji ramah lansia, mulai dari akomodasi, transportasi, dll
- Safari Wukuf Khusus
Tahun ini, program safari wukuf lansia & disabilitas kembali disiapkan oleh PPIH Arab Saudi
- Tanazul Lansia
Tanazul dimaksudkan sebagai layanan pulang dini bagi jamaah haji lansia. PPIH menyiapkan skema untuk memulangkan jamaah haji lansia lebih awal usai puncak haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina)
Kemenag telah mengusahakan pelayanan haji yang lebih baik dari tahun ke tahun, dengan fokus pada pelayanan yang prima baik bagi jemaah haji pada umumnya maupun jamaah haji lansia. Belajar dari musim haji sebelumnya, tindakan Kemenag ini patut diapresiasi.
Sebagai pebisnis travel umrah & haji, Anda juga bisa berpartisipasi memberikan layanan yang maksimal bagi jemaah haji. Prioritaskan jamaah lansia, karena mereka yang sudah berusia lanjut ini memang membutuhkan ekstra pelayanan dan kesabaran sehingga bisa menunaikan ibadah haji maupun umrahnya semakin maksimal.
Tingkatkan pelayanan Anda dengan menggunakan sistem yang tepat untuk travel Anda. Erahajj berkomitmen untuk membantu bisnis Anda agar kian berkembang, dengan dukungan teknologi yang tepat untuk bisnis Anda!