Bicara masalah penjualan, tentunya berkaitan dengan pelanggan yang akan membeli jasa atau produk kita kita. Ketika kita berusaha membuat produk yang diinginkan oleh pelanggan, pastinya kita harus mau meluangkan waktu untuk mendengarkan apa kata pelanggan. Ketika pelanggan mengatakan kebutuhan & keinginannya, kita berpeluang untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Oleh karena itu sangat penting bagian penjualan atau tim sales and marketing meluangkan waktu bagi para customer-nya untuk menggali kebutuhan mereka. Misalnya saja di bisnis travel umrah yang Anda kelola, Anda bisa melakukan follow up rutin kepada pelanggan Anda yang sedang menunggu tanggal keberangkatan. Anda juga bisa melakukan follow up kepada prospek yang telah Anda dapatkan leads-nya, sehingga Anda bisa menjual paket umrah yang pas bagi mereka.
Jangan menganggap sepele kegiatan mendengarkan pelanggan ini. Meski tampak buang-buang waktu, kita bisa mendengar jamaah, kemudian memposisikan diri kita sebagai jamaah. Kita akan semakin mengerti apa yang diinginkan oleh jamaah kita, sehingga dalam membuat paket atau pelayanan umrah & haji, kita dapat membuat paket yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan jamaah saat ini.
Jadi, kita benar-benar dapat merasakan dari “sepatu” jamaah sendiri, bukan hanya berasumsi bahwa kita sudah melakukan pelayanan yang paling baik bagi jamaah kita. Salah satu tips agar kita bisa merekam apa yang dimaksud pelanggan kita adalah dengan menggunakan fitur Customer Relationship Management atau CRM. Ketika data tentang obrolan kita dengan pelanggan terekam dengan baik, maka kita bisa dengan mudah melakukan evaluasi, serta follow up lebih lanjut.
Untungnya, sekarang ini ada software manajemen travel umrah seperti Erahajj yang telah dilengkapi dengan fitur CRM. Anda bisa membuat catatan yang detail kapan Anda melakukan follow up kepada jamaah maupun prospek Anda. Anda juga bisa melimpahkan dengan mudah prospek tersebut kepada tim lainnya, sehingga bila ada tim yang belum bisa follow up lagi, tim lainnya bisa dengan mudah melanjutkan follow up. Dengan demikian, Anda tak akan kehilangan prospek yang potensial, serta bisa menghasilkan lebih banyak sales.
Untuk jamaah sendiri, Anda juga dapat melakukan follow up secara berkala. Bersilaturahmi memang membuka rezeki. Dengan aktif mengobrol dengan pelanggan Anda, Anda akan lebih dekat dengan jamaah, serta bisa menggali lebih dalam lagi kebutuhan jamaah Anda. Hasilnya, Anda akan lebih mudah dalam melakukan inovasi terkait dengan pelayanan pelanggan ketika berada di Saudi. Anda juga dapat membuat paket yang lebih menjual, berkat masukan-masukan dari jamaah Anda.
Itulah tips laris jualan dengan cara mendengarkan “suara pelanggan” Anda. Apabila Anda ingin mengoptimalkan penjualan Anda, dapat dicoba ya tips-tips di atas. Jangan lupa untuk memaksimalkan hubungan Anda dengan pelanggan dengan menggunakan fitur CRM dari Erahajj. Erahajj mendukung bisnis travel Anda lebih berkembang lagi dengan fitur yang lengkap & terintegrasi.
Segera aktivasi sistem Erahajj untuk bantu meningkatkan penjualan di bisnis travel umrah Anda!