Setiap pebisnis memiliki formula untuk membuat bisnisnya makin berkembang & sukses. Begitu juga pada bisnis travel Anda. Anda bisa membuat bisnis Anda menjadi sukses dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berempati kepada pelanggan atau jamaah Anda.
Sebelum menciptakan sebuah produk atau layanan, kita harus dapat menempatkan diri menjadi konsumen, untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen kita. Cobalah untuk berdiri di atas “sepatu” pelanggan, maka Anda akan menemukan berbagai celah yang dapat Anda isi agar dapat menghadirkan solusi bagi permasalahan customer Anda.
Bagaimana empati dapat menjadi titik awal kesuksesan bisnis Anda? Simak lebih lengkapnya dalam artikel berikut ini!
Pertama, lihat dari sudut pandang konsumen. Sebagai pengusaha biasanya kita hanya memandang dari sudut pandang pengusaha saja. Bagaimana menghasilkan profit yang lebih banyak dengan modal yang minimal. Padahal, bila kita mau merasakan sejenak bagaimana bila kita berada di sisi customer, kita akan mempunyai jauh lebih banyak referensi agar bisa menghadirkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan kita.
Misalnya di travel umrah, Anda bisa menempatkan diri menjadi jamaah umrah yang ingin beribadah dengan tenang & khusyu. Pastinya, Anda ingin pengurusan administrasi bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Perlengkapan diberikan sesuai dengan kebutuhan, serta mendapatkan muthawwif yang berpengalaman.
Hal ini lebih mudah diwujudkan jika bisnis Anda telah didukung dengan teknologi yang maju, sehingga pelayanan administrasi dapat lebih mudah dan cepat. Penyerahan perlengkapan pun terorganisir dengan baik, sehingga pelanggan Anda tak takut tidak kebagian perlengkapan maupun kendala teknis lainnya.
Kedua, empati menghadirkan totalitas. Anda yang bisa berempati kepada pelanggan Anda tentu akan all out dalam memberikan pelayanan. Anda sendiri sebagai pelanggan tentu ingin dilayani dengan sepenuh hati tanpa membeda-bedakan customer. Jika terlayani dengan baik, jamaah akan merasa nyaman berumrah bersama travel Anda & akan menciptakan repeat order karena pelanggan merasa puas. Mereka akan merekomendasikan bisnis Anda kepada calon pelanggan lain dengan senang hati berkat totalitas pelayanan yang Anda berikan.
Ketiga, menghadirkan formula paling pas. Saat membuat paket umrah, Anda tentu telah mempertimbangkan berbagai hal, sehingga Anda dapat menghadirkan pelayanan yang sesuai dengan apa yang pelanggan inginkan. Anda juga dapat membuat harga yang pantas bagi pelanggan, memastikan apa yang mereka terima sesuai dengan apa yang mereka bayar. Tanpa empati kepada jamaah, maka bisnis Anda mungkin hanya berorientasi kepada profit tanpa mempertimbangkan hak-hak pelanggan Anda.
Demikian tips supaya bisnis Anda semakin berkembang & sukses dengan mengedepankan empati kepada pelanggan Anda. Jika ingin bisnis Anda lebih maju, jangan ragu untuk menggunakan Erahajj yang dapat membuat manajemen bisnis Anda lebih rapi. Anda pun bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah Anda! Selamat mencoba!