Transformasi digital terbukti membawa dampak positif bagi perusahaan bisnis. Dilansir oleh techinasia.id PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) menjadi brand yang paling bernilai di Asia Tenggara pada tahun 2023.
Brand BCA mencapai nilai $23 miliar atau setara dengan Rp356 triliun. BCA bisa mencapai hal ini karena perusahaannya berinisiatif untuk bertransformasi digital, mulai dari mobile banking dan layanan digital lainnya.
Berdasarkan laporan dari Kantar, sebuah perusahaan konsultasi & data global, BCA adalah satu-satunya merek Asia Tenggara yang berhasil masuk ke jajaran brand paling bernilai di seluruh dunia. BCA berada pada posisi ke-74 dari 100 merek paling bernilai.
Angka yang dicapai BCA melampaui brand lainnya seperti BRI, DBS, dan UOB. Meskipun merek-merek global mengalami penurunan sebesar 20% secara keseluruhan dibanding tahun 2022, namun BCA masih mengalami pertumbuhan tahunan. Hal ini cukup menggembirakan, karena BCA bisa mencapai pertumbuhan sebesar 12%.
Meski secara ekuitas merek menjadi yang paling bernilai, namun laba yang didapatkan BCA lebih rendah. BCA menjadi unggul dalam brand karena kemampuannya dalam menciptakan permintaan & mempengaruhi pilihan konsumen. BCA bertransformasi digital dalam layanan mobile banking & e-walletnya, sehingga minat pelanggan untuk bertransaksi pun meningkat.
Belajar dari BCA, setiap bisnis dapat memperkuat brand-nya menjadi lebih bernilai dengan memanfaatkan teknologi untuk transformasi digital. Di era serba digital seperti ini, fokus mengembangkan usaha ke arah digitalisasi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Konsumen juga sudah semakin sadar digital, sehingga bila perusahaan tidak mampu melayani kebutuhan pelanggan maka akan disalip oleh kompetitor yang memahami peluang dibalik digitalisasi ini.
Itulah mengapa, setiap bisnis|perusahaan) harus mulai digitalisasi. Contohnya adalah bisnis travel yang bisa memulai dengan adaptasi digital dengan cara menggunakan sistem digital untuk travel umrah dan haji. Anda bisa menggunakan sistem digital terintegrasi untuk mengakselerasi perusahaan Anda supaya tidak tertinggal dari kompetitor-kompetitor Anda.
Segera beralih ke sistem digital untuk perubahan nyata menghadapi tantangan di era global ini. Aktivasi sistem digital terintegrasi Erahajj untuk mendukung langkah perubahan Anda dari cara manual menuju transformasi digital bisnis travel!