Setiap bisnis tentu ingin berkembang seiring waktu. Begitu juga dengan bisnis travel umrah. Perlu adanya usaha untuk memperbaiki kualitas produknya bagi jamaah, supaya bisa memberikan pelayanan ibadah umrah yang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meraih kepuasan pelanggan, salah satunya ialah menggunakan manajemen kualitas.
Manajemen kualitas adalah strategi untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa, agar produk & layanan yang dikeluarkan oleh perusahaan lebih terjaga kualitasnya. Selain itu, manajemen kualitas ditujukan untuk meminimalisir kesalahan pada produk & layanan yang diberikan kepada pelanggan.
Travel umrah memiliki layanan seputar pemberangkatan umrah & haji. Selain itu, ada pula lini penyediaan produk perlengkapan umrah, jasa pengurusan dokumen, penjualan oleh-oleh umrah & haji, penjualan tiket, serta layanan lain contohnya halal trip. Dengan begitu, banyak hal yang harus dijaga kualitasnya, supaya image yang terbentuk dapat membuat jamaah percaya kepada travel.
Raih Kepercayaan Pelanggan, Bisa Meningkatkan Penjualan
Seperti yang diketahui, bisnis jasa travel umrah mengandalkan kepercayaan jamaah yang menggunakan jasa perusahaannya. Tidak jarang, travel memperoleh rekomendasi jamaah baru melalui jalur getok tular para jamaahnya yang merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan travel saat mereka berumrah melalui travel tersebut.
Kekuatan rekomendasi atas dasar kepercayaan jamaah tersebut menjadi modal dasar bagi travel untuk bisa memperbaiki kualitas layanannya. Hal ini bisa dilakukan apabila perusahaan mempunyai sistem khusus untuk follow up pelanggan lama, serta sistem untuk menangani pelanggan baru. Dalam dunia bisnis, hal ini biasanya dikerjakan dengan menggunakan fitur Customer Relationship Management (CRM).
Kuncinya ialah pada data yang dikumpulkan oleh perusahaan. Travel umrah bisa mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebar oleh perusahaan kepada jamaah yang telah berangkat umrah. Melalui hasil kuesioner tersebut, travel dapat menentukan bagaimana cara meningkatkan kualitas layanannya.
Contohnya saja, pelanggan diberi pertanyaan mengenai bagaimana kinerja pembimbing umrah selama di tanah suci. Bisa juga pertanyaan seputar konsumsi yang diberikan, serta pelayanan secara keseluruhan dari awal berangkat hingga kepulangan.
Suara konsumen tersebut merupakan saran berharga bagi perusahaan agar manajemen kualitas travel bisa dijalankan secara optimal. Kemudian, bagaimana agar manajemen kualitas ini bisa diimplementasikan pada bisnis travel umrah?
Penggunaan Sistem Digital Travel Umrah untuk Mendukung Manajemen Kualitas Perusahaan
Sistem digital travel umrah merupakan solusi bagi travel yang ingin manajemen kualitas perusahaannya dapat diterapkan dengan optimal. Penggunaan sistem digital travel bisa memudahkan proses manajemen travel, sehingga kualitas pelayanannya bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu.
Travel umrah yang masih mempertahankan sistem konvensional dalam menjalankan travelnya, pasti akan jauh tertinggal dengan pesaingnya yang telah bertransformasi ke sistem digital. Bagaimana tidak, ibaratnya travel konvensional masih berjalan kaki atau naik sepeda, sedangkan travel lainnya sudah melesat menggunakan jet, memanfaatkan teknologi terbaru dengan memakai sistem travel umrah yang lengkap & terintegrasi.
Pastinya, kualitasnya jauh berbeda. Karena, travel yang sudah memakai software digital bisa menyederhanakan proses bisnisnya, sehingga pekerjaan yang biasanya bisa ditangani oleh 2-3 orang, kini bisa dikerjakan oleh 1 orang saja. Pekerjaan yang biasanya butuh diselesaikan berhari-hari, kini dapat diselesaikan 1-2 jam saja. Hal ini karena software digital travel yang canggih bisa mengotomatisasi beragam aktivitas berulang yang ada di travel umrah.
Inilah inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis travel umrah supaya dapat meningkatkan kualitas travelnya. Apalagi bila sistem digital travel umrah yang mereka pakai memiliki fitur yang lengkap dan terintegrasi, sehingga satu sistem saja sudah mencakup seluruh kebutuhan travel dari hulu ke hilir.
Hubungannya dengan manajemen kualitas, sistem digital travel yang memiliki fitur CRM dapat digunakan untuk mempraktekkan strategi manajemen kualitas agar jamaah makin puas dengan layanan dari travel umrah tersebut.
Kualitas Terjaga, Pelanggan Makin Loyal
Nah, ketika travel sudah melakukan manajemen kualitas layanannya dengan maksimal, maka tinggal tunggu waktu untuk meraih hasilnya. Sebagai pemilik bisnis travel, pastinya akan terus mencari cara agar bisnis tetap eksis. Salah satunya adalah dengan mempunyai pelanggan yang loyal.
Masyarakat kini tak hanya berumrah sekali, namun bisa berkali-kali. Bahkan sudah menjadi agenda tahunan bagi yang mampu melaksanakan. Belum lagi bila mereka dapat membawa jamaah lain, contohnya pemilik perusahaan yang rutin memberangkatkan umrah karyawannya. Pelanggan seperti inilah yang perlu mendapatkan perhatian supaya dapat dimaksimalkan follow up-nya.
Jadi, sudahkah bisnis travel Anda menggunakan sistem digital travel untuk meningkatkan manajemen kualitas bisnis Anda? Jangan sampai salah pilih ya, pilihlah software travel umrah terlengkap dan terintegrasi untuk memaksimalkan bisnis travel Anda!