Setiap usaha tentunya ingin berkembang seiring waktu. Begitu pula dengan usaha travel umrah. Perlu adanya upaya untuk memperbaiki kualitas produknya bagi pelanggan, agar bisa memberikan pelayanan ibadah umrah yang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk meraih kepuasan pelanggan, salah satunya ialah menggunakan manajemen kualitas.
Manajemen kualitas merupakan strategi untuk menambah kualitas produk atau layanan, agar produk & layanan yang dihasilkan oleh perusahaan lebih terjaga kualitasnya. Selain itu, manajemen kualitas ditujukan untuk menghindari kesalahan pada produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan.
Travel umrah memiliki layanan seputar pemberangkatan umrah & haji. Selain itu, ada pula lini penyediaan produk perlengkapan umrah, jasa pengurusan dokumen, penjualan oleh-oleh umrah & haji, penjualan tiket, serta layanan lain contohnya halal trip. Dengan demikian, banyak hal yang harus dijaga kualitasnya, supaya image yang terbentuk bisa membuat jamaah percaya kepada travel.
Raih Kepercayaan Pelanggan, Bisa Meningkatkan Penjualan
Seperti yang kita ketahui, bisnis travel umrah mengedepankan kepercayaan jamaah yang memakai jasa perusahaannya. Tak jarang, travel mendapat rekomendasi jamaah baru dengan cara getok tular para jamaahnya yang merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan travel saat mereka berumrah melalui travel tersebut.
Kekuatan rekomendasi atas dasar kepercayaan jamaah tersebut menjadi modal dasar bagi travel untuk memperbaiki kualitas layanannya. Hal ini dapat dilakukan apabila perusahaan mempunyai sistem khusus untuk follow up pelanggan lama, serta sistem untuk mengelola pelanggan baru. Dalam dunia bisnis, hal ini biasanya dikerjakan dengan menggunakan fitur Customer Relationship Management (CRM).
Kuncinya adalah pada data yang dihimpun oleh perusahaan. Travel umrah bisa mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebar oleh perusahaan kepada jamaah yang telah menunaikan umrah. Melalui hasil kuesioner tersebut, travel bisa menentukan bagaimana cara meningkatkan kualitas layanannya.
Contohnya saja, pelanggan diberi pertanyaan mengenai bagaimana kinerja pembimbing umrah selama di tanah suci. Bisa juga pertanyaan seputar konsumsi yang diberikan, serta pelayanan secara keseluruhan dari awal berangkat sampai kepulangan.
Suara konsumen tersebut adalah saran berharga bagi perusahaan agar manajemen kualitas travel dapat dijalankan secara optimal. Lalu, bagaimana supaya manajemen kualitas ini dapat diimplementasikan pada perusahaan travel umrah?
Pemakaian Sistem Digital Travel Umrah untuk Mendukung Manajemen Kualitas Perusahaan
Sistem digital travel umrah adalah solusi bagi travel yang ingin manajemen kualitas perusahaannya bisa diterapkan dengan maksimal. Pemakaian sistem digital travel dapat mempermudah proses manajemen umrah, sehingga kualitas pelayanannya dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu.
Travel umrah yang masih mempertahankan sistem manual dalam operasional travelnya, pasti akan sangat tertinggal dengan pesaingnya yang sudah bertransformasi ke sistem digital. Bagaimana tidak, perumpamaannya travel konvensional masih berjalan kaki atau naik sepeda, sedangkan travel lainnya sudah melesat naik jet, memanfaatkan teknologi terkini dengan memakai sistem travel umrah yang lengkap & terintegrasi.
Tentunya, kualitasnya akan jauh berbeda. Karena, travel yang sudah memakai sistem digital bisa menyederhanakan proses bisnisnya, sehingga pekerjaan yang biasanya bisa ditangani oleh 2-3 orang, kini dapat dikerjakan oleh 1 orang saja. Pekerjaan yang biasanya butuh waktu berhari-hari, kini bisa diselesaikan 1-2 jam saja. Hal ini disebabkan software digital travel yang mumpuni bisa mengotomatisasi beragam aktivitas berulang yang ada di travel umrah.
Inilah inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis travel umrah supaya bisa meningkatkan kualitas travelnya. Apalagi bila sistem digital travel umrah yang mereka gunakan mempunyai fitur yang lengkap dan terintegrasi, sehingga satu software saja sudah mencakup seluruh kebutuhan travel dari hulu ke hilir.
Kaitannya dengan manajemen kualitas, sistem digital travel yang memiliki fitur CRM bisa digunakan untuk mempraktekkan strategi manajemen kualitas agar jamaah makin puas dengan layanan dari travel umrah tersebut.
Kualitas Terjaga, Pelanggan Makin Loyal
Nah, ketika travel umrah sudah melakukan manajemen kualitas layanannya dengan maksimal, maka tinggal tunggu waktu untuk meraih hasilnya. Sebagai pemilik bisnis travel, pastinya akan terus mencari cara agar bisnisnya tetap eksis. Salah satunya adalah dengan memiliki pelanggan yang loyal.
Masyarakat kini tak hanya berumrah sekali, namun bisa berkali-kali. Bahkan sudah menjadi agenda tahunan bagi yang mampu melaksanakan. Belum lagi jika mereka dapat membawa jamaah lain, misalnya pemilik perusahaan yang rutin memberangkatkan umrah karyawannya. Pelanggan seperti inilah yang butuh mendapatkan perhatian supaya bisa dimaksimalkan follow up-nya.
Jadi, sudahkah bisnis travel umrah Anda menggunakan sistem digital travel untuk meningkatkan manajemen kualitas bisnis Anda? Jangan sampai salah pilih ya, pilihlah software travel umrah terlengkap dan terintegrasi untuk memaksimalkan bisnis travel Anda!