Inventory pada Perusahaan Travel Umroh - Inventory atau persediaan adalah sejumlah barang yang disimpan oleh perusahaan untuk tujuan tertentu. Persediaan ini bisa berupa barang fisik yang disimpan dalam gudang, atau bisa juga berbentuk non fisik seperti tiket pesawat.
Dalam perusahaan bisnis travel umroh, persediaan identik dengan barang-barang penunjang yang diberikan kepada jamaah umroh agar pelaksanaan ibadah umroh bisa berjalan dengan lancar. Barang-barang tersebut antara lain travel kits yang berisi koper, kain ihram, mukena, seragam umroh, tas paspor, id card, buku panduaan umroh, dan sebagainya.
Selain itu, persediaan pada perusahaan travel umroh bisa berupa deposit untuk pemesanan tiket pesawat selama satu tahun, pemesanan kamar hotel sesuai paket umroh yang ditawarkan, dan tiket transportasi seperti bus.
Permasalahan yang Sering Terjadi
Perlakuan persediaan barang pada travel umroh hampir sama dengan perusahaan lainnya, yakni karyawan bagian operasional harus memastikan bahwa persediaan barang fisik yakni travel kits dalam kondisi yang aman, sehingga jika travel umroh Anda ramai calon jamaah yang memesan paket umroh, Anda bisa langsung memberikan travel kits tersebut saat proses pembayaran uang muka atau pembayaran penuh selesai ditunaikan oleh calon jamaah.
Jika persediaan tidak memadai, maka kemungkinan besar travel umroh Anda akan mengalami kendala yakni tidak bisa memberikan travel kits yang diharapkan ada pada saat jamaah melunasi pembayarannya. Hal ini bisa mengakibatkan berkurangnya kepercayaan jamaah kepada biro travel umroh yang Anda kelola.
Kendala lainnya adalah jika Anda masih menggunakan sistem pencatatan manual di buku atau di program sederhana seperti Ms. Excel, maka bisa jadi ada selisih jumlah stok yang tercatat dan yang masih tersedia di gudang. Hal ini dikarenakan sistem manual dan semi manual tersebut tidak bisa mencatat, menghitung, dan melaporkan persediaan secara real time. Adakalanya tiap kurun waktu tertentu harus dicek manual melalui kegiatan stock opname.
Barang keluar dicatat ada yang tidak, barang masuk tidak dicatat secara tepat, dan barang hilang tidak terdeteksi dini, merupakan permasalahan lanjutan jika Anda tidak menggunakan software khusus travel umroh.
Masalah lainnya yang mungkin timbul adalah pemesanan tiket pesawat dan booking kamar hotel yang tidak sesuai dengan harapan. Bisa jadi ada kendala tiket pesawat kosong, penerbangan yang dibatalkan mendadak, atau kamar hotel yang seharusnya dipesan sudah penuh.
Solusi Pengelolaan Inventory pada Perusahaan Travel Umroh Berbasis Sistem Aplikasi Terintegrasi
Setelah menyimak permasalahan atau kendala di atas, sebenarnya hal-hal tersebut bisa diatasi dengan pengelolaan inventory dan fitur layanan travel umroh menggunakan sistem aplikasi travel umroh yang terintegrasi. Memilih sistem aplikasi terbaik dengan harga kompetitif akan meningkatkan performa perusahaan Anda tanpa takut keluar banyak modal dan biaya.
Perlu disadari bahwa faktor human error lebih sering muncul saat kita masih menggunakan pencatatan manual atau memakai sistem komputerisasi sederhana.
Semakin besar skala bisnis travel umroh Anda, tidak mungkin Anda akan bertahan menggunakan cara lama yakni dengan menggunakan pembukuan manual atau pencatatan di Excel. Hal ini lambat laun akan menghambat bisnis Anda sehingga kebutuhan akan software khusus travel umroh ini tidak bisa dihindari.
Selain memudahkan pengelolaan inventory pada perusahaan travel umroh, Anda juga dapat membuat laporan persediaan dengan cepat, bahkan realtime.
Anda tidak perlu takut kehabisan stok lagi, karena semua bisa Anda pantau dengan hanya menggunakan satu sistem yang terintegrasi. Anda mau mencobanya sekarang? Hubungi kami, dan kami akan membantu meningkatkan efisiensi Anda dalam mengelola inventory perusahaan bisnis travel umroh Anda.