Brand Awareness merupakan sebuah istilah dalam strategi pemasaran yang artinya ialah seberapa besar tingkat kesadaran pelanggan terhadap suatu produk. Strategi ini bisa dilakukan untuk produk baru atau menghidupkan kembali suatu brand yang pernah ada, dengan jalan mempromosikan secara gencar merk tersebut.
Kini, konsumen lebih aktif mengakses platform media sosial daripada media massa konvensional seperti koran atau televisi. Namun, bukan berarti media konvensional tidak bisa dipakai, karena bisa jadi target market Anda ada pada posisi tidak mengakses media sosial apapun.
Contoh saja untuk perusahaan travel umrah, selain menyasar milenial di media sosial, target market produk umrah Anda bisa saja merupakan golongan usia dewasa atau tua yang hanya mengakses informasi melalui media massa konvensional.
Pentingnya Membangun Brand Awareness
Sebelum bicara strategi membengun brand awareness, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa kepentingan membangun brand awareness bagi perusahaan travel umrah Anda.
Pertama, brand awareness bisa digunakan untuk mengenalkan produk Anda kepada khalayak, sehingga mereka mengenali produk Anda meskipun mungkin mereka baru pertama kali mendengar atau melihat merk Anda. Target utamanya ialah konsumen baru yang belum pernah bertransaksi dengan perusahaan Anda.
Kedua, brand awareness dapat menarik pelanggan lama Anda untuk melakukan pembelian kembali dari produk yang Anda jualkan. Bisa juga membuat mereka membeli paket terbaru yang Anda miliki, sehingga mereka menyadari bahwa perusahaan Anda berkembang serta mempunyai inovasi baru.
Ketiga, brand awareness juga bisa digunakan untuk mengukur kinerja sebuah merk.
Nah, dengan demikian, berinvestasi untuk membangun brand awareness adalah langkah tepat yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan bisnis travel umrah Anda. Anda dapat membangun brand awareness dengan meningkatkan performa perusahaan Anda dengan sistem aplikasi umrah terbaik.
Strategi Membangun Brand Awareness
Berikut ini beberapa kiat praktis untuk membangun brand awareness bisnis travel umrah Anda.
Menggunakan Hard Selling di Media Massa
Seperti yang telah disinggung di awal tulisan, menggunakan iklan konvensional di media massa mempunyai keunggulan tersendiri yaitu dapat menjangkau kalangan atau target pasar tertentu yang tidak menggunakan media sosial masa kini.
Apalagi untuk produk seperti paket umrah, target pasar yang mengonsumsi konten di media massa konvensional seperti televisi, radio, koran, brosur, baliho, dan sebagainya masih terbilang cukup hijau. Anda dapat menganggarkan biaya iklan sesuai dana yang Anda miliki.
Mengunggah Konten yang Relevan di Media Sosial
Untuk target pasar baby boomers dan milenial, Anda bisa menggunakan pendekatan brand awareness dengan bantuan media sosial. Target market di kalangan milenial cukup luas, sehingga Anda dapat memperoleh pelanggan baru dengan melakukan branding di media sosial dan media chatting seperti instagram, facebook page, twitter, youtube, whatsapp, LINE, dll.
Anda bisa melakukan pemasaran dengan menonjolkan konten yang relevan dan mudah diingat oleh calon pelanggan Anda seperti gambar, artikel tips, konten how to di youtube, dan lainnya.
Soft Selling pada Content Marketing
Mengunggah konten yang bersifat hiburan, tips bermanfaat, kisah menggugah, bahkan kisah viral bisa menjadi senjata. Mereka akan sukarela menonton konten Anda dan tanpa sadar mereka akan terpapar brand Anda. Penggunaan soft selling sangat disarankan agar konsumen tidak merasa sedang menonton iklan.
Adakan Event
Mengadakan event merupakan salah satu cara lain yang dapat digunakan. Orang menyukai kegiatan atau acara yang memiliki nilai tambah untuk mereka seperti seminar, workshop, bazaar, lomba, dan lainnya. Anda dapat menjadi sponsor tunggal, sponsor utama agar brand travel umroh anda semakin dikenal.
Kolaborasi dengan Stakeholder
Anda bisa menggandeng para stakeholders untuk mengadakan pengenalan brand secara bersama-sama. Keuntungannya, upaya Anda akan terlihat lebih profesional bila rekanan Anda telah memiliki tempat di hati konsumen. Sebagai contoh, menggandeng maskapai dan hotel ternama, dapat menaikkan brand awareness upaya Anda secara signifikan.
Pemberian Merchandise dan Giveaway
Cara yang cukup mudah untuk digunakan untuk membangun brand awareness ialah dengan memberikan merchandise seperti mug, jam dinding, payung, tas, dan benda-benda lainnya bertuliskan brand Anda. Anda juga dapat menerapkan penggunaan warna yang konsisten supaya brand identity Anda semakin dikenal.
Selain merchandise, giveaway juga bisa menjadi pemikat pelanggan untuk lebih menyadari keberadaan brand travel umrah Anda. Adakan giveaway secara rutin misalnya setiap minggu atau setiap bulan di waktu yang sama agar brand Anda lebih dikenal dan diharapkan kemunculannya.
Nah, itulah beberapa strategi membangun brand awareness yang dapat Anda gunakan di bisnis travel umrah Anda. Anda bisa mengukur kesuksesan strategi promosi yang anda lakukan dengan melihat traffic website, engagement di media sosial, dan anggapan orang terhadap brand Anda.
Semakin tinggi tingkat keberhasilannya, maka kesempatan untuk menjual produk Anda akan terbuka lebih lebar. Selamat mencoba!