Niche Market untuk Travel Umroh - Dalam keseharian kita, sering ditemukan adanya kebutuhan-kebutuhan yang spesifik yang biasanya jarang bisa dipenuhi oleh pebisnis besar. Contohnya adalah kolektor barang-barang hobi, profesi unik dan spesifik, komunitas, dan sebagainya. Setiap kebutuhan unik tersebut bisa menjadi niche market sebuah bisnis, tak terkecuali bisnis travel umroh.
Anda sebagai pemilik atau pengelola travel umroh bisa melakukan pendekatan kepada niche market untuk memperluas jaringan pemasaran Anda. Keuntungan membidik niche market adalah Anda bisa mendapatkan peluang closing lebih banyak, konsep pemasaran lebih mengena, mendapatkan pelanggan loyal, bahkan Anda bisa menjual lebih mahal dari pasar umumnya. Jadi, sekali dayung dua tiga keuntungan yang Anda peroleh.
Erahajj mencoba menyajikan ulasan tentang cara-cara membidik niche market untuk travel umroh Anda. Semoga bermanfaat!
- Dekati Komunitas
Biasanya, sebuah komunitas dibangun berdasarkan visi misi yang sama dari para membernya. Anda bisa mengamati apa yang menjadi kecenderungan dari komunitas tersebut, lalu buatlah produk yang sesuai dengan target market Anda.
Misalnya Anda ingin membidik komunitas pegiat sedekah, atau komunitas anak muda yang suka fotografi. Anda bisa membuat program umroh bareng satu komunitas tersebut, atau membuat promo beli paket promo umroh khusus komunitas mereka berhadiah barang-barang kebutuhan niche market tersebut. Promosinya, bisa juga berupa voucher atau dukungan donasi untuk keperluan komunitas yang Anda sasar.
- Lakukan Riset Tentang Apa yang Mereka Sukai
Untuk mengetahui apa yang bisa Anda tawarkan, sebelumnya lakukan riset terkait apa yang mereka sukai, supaya Anda bisa memberikan promosi yang tepat untuk menjual paket umroh Anda.
- Berikan Penawaran Khusus yang Hanya Ada di Travel Umroh Anda
Anda bisa melakukan komparasi dengan travel umroh yang lain, berikan suatu penawaran yang unik, dan hanya ada di travel umroh Anda. Misalnya saja, Anda membuka program tabung umroh khusus komunitas atau khusus profesi tertentu, atau promo umroh hemat untuk pegiat komunitas positif, dengan syarat-syarat tertentu.
- Berikan Edukasi, Bukan Membanting Harga
Walaupun pola pemberian potongan harga atau umroh hemat bisa dilakukan untuk menarik pelanggan niche market, namun perlu diingat tidak semuanya suka yang gratis. Misalnya ada komunitas kolektor berlian yang Anda jadikan target market, tentunya potongan harga bukan sesuatu yang menarik untuk mereka. Namun umroh bareng sesama kolektor berlian, atau umroh bareng dengan menggratiskan dhuafa mungkin lebih menarik karena ada sisi kesamaan tujuan dan misi sosial di dalamnya.
Jadi, jangan berfokus pada banting-bantingan harga saja ya!
- Jaga Loyalitas dengan Memberikan Pelayanan Ekstra
Seperti yang sudah di singgung di poin 4, niche market tidak melulu bisa tawari program murah, hemat, potongan harga, dan sejenisnya. Harus ada value lebih yang ditonjolkan, jika perlu buatlah pelayanan ekstra yang membuat calon jamaah dari nice market tersebut merasa puasa dan diistimewakan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan biro travel umroh Anda, sehingga penting sekali untuk selalu mengedepankan service exellent dalam melayani jamaah.
Dengan menggunakan software Erahajj, Anda bisa mengatur semua kebutuhan Anda untuk melayani niche market dengan lebih profesional. Inovasi yang kami berikan memungkinkan Anda untuk lebih fleksibel dalam membuat paket-paket umroh yang Anda inginkan. Hubungi kami untuk Informasi lebih lanjut.