Pengertian Laporan Laba Rugi dan Implementasinya pada Perusahaan Biro Umrah - Laporan laba rugi merupakan salah satu jenis laporan keuangan yang dibuat untuk mengetahui berapa pendapatan dan beban perusahaan dalam suatu periode tertentu.
Laporan laba rugi menyajikan data yang bersifat memadankan antara pendapatan dan beban.
Seandainya pendapatan yang dihasilkan lebih besar dari beban, maka keuangan perusahaan disebut LABA. Sebaliknya, apabila beban lebih besar daripada pendapatan, maka disebut RUGI.
Membuat sebuah data laporan laba rugi harus mempertimbangkan seluruh komponen laporan laba rugi tersebut. Dua perusahaan yang memperoleh pendapatan yang sama, belum tentu keduanya memilki laba yang sama. Sebab, sebuah perusahaan bisa saja mengalami beban utang yang besar untuk mengeluarkan biaya operasional perusahaannya. Sehingga labanya menjadi kecil.
Komponen Laporan Laba Rugi
Terdapat 4 komponen utama laporan laba rugi yang sebaiknya Anda ketahui:
- Pendapatan (revenues)
- Beban (expenses)
- Keuntungan (profit)
- Kerugian (loss)
Jenis-jenis Laba pada Laporan Laba Rugi
Ada beberapa jenis laba dalam laporan laba rugi :
- Laba Kotor. Laba kotor merupakan pengurangan pendapatan dengan HPP. Artinya, ini adalah laba yang didapatkan setelah perusahaan berhasil menutup biaya modal produksi.
- Laba Operasi. Laba operasi ialah laba kotor dikurangi dengan biaya beban operasional. Ini menunjukkan bahwa perusahaan mempu memperoleh pendapatan dalam kegiatan bisnisnya.
- Laba Sebelum Pajak. Laba ini merupakan laba operasi yang ditambahkan dengan biaya lain-lain, belum dikurangi pajak penghasilan.
- Laba Bersih. Laba bersih atau laba bersih setelah pajak adalah laba bersih setelah dikurangi dengan pajak penghasilan.
- Laba dari Operasi Berjalan. Merupakan laba yang diperoleh saat operasi berjalan di awal periode akuntansi setelah dikurangi bunga dan pajak. Biasa disebut dengan pos luar biasa.
Format Penyajian Laporan Laba Rugi
Cara penyusunan laporan laba rugi adalah seperti laporan keuangan lain. Di bagian atas (header) dituliskan nama perusahaan Anda dan jenis laporan keuangan. Tak lupa, cantumkan periode akuntansinya.
Anda dapat membuat semua jenis laporan keuangan termasuk laporan laba rugi dengan mudah untuk perusahaan travel umroh Anda dengan menggunakan sistem khusus travel umroh Erahajj.
Anda tidak perlu repot membuatnya, karena hanya dengan mencatat data-data keuangan Anda dengan benar, Anda bisa memilki laporan laba rugi dengan cepat, mudah dan akurat.
Implementasi Laporan Laba Rugi Pada Perusahaan Travel Umrah
Cara mengimplementasikan laporan laba rugi pada perusahaan jasasecara umum tidak terlalu berbeda dengan laporan laba rugi pada perusahaan dagang.
Contohnya adalah sebagai berikut.
PT Fikry Tour, pada tanggal 31 Desember 2019 memiliki data-data keuangan berupa aset, kewajiban, pendapatan, dan biaya-biaya operasi adalah sebagai berikut :
- Modal pemilik Rp. 500.000.000
- Utang Usaha RP 30.000.000
- Piutang usaha RP 25.000.000
- Kas tunai Rp. 100.000.000
- Penerimaan Penjualan Paket Umroh RP 1.250.000.000
- Penerimaan dari Jasa Lainnya RP 50.000.000
- Pendapatan Bunga Rp. 300.000
- Tanah RP 50.000.000
- Persediaan Barang Keperluan Umroh Rp. 15.500.000
- Gaji karyawan Rp. 72.000.000
- Biaya administrasi & umum Rp. 10.500.000
- Biaya pemeliharaan kantor RP 5.000.000
- Komisi Agen Rp. 62.500.000
- Beban Bunga RP 2.400.000
Dari data-data tersebut, PT Fikry Tour menyusun laporan laba rugi untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2019, sebagai berikut :
Nah, Anda bisa mempunyai laporan keuangan dan laporan laba rugi dengan cepat dan mudah serta akurat tersebut cukup dengan beberapa klik dengan memakai software travel umrah Erahajj Indonesia.
Hubungi CS kami untuk mendapatkan kemudahan dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan travel umrah Anda sesuai dengan ketentuan akuntansi yang berlaku.