Yuk, pandai mengelola bisnis travel umrah!
Baru-baru ini, kasus penipuan calon jamaah umrah PT Damtour sedang hangat dibicarakan di media massa. Kasus penipuan yang merugikan calon jamaah hingga milyaran rupiah tersebut cukup mengambil perhatian.
Pasalnya, hanya bermodal promo umrah murah, calon jamaah dengan mudah tertarik bujuk rayu para agen Damtour sehingga mereka secara sukarela menyerahkan sejumlah uang ke perusahaan yang beralamat di Depok Jawa Barat ini. Dalam kurun waktu 2011 hingga 2018 tak kurang dari 200 jamaah gagal berangkat dengan nilai kerugian sejumlah 4 milyar rupiah!
kenapa hal semacam ini berulang kali terjadi?
Dari sisi calon jamaah, mereka hanya tergiur “harga ekonomis” atau bundling promo menggiurkan dari agen travel umrah yang mereka percaya untuk menangani keberangkatan umrah mereka. Mereka justru tak tahu, dengan membayar uang muka sekian juta tersebut, apakah mereka benar-benar akan berangkat atau tidak. Seketika sudah ramai jamaah yang terlanjur menyerahkan uang muka, lalu dengan mudahnya pemilik travel membawa pegi uang calon jamaah umrah.
Dari sisi pebisnis travel umrah sendiri, tidak adanya sistem yang jelas dan teroganisir untuk manajemen data, keuangan, & layanan lainnya menyebabkan travel umrah bisa jadi lahan kecurangan orang-orang yang tidak amanah. Sistem yang tak rapi juga membuka celah bagi karyaawan yang tidak loyal terhadap perusahaan untuk menyalahgunakan dana calon jamaah, sehingga walaupun pemilik bisnis sendiri sudah berusaha untuk jujur, mereka bisa terkena imbasnya juga.
kenyataannya, kasus penipuan semacam ini bisa dihindari dengan upaya mencari perusahaan travel umrah yang mempunyai sistem manajemen perusahaan yang baik & transparan. Hal ini kurang memungkinkan jika perusahaan travel umrah masih memakai sistem manual, karena jamaah tak bisa mengetahui perkembangan keberangkatan umrah mereka secara realtime. Lebih susah lagi apabila jamaah yang mendaftar hanya tahu informasi & akses ke travel umrah hanya melalui personal dengan menghubungi nomor kontak agen (melalui whatsapp misalnya), mereka tidak dapat mengecek sendiri ke kantor perwakilan agen travel umrah / melalui website resmi travel umrah tersebut.
Berbeda jika usaha biro umrah sudah menggunakan sistem manajemen yang baik, apalagi sudah berbasis website sehingga calon jamaah lebih percaya kepada perusahaan travel umrah yang Anda kelola. Misalnya saja dari sisi pengurusan visa, pembayaran, & kepastian jadwal pemberangkatan.
apaila jamaah dapat mengecek secara langsung melalui web, maka mereka akan merasa tenang & nyaman menyerahkan dana & pengurusan kelengkapan untuk umrah. Pengelolaan secara profesional juga akan meningkatkan kepercayaan jamaah umrah, sehingga bisa jadi mereka akan menjadi agen pemasaran gratis bagi perusahaan Anda dengan testimoni kepuasan mereka.
Erahajj menawarkan solusi bagi usaha travel umrah Anda agar bisa menjadi agen travel umrah yang profesional & amanah dengan mengelola semua data jamaah, sistem pembayaraan, sistem persediaan, layanan pengurusan visa, layanan pemesanan tiket transportasi & pemesanan kamar hotel, & sebagainya secara real time.
Jadi, pada saat pertama kali calon jamaah mendaftar, hingga kepulangannya, bisa dicek progresnya dalam satu sistem aplikasi yang terintegrasi. Tentunya ini akan memudahkan Anda sebagai pengelola, juga memudahkan jamaah yang ingin mengetahui perkembangan umrah mereka. Sangat mudah, cepat, akurat dan juga hemat biaya.
Menjadi perusahaan yang amanah adalah tujuan dari semua perusahaan, seperti halnya cara berbisnis yang dicontohkan oleh Rasulullah. Berbisnis dengan profesionalisme akan menghasilkan keberkahan dalam berbisnis, bukan hanya sekedar keuntungan dan kerugian. Jadi, mulailah meraih kepercayaan pelanggan Anda dengan menyediakan layanan umrah dan haji yang profesional dengan menggunakan sistem aplikasi travel umrah yang profesional seperti Erahajj.