Efek Digital Marketing yang Tak Tepat pada Usaha Travel Umrah - Jika Anda sudah berkomitmen untuk mengembangkan pemasaran produk biro umrah Anda melalui jalur digital marketing, maka Anda perlu menambahkan pengetahuan Anda di bidang ini.
Sebab, tanpa adanya informasi atau ilmu yang cukup tentang digital marketing, salah-salah kegiatan pemasaran digital Anda malah bisa menghancurkan bisnis Anda.
Penggunaa digital marketing yang tidak pas, akan berdampak kepada penurunan penjualan, bahkan dapat merusak branding yang telah Anda bangun sekian lama. Tak ingin, kan, mengalaminya?
Baca Juga : Strategi Membangun Brand Awareness Bagi Perusahaan Travel Umrah
Digital Marketing yang Tak Tepat
Berikut ini akan kami jabarkan berbagai macam penggunaan pemasaran digital yang tidak sesuai, yang justru bisa membuat usaha Anda mengalami kebangkrutan.
Pemasaran Tidak Sesuai Target Market
Ketika membuat konten guna kepentingan digital marketing, perusahaan Anda dituntut untuk mengenali target market Anda terlebih dahulu. Anda dapat menyesuaikan konten jika Anda tahu persis target market produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Jika Anda membidik pasar menengah atas, maka Anda perlu membuat konten ekslusif yang mampu menarik minat sasaran market Anda. Anda dapat menentukan harga yang tinggi, asalkan ada benefit yang ditawarkan.
Sebaliknya, apabila Anda memiliki produk yang sesuai dengan pasar menengah ke bawah, Anda harus membuat iklan / promosi yang berbeda. Misal dengan mencantumkan kata-kata seperti hemat, murah, hadiah, dan sebagainya.
Penawaran & Permintaan Tidak Sinkron
Anda perlu paham mengenai hukum penawaran & permintaan, supaya Anda tidak membuat penawaran produk yang permintaannya rendah. Usahakan apa yang Anda jual merupakan produk yang diinginkan oleh masyarakat.
Jika Anda memiliki penawaran yang sangat baik, namun permintaannya tidak ada contoh, harga terlalu mahal / tujuan wisatanya tidak familiar di kalangan jamaah, maka Anda melakukan hal yang menguras waktu dan anggaran.
Sebaiknya, Anda kenali dulu keinginan pasar, setelah itu Anda sediakan penawaran produk paket umrah yang sesuai dengan permintaan pasar.
Baca Juga : Menerapkan Metode Eksperiental Marketing Untuk Usaha Travel Umrah
Kegagalan Branding Perusahaan
Jika Anda melakukan branding secara asal-asalan, Anda hanya akan menuai kegagalan mengenalkan perusahaan Anda pada khalayak.
Misalnya, tidak konsisten dalam brand identity, memakai bahasa informal ke klien yang serius, mengubah-ubah promo sesuka hati tanpa ada keputusan yang jelas, serta merekrut SDM yang tidak profesional sehingga nama perusahaan Anda dipertaruhkan.
Website Perusahaan Berantakan
Website ibarat etalase toko yang memuat profil perusahaan & dagangan Anda. Anda tidak mungkin membiarkan etalase Anda dalam kondisi kacau, sementara calon jamaah Anda lalu lalang melihat etalase Anda tersebut.
Usahakan untuk mengatur website Anda dengan baik, gunakan tampilan yang sederhana, mudah dipahami konsumen, & rapi. Anda mesti mau menginvestasikan sejumlah dana, waktu, & tenaga untuk membuat tampilan website perusahaan yang bagus.
Baca Juga: Mengoptimalkan Konversi Penjualan Paket Umrah Via Website
Ketidaksesuaian Iklan dengan Landing Page
Seringkali, pemasar digital memakai iklan berbayar guna mendongkrak penjualan. Baik itu di FB Ads, IG Ads, Google Ads, & media iklan lainnya di internet, biasanya diarahkan agar mengunjungi landing page untuk meyakinkan pelanggan melalui copywriting agar berujung closing penjualan.
Sayangnya, masih ada saja pembisnis travel umrah yang lalai terhadap hal penting ini, yaitu ketidaksesuaian antara iklan yang dipasang dengan landing page tempat closing penjualan.
Jika Anda memasang iklan umrah hemat, ya jangan tawarkan umrah plus-plus di landing page Anda. Sama saja Anda menjual produk bernilai jual tinggi kepada jamaah yang dananya terbatas.
Akhirnya iklan Anda akan percuma, tidak berujung pada penjualan. Sayang sekali, bukan?
Rumit Saat Check Out
Nah, ini juga tak kalah penting. Sebagus apapun sebuah produk, seberminat apapun pelanggan terhadap produk yang Anda jual, namun untuk proses check out-nya dibuat rumit, maka Anda akan cepat kehilangan pelanggan potensial.
Untungnya, saat ini ada sistem aplikasi khusus travel umrah yang memiliki fitur transaksi yang gampang dan user friendly. Pelanggan yang akan memesan travel umrah hanya perlu 3 tahap mudah yang bisa membuat pengalaman pelanggan saat mendaftar umrah menjadi menyenangkan.
Budget Besar Hasil Tidak Sepadan
Terakhir, saat menjalani digital marketing, sebenarnya Anda bisa menghemat banyak dana untuk beriklan. Dengan pasar yang begitu luas, Anda hanya membayar beberapa hal saja seperti berlangganan software khusus travel umrah dan iklan.
Namun, ada saja pebisnis travel umrah yang kurang berpengalaman yang masih mengeluarkan banyak dana-dana yang tidak perlu untuk digital marketing. Budget besar tersebut kadang tak menghasilkan penjualan yang besar, profit yang didapatkan pun tidak sepadan.
Solusi Digital Marketing Bagi Bisnis Travel Umrah
Kini saatnya Anda beralih pada solusi digital marketing bagi bisnis travel umrah Anda. Anda bisa berinvestasi cerdas dengan mengalokasikan dana hanya sekitar 500 ribu hingga 2 juta rupiah per bulan untuk membuat percepatan bisnis travel umrah Anda dengan berlangganan software Erahajj.
Nikmati kemudahan mengelola transaksi dan manajemen perusahaan travel umrah dengan Erahajj. Tak sampai di situ, kami juga sudah hadir versi mobile apps untuk kemudahan bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.